PROGRAM INOVASI GAMPIL (GESIT, AKTIF, MERAKYATNYA DISPENDUKCAPIL) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN AKTA KEMATIAN (STUDI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MALANG)

Katarina Jenanu, Nanang Bagus

Abstract

Abstract: The Department of Population and Civil Registration of the City of Malang created the GAMPIL Innovation Program which aims to facilitate the public to obtain residence documents, one of which is the Death Certificate. This study aims to describe the Skill Innovation Program in improving the quality of service of the Death Deed and analyzing the supporting factors and inhibiting factors of the Innovation Program. The type of research used is qualitative. Sources of data from primary data and secondary data. Data collection techniques are interviews, observation and documentation. The validity of the data uses the technique of triangulation theory according to Sugiyono (2016). The results of the study showed that the Tlogomas urban village had implemented the Malang City Dispendukcapil Skill Innovation Program. Services through the GAMPIL Innovation Program have not run optimally in terms of service procedures and completion times. innovation supporting factors in the form of adequate facilities and infrastructure as needed. Whereas the inhibiting factor of innovation: the need for service officers stationed in the kelurahan, lack of awareness and understanding of the community regarding service procedures. The service quality of the GAMPIL innovation program is said to be good, supported by the community satisfaction index data in 2018.

Keywords: Public Service Innovation, Service Quality, Death Deed

Abstrak: Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Malang membuat Program Inovasi GAMPIL yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat memperoleh dokumen kependudukan salah satunya yaitu Akta Kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Program Inovasi Gampil dalam meningkatkan kualitas pelayanan Akta Kematian dan menganalisa faktor pendukung dan faktor penghambat Program Inovasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teori triangulasi teknik menurut  Sugiyono (2016). Hasil penelitian menunjukan bahwa kelurahan Tlogomas telah melaksanakan Program Inovasi Gampil Dispendukcapil Kota Malang.  Pelayanan melalui Program Inovasi GAMPIL belum berjalan optimal dari segi prosedur pelayanan dan waktu penyelesaian. faktor pendukung inovasi berupa sarana dan prasarana yang cukup memadai sesuai kebutuhan. Sedangkan faktor penghambat inovasi: kuranya petugas pelayanan yang ditempatkan di kelurahan, kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang prosedur pelayanan. Kualitas pelayanan program inovasi GAMPIL dikatakan baik dengan didukung oleh data indeks kepuasan masyarakat Tahun 2018.

Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Akta Kematian

Full Text:

PDF

References

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mukarom, Zaenal dan Laksana. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mulyadi, Deddy dan Gedeona. 2018. Administrasi Publik dan Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Moleong. 2016. Metodologi Penelitian Kualitataif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.

Undang-Undang. Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pemerintah Daerah.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan

https://Jatimtimes.com/baca/164341/20180101/204609/awal-januari-petugas Dispendukcapil-di-kelurahan-siap-layani-warga-Kota Malang (Diakses Tanggal 30/10/2018, Pukul 16:00).

https://Radarmalang.id/dispendukcapil-kota-malang-minta-warga-aktif-urus-surat-kematian (Di akses pada tanggal 30/10/2018, pukul 16:00).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.