POLA KOMUNIKASI DOSEN DAN MAHASISWA DALAM BIMBINGAN SKRIPSI

Reza Saputra

Abstract

Abstract: Communication patterns of lecturers and students in thesis guidance are the application of procedures for delivering instructions from the lecturer to students when they conduct their thesis guidance. The purpose of this study was to determine the communication pattern of the supervisor with students in thesis guidance and find out the factors that became obstacles to the communication process. The research method adapted the phenomenon in the field through observation, interviews, and documentation. This research was conducted in Tribhuwana Tunggadewi University Malang at Communication Science Study Program. Based on the description above, it can be concluded that the lack of student knowledge and the lack of references, motivation and students' enthusiasm for learning were the factors to influence the communication patterns. It is important for the lecturers and students to build an effective communication, especially to keep the importance of exchanging opinions between lecturers and students in conducting thesis guidance, maintaining time discipline, and personal communication relationships.

 Keywords: Interpersonal Communication, Lecturers, Students

 Abstrak: Pola komunikasi dosen dan mahasiswa dalam bimbingan skripsi, Pola komunikasi merupakan penerapan dari tata cara penyampaian dosen pembimbing kepada mahasiswa bimbingannya ketika melakukan porses bimbingan skripsi. Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pola komunikasi dosen pembimbing dengan mahasiswa dalam bimbingan skripsi dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi hambatan proses komunikasi terebut. Metode penelitian menyesuaikan dengan penomena kenyataan yang ada di lapangan melalui observasi, pengamatan, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang tepatnya Prodi Ilmu Komunikasi. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa minimnya ilmu pengetahuan mahasiswa dan kurangnya referensi-referensi dan juga minimnya dorongan motivasi, semangat belajar mahasiswa itu sendiri. Maka dari itu pentingnya pola komunikasi dosen dan mahasiswa dalam melakukan proses bimbingan skripsi agar menjadi komunikasi yang efektif terutama pentingnya bertukar pendapat antara dosen dan mahasiwa dalam melakukan bimbingan skripsi, dan juga pentingan menjaga kedisiplinan waktu, dan pentingan menjaga hubungan komunikasi personal.

 Kata Kunci: Antarpersonal, Dosen, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References

Achroza, F. H. (2013). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing Mahasiswa Dan Probelm Focusedcoping Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fkip Bimbingan Dan Konseling Universitas Muria Kudus (Doctoral dissertation, Universitas Muria Kudus).

Fajar Marhaeni. (2009). Ilmu Komunikasi Teori & Praktik. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Firmansyah, R. (2014). Kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir studi dan solusinya perspektif bimbingan dan konseling Islami (studi kasus di Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Walisongo Semarang) (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo). Web : http://eprints.walisongo.ac.id/2570/

Gunawati, R., Hartati, S., & Listiara, A. (2010). Hubungan antara efektivitas komunikasi mahasiswa-dosen pembimbing utama skripsi dengan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Undip, 3(2), 93-115.

Harapan Dan Ahmat. (2014). Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insan Dalam Organisasi Penidikan. Pt rajagrafindo Persada. Kota Depok.

Rohma, F. A. (2012). Pengaruh Diskusi Kelompok Untuk Menurunkan Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Skripsi. Humanitas (Jurnal Psikologi Indonesia), 3(1), 50-62.

Rohim Syaiful. (2009). Teori Komunikasi Perspektif, Ragam & Aplikasi. Pt Rineka Cipta. Jakarta.

Sutopo. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Dasar Teori Dan Terapannya Dalam Penelitian. Universitas Sebelas Maret.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Cv. Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung

Refbacks

  • There are currently no refbacks.