EFEKTIVITAS PENCAPAIAN KINERJA PROGRAM PELATIHAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS

Antimus Xaverius Ansfridho, Dody Setyawan

Abstract

Abstract: There still are discriminations against groups of people with special needs or better known as people with disabilities, as an example these groups of people had a difficulties to access public services, education, transportation and decent work. Fulfillment of the rights of persons with disabilities is a problem, which is why many people with disabilities live with limitations not only in economic, but also in social aspects. This study used a qualitative method, the determination of informants using snowball sampling and the head of staff in the disability field in Batu City Social Service became a key informant in this study. The aim of this study is to see the effectiveness of performance achievements in training programs for disabilities in the Social Service Office of Batu City. The results of this study at Batu City Social Service can be said effective if measured based on the effectiveness indicator size, that are indicators of achieving goals and real changes. Furthermore, the level of effectiveness was shown by the results of the maximum screen printing training from the participants, the adequate tools and facilities, then experts and social approach methods that implemented Batu City Social Service for participants (persons with disabilities) were able to make them more confident to join the screen printing training program well and maximally.

Keywords: Effectiveness, Training Programs, Persons with Disabilities.

Abstrak: Masih terdapat diskriminasi terhadap kelompok masyarakat yang berkebutuhan khusus atau yang lebih dikenal dengan istilah penyandang disabilitas, akibatnya kelompok masyarakat tersebut sangat kesulitan untuk mengakses pelayanan publik, pendidikan, transportasi dan pekerjaan yang layak. Pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas masih menjadi masalah, sehingga tidak dipungkiri bahwa masih banyak penyandang disabilitas yang hidup dengan keterbatasan dalam aspek ekonomi dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penentuan informan menggunakan snowball sampling dan kepala staff bidang penyandang disabilitas Dinas Sosial Kota Batu menjadi key informan pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pencapaian kinerja proram pelatihan bagi penyandang disabilitas pada Dinas Sosial Kota Batu. Hasil analisis pencapaian kinerja program pelatihan pada Dinas Sosial Kota Batu dapat dikatakan efektif jika diukur berdasarkan ukuran indikator efektivitas yaitu indikator tercapainya tujuan dan perubahan nyata. Selanjutnya, tingkat efektivitas nya di tunjukan dengan hasil pelatihan sablon yang maksimal dari peserta, alat-alat dan fasilitas yang digunakan memadai, tenaga ahli dan metode pendekatan sosial yang terapkan Dinas Sosial Kota Batu bagi peserta (penyandang disabilitas) mampu membuat mereka lebih percaya diri untuk mengikuti program pelatihan sablon dengan baik dan maksimal.

Kata Kunci: Efektivitas, Program Pelatihan, Penyandang Disabilitas.

Full Text:

PDF

References

Adam Ibrahim, Indrawijaya. 2010. Teori, Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.

International Labour Organization. 2013. Inklusi Penyandang Disabilitas di Indonesia. (Online) https:www.ilo.org. Diakses pada 24/10/2018.

International Labour Organization. 2013. Pedoman ILO Tentang Pengelolaan Penyandang Disabilitas Di Tempat Kerja. (Online) https://www.ilo.org. Diakses Pada 22/10/2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan Situasi Penyandang Disabilitas.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat. 2017. Laporan Akhir Memetakan Penyandang Disabilitas (PD) Di Pasar Tenaga Kerja Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 125 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Perlindungan Dan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas.

Setyaningsih, Rima dan Gutama. 2016. Pengembangan Kemandirian Bagi Kaum Difabel. Jurnal Sosiologi Dilema. Volume 31 Nomor 1.

Sholehah, Iffatus. 2017. Pemberdayaan Difabel Melalui Asset Based Approach. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. Volume 1 Nomor 1.

Simanjorang, Febriana O. 2013. Efektivita Program Pelatihan Keterampilan Bagi Penyandang Cacat Tunga Rungu Wicara Di UPT Pelayanan Sosial Tuna Rungu Wicara Dan Lansia Pematang Siantar. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara. Volume 2 Nomor 4.

Suarmini, Ni Wayan dkk. 2016. Karakter Anak Dalam Keluarga Sebagai Ketahanan Sosial Budaya Bangsa. Jurnal Sosial Humaniora. Volume 9 Nomor 1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. 2017. Kebijakan Sosial Sebagai Kebjakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Convention

On The Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia.

Widodo, Suparno Eko. 2018. Manajemen Pelatihan. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.