STRATEGI PELAYANAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNUNGAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA KOTA BATU (STUDI PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA BATU)

Rosalia Hasia

Abstract

Abstract: Batu City has the opportunity to be developed as a more attractive tourist area. The Department of Tourism and Culture of the City of Batu is obliged to make strategic planning and improve service quality in the tourism sector in order to increase tourist visits. The purpose of this study is to find out the service strategies of the Tourism and Culture Agency and supporting factors as well as the service strategies to increase tourist visits. This type of research is qualitative by using data collection through interviews, observation and documentation. Determination of informants is done by using purposive sampling. The method of data analysis is done through data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study are that so far the strategy of the service of the Tourism and Culture Office of the city of Batu in increasing tourist visits has been carried out well in accordance with the operational system of the specified procedures. The supporting factor is the existence of a strong commitment from the government and also the tourism potential in Batu city which is very interesting. The inhibiting factor is limited funds in conducting promotions, low quality of human resources and inadequate infrastructure.

Keywords: Strategy, Services, Travelers, Batu City

Abstrak: Kota Batu memiliki peluang untuk dikembangkan sebagai daerah wisata yang lebih menarik. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu berkewajiban membuat perencanaan yang  strategis dan meningkatkan kualitas pelayananan di sektor pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pelayanan meningkatkan kunjungan wisatawan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sejauh ini strategi pelayanan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Batu dalam Meningkatkan kunjungan wisatawan sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan sistem operasional prosedur yang ditentukan. Faktor pendukungnya adalah adanya komitmen yang kuat dari pemerintah dan juga potensi wisata di Kota Batu yang sangat menarik. Faktor penghambatnya adalah keterbatasan dana dalam melakukan promosi, rendahnya kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur yang belum memadai.                                                                                                 

Kata kunci : Strategi, Pelayanan, Wisatawan, Kota Batu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.