PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN DESA

Emelyati ,, M.N. Romi AS

Abstract

Abstract: Community participation is required for an empowerment process that be able to provide good change. The forms of community participation in development such as decision making, then community participation in the implementation, participation in receiving benefits, and also participation in the evaluation. But, the reality in the field of this research there was shown that there is no influence from the public both in decision making, community participation in implementation, participation in receiving benefits, and participation in evaluations.This research uses descriptive quantitative sampling technique using non-probability sampling type used is purposive sampling. The technique of collecting data through observation, questionnaires, and documentation. While data analysis techniques used simple regression, F test and T test. The results of the study concluded that the community participation which includes decision making, community participation in implementation, participation in receiving benefits, and participation in simultaneous evaluations have no influence on village development.

 Keywords: Community Participation, Village Development

 Abstrak: Partisipasi masyarakat dituntut untuk melakukan proses pemberdayaan yang mampu memberikan perubahan yang baik. Bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan seperti pembuatan keputusan, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan, partisipasi dalam menerima manfaat, dan partisipasi dalam evaluasi. Kenyataan di lapangan hasil penelitian penliti ditemukan bahwa tidak ada pengaruh dari masyarakt baik dalam pembuatan keputusan, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan, partisipasi dalam menerima manfaat, dan partisipasi dalam evaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik penentuan sampel menggunakan Non-probability sampling dengan jenis yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan regresi sederhana, uji Fdan uji t. Hasil penelitian yakini partisipasi masyarakat yang meliputi pembuatan keputusan, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan, partisipasi dalam menerima manfaat, dan partisipasi dalam evaluasi secara bersamaan tidak mempunyai pengaruh terhadap pembangunan desa.

 

 Kata kunci : partisipasi masyarakat, Pembangunan Desa

Full Text:

PDF

References

Afiffudin, 2012. Pengantar Administrasi Pembangunan. Bandung: Alfabeta

Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siagian, Sondang P, 2015. Administrasi Pembangunan, Konsep, Dimensi, dan strateginya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Solekhan, Moch. 2014. Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Berbasis Partisipasi Masyarakat. Malang: Setara Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroso, Hadi., dkk. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan di Desa Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Program Magister Jurusan Ilmu Adminitrasi Publik. Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya.

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentan Desa dan Peraturan Terkait

Aseftoba.blogspot.com. 12/02/2018. Kapolsek Toba Hadiri Rapat Pra Musrembang. Diakses pada tanggal 10 November 2018 (online).

Teguh Firmansyah . 2016. Ketimpangan Pembangunan. Diakses pada tanggal 24 November 2018 (onilne). Dari https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/04/29/.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.