PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP PELAYANAN PUBLIK STUDI DI KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

Salfina Ewi Agho, Willy Tri Hardianto

Abstract

Abstract: Reducing public assumptions and bad perceptions of the public service system is a huge responsibility for the government in this era of globalization. One way to overcome this is to improve employee work discipline. This is because with high work discipline, it will automatically arouse the public's attractiveness towards the government because of the excellent government system.  This type of research uses quantitative descriptive method. This research was conducted in Junrejo sub-district, Batu City. Research data consists of primary data and secondary data. Data collection uses questionnaires and documentation. While the data in the data analysis is testing the validity and reliability of the instrument , determine the value of the correlation coefficient and test the hypothesis using Spearman correlation analysis Rank . (84.8%) and 0.00 respectively. So that it can be said that there is a very strong positive relationship between employee work discipline towards public services in Junrejo sub-district, Batu City. This result automatically accepts H1 and rejects H0 where the Rxy table for 20 respondents is 0.444. The final conclusion is that there is a positive and significant relationship between employee work discipline and public service in the Junrejo sub-district of Batu City. Or in other words, employee work discipline can improve public services in Junrejo sub-district, Batu City, ideally at 84.8%.

 

Keywords: Discipline of Employee, Public Service

 

Abstrak: Mengurangi asumsi dan presepsi buruk masyarakat akan sistem pelayanan publik menjadi tanggung jawab yang sangat besar bagi pemerintah di era globalisasi ini. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan meningkatkan kedisiplinan kerja pegawai. Hal ini karena dengan kedisiplinan kerja yang tinggi akan secara otomatis membangkitkan daya tarik masyarakat terhadap pemerintah karena sistem pemerintahan yang prima Tujuan peneltian ini untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja pegawai terhadap pelayanan publik. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kecamatan Junrejo Kota Batu. Data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Sedangkan data yang dianalisis datanya yaitu uji validitas dan reliabilitas instrumen, menentukan nilai koefisien korelasi dan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi Spearman Rank) berdasarkan analisis korelasi Spearman Rank  menggunakan SSPS Versi 16 masing-masing adalah 0,848 (84,8%) dan 0,00. Sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan positif sangat kuat antara disiplin kerja pegawai terhadap pelayanan publik di kecamatan Junrejo Kota Batu. Hasil ini secara otomatis menerima H1 dan menolak H0 dimana Rxy tabel untuk 20 responden yaitu 0,444. Kesimpulan akhirnya adalah ada hubungan positif dan signifikan antara disiplin kerja pegawai dan pelayanan publik di kecamatan Junrejo Kota Batu. Atau dengan kata lain kedisiplinan kerja pegawai mampu meningkatkan pelayanan publik di kecamatan Junrejo Kota Batu secara ideal sebesar 84,8 %.

 

Kata Kunci:  Kedisiplinan Kerja, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References

Hasibuan, Malayu S P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawati, Dwi. 2012. Manajemen Pelayanan Umum. Majalah Ekonomi Edisi 22 No. 1 Bulan April. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. CV. Bandung: Alfabeta..

Undang-Undang Pasal 4 No.25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Keputusan MENPAN-RB Reformasi Birokrasi Nomor 63 Tahun 2004.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.