DISIPLIN APARATUR SIPIL NEGARA DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANA PUBLIK

Sepa Erni

Abstract

Abstract : Public services as the main pillar of implementing regional autonomy, the development of work
discipline among the State Civil Apparatus indicated that work discipline influences the behavior of
employees in order to improve the quality of sustainable public services. In order to create quality
services, it is necessary to implement high employee discipline in efforts to achieve goals. The research
objective was to find out the discipline of State civil apparatus as an effort to improve the quality of
public services in One Stop IntegratedService Investment and Manpower Agency of Batu in terms of the
public service principles such as certainty, discipline, courtesy and hospitality, facilities and
infrastructure, security, simplicity of the service. This reseach is a qualitative research which aims to
understand what phenomena are experienced naturally. The results of the study indicated that the One
Stop IntegratedService Investment and Manpower Agency of Batu have tried to provide discipline to the
community through, completing their tasks on time, arriving at work on time, providing facilities that
support the community, discipline in providing security that can be seen from the coordination between
employees who always provide security, simplicity of the service and easily to be understood.


Keywords: Public Service, Employee Discipline, State Civil Apparatus

Abstrak: Pelayanan publik sebagai pilar utama penyelenggaraan otonomi daerah,pengembangan budaya
disiplin kerja Aparatur Sipil Negara mengisyaratkan bahwa nilai budaya disiplin kerja mewarnai perilaku
pegawai dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan. Dalam rangka
menciptakan pelayanan yang berkualitas dibutuhkannya penerapan disiplin pegawai yang tinggi dalam
upaya pencapaian tujuan. Tujuan penelitian untuk mengetahui disiplin aparatur sipil Negara dalam upaya
peningkatan kualitas pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan
Tenaga Kerja Kota Batu ditinjau dari prinsip pelayanan publik yaitu kepastian waktu, tanggung jawab,
kedisiplinan, kesopanan dan keramahan, kelengkapan sarana dan prasarana, keamanan, kesederhanaan
pelayanan. Metode yang digunakan penelitian kualitatif, untuk memahami fenomena apa yang dialami
secara alamiah. Hasil penelitian menujukan bahwa Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu
Pintu dan Tenaga Kerja Kota Batu sudah berupaya memberikan sikap disiplin kepada masyarakat melalui,
pegawai menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu, pegawai datang tepat waktu untuk menerapkan
disiplin pegawai, memberikan fasilitas yang menunjang kepada masyarakat, disiplin dalam memberikan
keamanan dilihat dari koordinasi antar pegawai yang selalu memberikan pengaman, kesederhanaan
pelayanan dalam memberikan pelayanan yang tidak berbelit-belit dan mudah dipahami.


Kata Kunci : Pelayanan Publik, Disiplin Pegawai, Aparatur Sipil Negara

Keywords

Pelayanan Publik, Disiplin Pegawai, Aparatur Sipil Negara

Full Text:

PDF

References

Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Santosa, Panji. 2012. Administrasi Publik : Teori dan Aplikasi Good Governance, Bandung: PT

Reftika Aditama

Sedermayanti.2016. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003

Perubahan Atas Undang-Undang Kepututusan Menteri Pendayagunaan Nomor 18 Tahun 1993

Menjelaskan Tentang Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 & Peraturan Pemerintah : Republik

Indonesia Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara dilengkapi UU RI Nomor 25 Tahun 2009

tentang pelayanan publik. 2016. Bandung: Citra Umbara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.