STRATEGI PENANGANAN LALU LINTAS SEBAGAI PENUNJANG KUNJUNGAN WISATA KE KOTA BATU

Elisabet Oktaviana Kaat, Roro Merry Chornelia Wulandary

Abstract

Abstract: Today, tourism has become one of the industries which develop rapidly and prominent.  Even Indonesia has switched the system from agricultural to tourism industrialization . It encourages many regions to develop their tourism sector. Tourism development in a region is inseparable from the availability of facilities and infrastructure in the tourism object. The availability of facilities, infrastructure, and handling the traffic are important in providing tourist needs in enjoying available entertainment tours and attraction . The purpose of this study was to find out how the traffic handling strategy in supporting Batu’s tourist visits, as well as what factors supporting and hindering the traffic handling strategies. This research used a qualitative with the data collection techniques using interview, observation, and documentation. The results of the study showed that a reliable and integrated handling of traffic is important in developing an adequate transportation facilities and infrastructure. The Department of Transportation runs several routine activity programs every year. This is a strategy that is carried out in handling traffic in general. The inhibiting factor in handling traffic is the constraint of funds while the supporting factors are adequate human resources (HR), the geographical location and complementary road equipment, conducting socialization to realize a safe, comfortable and smooth traffic.

 Keywords: Strategy, Traffic, Tourism

 

Abstrak:Pada saat ini pariwisata telah  menjadi salah satu industri yang perkembangannya sangat pesat dan sangat menonjol dan bahkan di Indonesia sudah beralih sistem dari agraris menjadi sistem industrialisasi pariwisata di Indonesia yang demikian pesatnya membuat daerah banyak terpacu untuk mengadakan pembangunan di sektor pariwisata. Pengembangan pariwisata suatu daerah tidak terlepas dari ketersediaan sarana dan prasarana di obyek wisata tersebut. Ketersediaan sarana, prasarana dan penanganan lalu lintas dalam menyediakan kebutuhan-kebutuhan wisatawan dalam menikmati wisata hiburan yang tersedia maupun wisata atraksi yang di tampilkan dalam memberikan kepuasan bagi wisatawan. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penanganan lalu lintas sebagai penunjang kunjungan wisata ke kota batu serta faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat strategi penanganan lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanganan lalu lintas yang handal dan terintegrasi adalah pengembangan sarana serta prasarana perhubungan yang memadai, strategi penanganan pelayanan lalu lintas yang aman dan nyaman. Dishub menjalankan beberapa program kegiatana rutinitas setiap tahun. Ini merupakan strategi yang dilakukan dalam penanganan lalu lintas pada umumnya. Faktor penghambat dalam penanganan lalu lintas ialah kendala dari dana, sedangkan faktor pendukung adalah Sumber Daya Manusia (SDM) sudah memadai letak geografisnya sudah memadai, serta melengkapi sarana perlengkapan jalan, mengadakan sosialisasi untuk mewujudkan lalu lintas yang aman, nyaman dan lancar.

 Kata Kunci: Strategi, Lalu Lintas, Wisata

Full Text:

PDF

References

Aarker, David. 2013. Manajemen Pemasaran Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Bambang Poernomo. 2002. Dalam Asas-Asas Hukum Pidana. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Basu, Swasta & Irawan 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Sedarmayanti. 2014. Membangun & Mengembangkan Kebudayaan & Industrai Pariwisata (Bunga Rampai Tulisan Pariwisata). BandungL Refika Aditama.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Aalfabeta.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

W.J.S. Poerwadarminta. 2009. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Warpani. P. Suwardjoko. 2013. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Penerbit ITB

Wirjono Prodjodikoro. 2003. Asas-asas Hukum Pidana. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.