PENGARUH KINERJA TENAGA KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI PADA PUSKESMAS KENDALSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG)

Noberta Feri, Noora Fithriana

Abstract

Abstract: At this time the Government has tried to improve the optimal level of public health but there are still various complaints that have caused dissatisfaction, therefore the performance of health workers needs to be improved. The purpose of this study was to determine the influence of the performance of health workers on community satisfaction at the Kendalsari Health Center, Lowokwaru District, Malang City. This type of research is a quantitative study with a population of puskesmas heads, nurses and all patients, using a simple random sampling sampling technique with a sample of 75 people. Data collection techniques using questionnaires and documentation, data analysis techniques carried out by testing the validity of data, reliability and using statistical test methods, coefficient of determination, simple linear regression analysis, and hypothesis testing using SPSS 16.0. With the results of the study seen from the results of a simple linear regression test that the regression coefficient of 1.482 shows that the performance of health workers has a positive effect on community satisfaction. While the results of the test coefficient of determination known the value of R / relationship of 0.754 or 75.4%, which means that the relationship between the variables of performance of health workers to the variable community satisfaction is strong. From the SPSS output also obtained the value of determination coefficient (R Square) of 0.568, which means that the variable performance of health personnel has an effect on the variable community satisfaction of 56.8%. And the results of t-test (t-test) obtained a tcount of 9.749 > ttable 1.669, which means that the performance of health workers has an effect on people's satisfaction.

 Keywords: Performance of Health Workers, Community Satisfaction, Kendalsari Health Center

Abstrak: Pada saat ini Pemerintah telah berusaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal namun masih terdapat berbagai keluhan sehingga menimbulkan ketidakpuasan, oleh karena itu kinerja tenaga kesehatan perlu ditingkatkan lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengauh kinerja tenaga kesehatan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Kendalsari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi kepala puskesmas, perawat dan semua pasien, menggunakan teknik sampling simple random sampling dengan sampel sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, teknik analisis data dilakukan dengan cara uji validitas data, reliabilitas serta menggunakan metode uji statistik, koefisien determinasi, analisis regresi linear sederhana, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Dengan hasil penelitian di lihat dari hasil uji regresi linear sederhana bahwa nilai koefisien regresi sebesar 1,482 ini menunjukkan bahwa kinerja tenaga kesehatan berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi diketahui nilai R/hubungan sebesar 0,754 atau 75,4%, yang berarti hubungan antara variabel kinerja tenaga kesehatan terhadap variabel kepuasan masyarakat kuat. Dari output SPSS juga diperoleh nilai koefisian determinasi (R Square) sebesar 0,568, yang berarti variabel kinerja tenaga kesehatan berpengaruh terhadap variabel kepuasan masyarakat sebesar 56,8%. Dan hasil uji t (t-test) memperoleh nilai thitung sebesar 9,749 > ttabel 1,669, yang berarti bahwa kinerja tenaga kesehatan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.

Kata Kunci: Kinerja Tenaga Kesehatan, Kepuasan Masyarakat, Puskesmas Kendalsari

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.