MANAJEMEN PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DI KECAMATAN DAU

Esia Jera Rambu Endi, Ignatius Adiwidjaja

Abstract

Abstract: Service management is the art and science of planning, organizing, composing,
directing, and supervising human resources to achieve the stated goals
beforehand. This study aims to determine and analyze Card Service Management
Electronic Resident Identity and identify, analyze the influencing factors
Management of Electronic Identity Card Services in Dau District. Data that has been obtained
from the results of research processed using qualitative analysis. To achieve these goals then
researchers used data collection techniques through interviews, observation and documentation.
Research instruments include own research, interview guidelines, field notes. Technique
Determination of informants using purposive sampling, as the informants of this study are
employees at the Dau District Office and the community. The validity of the data uses triangulation techniques.
Data analysis techniques include reduction, presentation and conclusion drawing. Research result
shows that the management of Electronic Resident Identity Card Services in Dau District
Malang Regency in the service procedure is very appropriate, in the certainty of the completion time
has been determined to improve public services that have been running well and in stages
settlement. Then look at the facilities and infrastructure already utilizing existing technology
and the availability of a comfortable waiting room and viewed in terms of human resources capabilities
the employee is good enough because it is seen from the level of education and professionalism in
provide services to the community.

Keywords: Management and Public Services

Abstrak: Manajemen pelayanan merupakan seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan,
pengarahan, dan pengawasan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Manajemen Pelayanan Kartu
Tanda Penduduk Elektronik dan mengidentifikasi, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
Manajemen Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Kecamatan Dau. Data yang telah di peroleh
dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kualitatif. Untuk mencapai tujuan tersebut maka
peneliti menggunakan teknik penggumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Instrumen penelitian meliputi penelitian sendiri, pedoman wawancara, catatan lapangan. Teknik
penentuan informan menggunakan purposive sampling, sebagai informan dari penelitian ini adalah
pegawai di Kantor Kecamatan Dau dan masyarakat. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa manajemen Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Kecamatan Dau
Kabupaten Malang dalam prosedur pelayanan sudah sangat sesuai, dalam kepastian waktu penyelesaian
sudah di tentukan untuk meningkatkan pelayanan publik yang sudah berjalan dengan baik serta tahaptahap
penyelesaian. Kemudian di lihat dari Sarana dan Prasarana sudah memanfaatkan teknologi yang ada
serta tersediannya ruang tunggu yang nyaman dan di lihat dari segi Sumber daya manusia kemampuan
pegawai sudah cukup baik karena di lihat dari tingkat pendidikan dan profesionalisme dalam
memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kata Kunci : Manajemen dan Pelayanan Publik

Keywords

Manajemen dan Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References

Moleong, lexy j. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT REMAJA ROSDAKARYA

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM Nasrudin, E. 2015.

Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia Pemerintah Daerah ditegaskan

dalam Undang-Undang Dasar 1954Ratminto dan Atik. 2006. Manajemen Pelayanan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar YKPN

Sugiyono. 2015. Penelitian Kualitatif. Bandung. ALFABERTA, CV

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfaberta.

Prosedur Yang ada terdapat dalam keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63

Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraa Pelayanan Publik

Pemerintah Daerah Ditegaskan Dalam Undang-Undang Dasar 1945

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2018 Pasal-pasal Yang berkaitan Dengan EKTP

Undang-Undang 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang Nomor 23 Tahun 2006

tentang Administrasi Kependudukan

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2013 Tentang Perubahan ke empat Atas

Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 Tentang Penerapan KTP Berbasis Nomor Induk

Kependudukan secara Nasional.

Bagoesirawan,dkk. 2012. Kinerja Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kepada

Masyarakat.

Ernesta Itu. 2013. Efektivitas Penggunaan E-KTP sesuai Kebutuhan Administrasi Masyarakat.

SKRIPSI Perpustakaan UNITRI Malang.

Kurniawan Indra Ronny dan Sujianto. 2013. Efektivitas Implementasi Program Kartu Tanda

Pendudukan Elektronik. SKRIPSI Pustaka UNITRI Malang.

Marselina. 2014. Kinerja Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. SKRIPSI

Perpustaka UNITRI Malang.

Rohman, Abd. 2018. Dasar-Dasar Manajemen Publik. Malang: Empatdua.

Sufiyono. 2016. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan

Giligenting. SKRIPSI Perpustaka UNITRI Malang.

Yohana Mina. 2014. Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik.

SKRIPSI Perpustaka UNITRI Malang.

Jatimtimes.com. 2018. Dua Tahun Dispendukcapil Kabupaten Malang Raih Pelayanan Publik Terbaik,

Ini Rahasianya. www.jatimtimes.com. Diakss 17:21 Wib 17 november 2018.

Lillahi S. Rahma. 2018. Terkait E-KTP: Gus Ipul Ingin Ambil Alih Layanan, Emil Jemput Bola.

wwwnews.detik.com. diakses 16:57 Wib 17 november 2018.

Masalah Pelayanan KTP Elektronik Di Indonesia. www.viva.co.id. Diakes 16:35 Wib 17 november

Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. www.pelayanan.jakarta.go.id. Diakses 18:00

Wib 17 November 2018.

Rohman, Abd. 2017. Kepemimpinan Pelayanan Prima Di Pedesaan. Jurnal Reformasi, diakses 12 Juni

dari https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/issue/view/79.

Salinan UU NO 25 Tahun 2009. Undang-Undang Republik Indonesia.

Viva.co.id. 2016. Enam Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi

Kependudukan. www.peraturan.go.id. Diakses 17:49 Wib 17 november 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.