KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWI MUSLIM BERCADAR DALAM BERSOSIALISASI DI LINGKUP KAMPUS STUDI PADA MAHASISWI BERCADAR DI UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Suci Maya Tirta

Abstract

Abstract: this study aims to determine the communication patterns of veiled Muslim female students at Tribhuwana Tunggadewi University, both to fellow Muslims and to non-Muslim students. The theory that will be used is interpersonal communication by developing certain patterns so that communication networks can be seen. The method is chosen qualitatively because it wants to explain the data in detail with observation, interview, and documentation techniques. The results of the study indicate a random pattern of communication among veiled Muslim female students in carrying out interpersonal communication on campus. It was found that veiled college students tended to be more like hanging out with students who were convinced, but also found students who were more open and socialized across beliefs. The things that hinder communication are the existence of negative perceptions from the community towards the veil so that it influences the way students communicate.

 Keywords: Interpersonal Communication, Veil

 Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan mahasiswi muslimah bercadar di Universitas Tribhuwana Tunggadewi, baik kepada sesama muslim maupun kepada mahasiswa non muslim. Teori yang akan digunakan adalah komunikasi antar pribadi dengan mengembangkan pola tertentu sehingga bisa dilihat jaringan komunikasi yang ada. Metodenya dipilih kualitatif karena ingin menjelaskan data-data secara detail dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pola komunikasi yang acak di antara mahasiswi muslimah bercadar dalam menjalankan komunikasi antar pribadi di lingkungan kampus. Ditemukan bahwa mahasiswi bercadar cenderung lebih senang bergaul dengan mahasiswi yang sekeyakinan, namun juga ditemukan mahasiswi yang lebih terbuka dan bergaul lintas keyakinan. Hal-hal yang menghambat komunikasi adalah adanya persepsi negatif dari masyarakat terhadap cadar sehingga memengaruhi cara berkomunikasi mahasiswi tersebut.

 Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Cadar

Full Text:

PDF

References

Aditya & Ayu. 2017. Apa Yang Dimaksud Dengan Kompetensi Komunikasi Interpersonal?.http://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-kompetensi-komunikasi-interersonal/3479/2 (Diakses pada 26 juli 2018. 24:46).

Arifin, M & Qorib, F (2017). Analisis Framing Berita Keterlibatan Dahlan Iskan dalam Kasus Pelepasan Aset PT Panca Wira Usaha Jawa Timur di Harian Jawa Pos dan Tempo. JISIP Vol 6 No 3 Hal 83-87.

Ahmad, Suhendra. 2013. Kontestasi Identitas Melalui Pergeseran Interpretasi Hijab Dan Jilbb Dalam Al-Qur’an.

Amalia, Raditha. 2018. Penyesuaian Diri Muslimah Bercadar. Skripsi Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Effendi, Onong Uchjana.2003. Ilmu, Teori Dan Safat Komunikasi. PT Citra Aditya Bakti.

Moleong, J. Lexy. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.