PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEWUJUDKAN PERSAMAAN HAK PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Maria Alosima Lola Bai, Agung Suprojo

Abstract

Abstract: Education is one of the fundamental development transformation processes that play an important role in the development of development. In this era of incessant development, the gap in education is still felt by children with special needs. Along with the human rights movement came the view that all extraordinary children must be educated as normal children. This is because children with special needs are not considered, the development of human resources is not optimal. So that employment problems for children with special needs are lacking and many people consider children with special needs with one eye. This research method uses qualitative research. Data obtained is from primary data and secondary data. The sample determination technique uses purposive sampling. Data collection uses interview, observation and documentation techniques. Data analysis, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The validity of the data using technical triangulation. The development of human resources for children with special needs at Bhakti Luhur shows the existence of behavioral changes by improving the condition of children with special needs in accordance with physical, intellectual, and mental deficiencies in children with special needs. Increased independence in children with special needs, equipped with skills and able to be assigned tasks that are appropriate even heavier tasks and those that have change by being given by teachers who directly or indirectly influence the execution of the task. The implementation and fulfillment of the rights of children with special needs to obtain education have been carried out in accordance with Law number 8 of 2016, concerning Persons with Disabilities namely respect for dignity, individual autonomy, without discrimination, full participation, human diversity and humanity, equality of opportunity, equality, accessibility; inclusive; and special treatment and more protection.

 Keywords: Human Resources, Human Rights

                        

Abstrak: Pendidikan merupakan salah satu proses transformasi pembangunan mendasar yang berperan penting dalam penggerakan pembangunan. Pada era pembangunan yang sedang gencar-gencarnya ini, kesenjangan pendidikan masih dirasakan oleh anak berkebutuhan khusus. Seiring dengan gerakan hak asasi manusia timbullah pandangan bahwa semua anak luar biasa harus dmendapatkan pendidikan sama dengan anak normal. Hal ini karena anak berkebutuhan khusus tidak diperhatikan, pembangunan sumber daya manusianya kurang maksimal. Sehingga masalah lapangan kerja untuk anak berkebutuhan khusus kurang dan banyak masyarakat menganggap anak berkebutuhan khusus dengan sebelah mata. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang di peroleh yaitu dari data primer dan data skunder. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Pembangunan sumber daya manusia bagi anak berkebutuhan khusus di Bhakti Luhur menunjukan adanya perubahan perilaku dengan memperbaiki kondisi anak berkebutuhan khusus yang sesuai dengan kekurangan fisik, intelegensi, maupun mental pada anak berkebutuhan khusus. Mengalami peningkatan kemandirian pada anak berkebutuhan khusus, dibekali dengan keterampilan dan mampu diserahi tugas yang sesuai bahkan tugas yang lebih berat dan yang mempunyai perubahan dengan diserahi guru yang langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap pelaksanaan tugas. Pelaksanaan dan pemenuhan hak penyandang anak berkebutuhan khusus memperoleh pendidikan sudah terlaksana sesuai Undang-Undang nomor 8 tahun 2016, tentang Penyandang Disabilitas yaitu penghormatan terhadap martabat, otonomi individu, tanpa diskriminasi, partisipasi penuh, keragaman manusia dan kemanusiaan, kesamaan kesempatan, kesetaraan, aksesibilitas; inklusif; dan perlakuan khusus dan Pelindungan lebih.

 Kata kunci: Sumber Daya Manusia, Hak Asasi Manusia

 

Full Text:

PDF

References

Aziz, Safrudin, 2015, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Gava Media, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Moleong, 2016, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Siagian, P., Sondang, 2014, Administrasi Pembangunan Konsep.Dimensi, dan Strateginya, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Soetomo, 2013, Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Triwiyanto, Teguh, 2015, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Usman, Sunyoto, 2010, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta: PustakaPelajar.

Wardani, dkk, 2009, Pengantar Pendidika Luar Biasa, Jakarta: Universitas Terbuka.

Zjarifal, 2015, Perencanaan Pembangunan Daerah dalam Era Otonomi, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.