PROSES PELAYANAN E-KTP DALAM USAHA TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Desi Andelia Baunsele, Willy Tri Hardianto

Abstract

Abstract: Public service is one of the main functions of the government as an effort to fulfill the needs of the community and in the context of implementing the provisions of legislation. The service can be in the form of public’s goods and services or administrative services as the responsibility and carried out by central government agencies and regional governments. The public services are very important for the continuity of government system in Indonesia. The purpose of this study was to find out the process of e-ID (electronic identity) service at the Population and Civil Registration Office of Batu. This is a qualitative research using data collection through observation, interviews, documentation. The determination of informants was done by snowball sampling. The data analysis was done through data reduction, presentation, and verification. The results of the study is in accordance with the theory of public services and can be concluded that the procedure for e-ID service has been carried out based to the mechanism of the e-ID service system that has been determined. It is also in line with the existing regulations. The inhibiting factors found were the lack of socialization, less effective systems and procedures, and minimum utilization of service facilities.

 Keywords: Public services, e-ID,

 

Abstrak: Pelayanan publik merupakan salah satu fungsi utama pemerintah sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka melaksanakan ketentuan peraturan Perundang-Undangan. Pelayanan tersebut dapat berupa barang publik, jasa publik maupun pelayanan administratif yang pada prinsipnya merupakan tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pelayanan publik yang diselenggarakan sangat menentukan bagi kelangsungan sistem pemerintahan yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan snowball sampling. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi.  Hasil penelitian sesuai dengan teori pelayanan publik dapat disimpulkan bahwa prosedur pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu telah terlaksana sesuai dengan mekanisme sistem pelayanan e-KTP yang sudah ditentukan. Serta telah sesuai dengan peraturan yang ada. Faktor penghambatnya adalah masih kurangnya sosialisasi, kurang efektifnya sistem dan prosedur, dan kurangnya pemanfaatan fasilitas pelayanan.

 Kata Kunci: Pelayanan publik, e-KTP

Full Text:

PDF

References

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja sektor pustaka. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pasalog, Harbani. 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung, Alfabeta.

STIA. Lembaga Administrasi Negara 1999. Sistem Administrasi Negara Indonesia. Gramedia Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metodologi penenlitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suryamalang.tribunnews.com/2016/09/13 persediaan-material-e-ktp–nyaris-habis-ini-yang-dilakukan-dispendukcapil-batu.(diakses pada hari rabu tanggal 26 juli 2017 pukul 12:30 WIB).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.