ANALISIS PELAYANAN PRIMA DALAM MENDUKUNG PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK (STUDI PADA PUSKESMAS DINOYO KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG)

Marsiana Sudarwati, Dewi Citra Larasati

Abstract

Abstract: Excellent service is a service carried out by public service providers as an effort to fulfill the needs of recipients of services and the implementation of statutory provisions. The occurrence of employee problems is less consistent with the sequential number of patients in providing maternal and child health services. This study aims to determine the quality of excellent service in supporting maternal and child health services at Dinoyo Health Center. This type of research uses descriptive quantitative. The sampling technique uses Slovin Formula. Data collection techniques with questionnaires, observation and documentation. The measurement scale used the Likert Scale. Data testing is validity test and reliability test. The data analysis technique uses simple regression analysis. The results showed that excellent service tended to be sufficient with a value of 46.96%, and health services tended to be sufficient with a value of 48.11%. There is a significant influence between excellent service in health services which is equal to 45.3%. The results of the analysis prove that the variable Prime Services (X) has a significant influence on the Health Service variable (Y). From the results of a simple regression equation it can be seen that the state of the health service variable (Y) will increase by 45,289 from the beginning.. Based on the regression equation, it was concluded that prime service had a positive effect on maternal and child health services at Dinoyo Health Center.

Keywords: Excellent Service, Health Services.

Abstrak: Pelayanan prima adalah pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.. Terjadinya permasalahan pegawai kurang konsisten terhadap nomor urut antrian pasien dalam memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan pelayanan prima dalam mendukung pelayanan kesehatan ibu dan anak pada Puskesmas Dinoyo. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik penentuan sampel menggunakan Rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Skala pengukuran digunakan Skala Likert. Pengujian data yaitu uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan prima cenderung cukup dengan nilai sebesar 46,96%, dan pelayanan kesehatan cenderung cukup dengan nilai sebesar 48,11%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan prima pada pelayanan kesehatan yaitu sebesar 45,3%. Hasil analisis membuktikan bahwa variabel Pelayanan Prima (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Pelayanan Kesehatan (Y). Dari hasil persamaan regresi sederhana dapat dilihat bahwa keadaan konstanta variabel pelayanan kesehatan (Y) akan naik sebesar 45,289 dari semula. Berdasarkan persamaan regresinya, disimpulkan bahwa pelayanan prima berpengaruh positif terhadap pelayanan kesehatan ibu dan anak pada Puskesmas Dinoyo.

Kata kunci : Pelayanan Prima, Pelayanan Kesehatan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.