STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SURYA MALANG DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN MEDIA MASSA DI MALANG RAYA

Suhartono Suhartono, Fathul Qorib

Abstract

Abstract: development of technology rapidly  today makes people very easy to get information they want. it makes  competition between new media and the others including electronic media  and online media.  Therefore another problem present for print media (news paper). To resolve this problem, print media like Harian Surya Malang needs the right specific strategy in marketing their product, so that the existence keeps compete with other media. This study used qualitative method and data collection techniques through observation, interview and documentation. The informant in this study used purposive sampling. Analysis data techniques with 4P and Competition. The result are application of 3M (multi channel, multi platform and multi media) and product innovation of Harian Surya Malang .

 Key word: development of technology, competition

Abstrak: perkembangan teknologi saat ini yang semakin maju, membuat masyarakat sangat mudah dalam memperoleh informasi yang diinginkannya, sehingga hal tersebut membuat banyak bermunculan media baru yang menjadi persaingan antara media yang satu dengan yang lainnya, baik media versi elektronik maupun online, sehingga hal itu menimbulkan masalah baru bagi media yang bersifat cetak (koran). Untuk mengatasi hal tersebut media cetak seperti Harian Surya Malang, membutuhkan strategi khusus yang tepat dalam memasarkan suatu produknya, agar eksistensi atau keberadaannya tetap bisa bersaing dengan media yang lain, sehingga komunikasi pemasaran dalam hal ini sangat urgent. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber atau informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini mnggunakan 4P dan Persaingan, Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi 3M (multi channel, multi platform, dan multi media) serta inovasi produk dari Harian Surya Malang.

 Kata kunci: perkembangan teknologi, komunikasi pemasaran, persaingan.

Full Text:

PDF

References

Gual, Marselinus. 2015. Era digital, media cetak kalah bersaing dengan media internet. Di akses dari https://www.merdeka.com/peristiwa/era-digital-media-cetak-kalah-bersaing-dengan-media-internet.html, pada tanggal 23 april 2018.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Kompas. 2009. Survei Nielsen: Pembaca Media cetak Turun. Di akses dari https://ekonomi.kompas.com/read/2009/07/16/16015757/survei.%20nielsen.pembaca.media.cetak.makin.turun, pada tanggal 23 april 2018.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Indonesia. PT Macanan Jaya Cemerlang.

Lexy J, Moleong. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya.

Morrisan, 2014. Periklanan : Komonikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Setya, Anggun Pratama. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran. Surat kabar Harian Kaltim Post Dalam Menghadapi Persaingan di kota Samarinda, Vol 5 Universitas Mulawarman Kalimantan Timur.

Sucahyo, Nurhadi. 2017. PHK Jurnalis dan Massa Depan Media Cetak. Di akses dari https://www.voaindonesia.com/a/phk-jurnalis-dan-masa-depan-media/3975252.html, pada tanggal 23 april 2018.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.