STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN SIRKULASI DI DINAS PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP KOTA MALANG

Adelina Motu Moruk

Abstract

Abstract: Public libraries are held with the aim of serving the general public, ranging from children to adults. Basically library services are the provision of library materials free of charge to the public precisely and accurately, according to the needs of users of library services. Therefore circulation service activities spearhead library services, because this part of the circulation is the first time a user has to deal with loan administration problems. The purpose of this study was to find out and analyze the strategies used in improving circulation services and the factors that influence circulation services in the Public Library and Archives of Malang City. The research method uses a type of qualitative research. Data obtained from primary and secondary data. Data collection uses interviews, observation and documentation. Determination of informants using purposive sampling. Then analyzed using stages: data reduction, data presentation and conclusion in Sugiyono, (2015: 338). To test the level of data confidence using triangulation techniques. The results of this study indicate the Strategy for Improving Circulation Services in the Public Library and Archives of Malang, namely: Collection security system using a gate detector system, and a surveillance system through CCTV. service is opened every day from 09.00 until 20.00 WIB. Public library services and archives of Malang city are carried out with additional collections every year. There are various kinds of activities carried out, There is also a mobile car service that serves visits to various places. The addition of OPAC (Online Public Access Catalog) as a fast media search for books. Services are supported by supporting facilities and infrastructure. Location is in a strategic place. Attitudes of officers in providing services to visitors or visitors with a smile, greetings, greetings, courtesy, courtesy and empathy in accordance with the professionalism of services that have been held firmly so that visitors or visitors feel comfortable with the services provided. But the awareness of the user is still lacking, the Borrower does not participate in maintaining the collection, so that most of the book covers are damaged and lost, and the computer sometimes errors so that it cannot be processed.

 

Keywords: Strategy, Circulation Services

 

Abstrak: Perpustakaan umum diselenggarakan dengan tujuan melayani masyarakat umum, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Pada dasarnya layanan perpustakaan adalah penyediaan bahan pustaka secara cuma-cuma kepada kepada masyarakat dengan tepat dan akurat, sesuai dengan kebutuhan pemakai jasa perpustakaan. Oleh karena itu Kegiatan layanan sirkulasi menjadi ujung tombak layanan perpustakaan , karena pada bagian sirkulasi inilah kali pertama pemakai harus berhubungan dengan masalah administrasi peminjaman. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang digunakan dalam meningkatkan pelayanan sirkulasi serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan sirkulasi di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Kemudian dianalisis menggunakan tahapan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dalam Sugiyono, (2015:338). Untuk menguji tingkat kepercayaan data menggunakan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan Strategi Peningkatan Pelayanan Sirkulasi di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang yaitu: Sistem pengamanan koleksi menggunakan sistem detector gate, dan sistem pengawasan melalui CCTV. pelayanan dibuka setiap hari mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB. Dinas perpustakaan umum dan arsip kota malang setiap tahun dilakukan tambahan koleksi. Ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan, Ada juga layanan mobil keliling yang melayani kunjungan ke berbagai tempat. Penambahan OPAC (Online Public Acces Catalogue) sebagai media pencarian buku secara cepat. Pelayanan didukung dengan sarana dan prasarana sudah menunjang. Lokasi berada pada tempat yang strategis. Sikap petugas dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung atau pemustaka dengan senyum, sapa, salam, sopan, santun dan empati sesuai dengan profesionalisme layanan yang sudah dipegang teguh sehingga pengunjung atau pemustaka merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Namun kesadaran pemustaka masih kurang, Peminjam tidak ikut menjaga koleksi, sehingga kebanyakan sampul buku yang sudah rusak dan hilang, juga komputernya terkadang error sehingga tidak bisa diproses.

 

Kata kunci: Strategi, Pelayanan Sirkulasi

Full Text:

PDF

References

Aprilianita, Herlina. 2013. Manajemen Pelayanan Sirkulasi Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Muria Kudus. Artikel Jurnal, hlm. 6-7, (online), http://www.e-jurnal.com/2017/03/manajemen-pelayanan-sirkulasi.html.

Bafadal, Ibrahim. 2011. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah (Cetakan Kedelapan). Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono.2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah Menuju Perpustakaan Modern. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

J. Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kristanto, Adhi. 2011. Perencanaan Peningkatan Pelayanan Perpustakaan (Studi pada Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Mas Min, 2017. Pendapat Para Ahli Tentang Definisi Strategi Terlengkap. http://www.pelajaran.co.id/2017/02/pengertian-strategi-menurut-pendapat-para-ahli-terlengkap.html. 02 Januari.

Mukarom, Zaenal dkk.2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 7 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah

Perpustakaan, 2017. Staf Personalia. http://perpustakaan.malangkota.go.id/staf.php. 05 januari.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Cetakan ke-22) Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007, Bagian Kedua Pasal 22 tentang Perpustakaan Umum.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.