UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DENGAN ADANYA MOBIL KELILING (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu)

Veronika Eva, Noora Fithriana

Abstract

Abstract: Population administration service is the main function of the government as an effort to fulfill
the community needs. With the innovation of mobile car services, it makes easier for public to handle
administrative services related to all population documents. The research objective was to determine the
efforts to improve administration services with the presence of mobile car service in Population and Civil
Registration Agency of Batu in terms of service standards, such as service procedures, time of
completion, service costs, service products, facilities and infrastructure, competency of service providers.
The method used in this study was a qualitative method with main data sources were primary and
secondary data. The data collection was done by observation, interviews and documentation with a
purposive sampling technique. The validity of the data was tested using a process of triangulation. The
results showed that the Batu Population and Civil Registration Service improved its service quality by
using a "mobile car" with a "pick up the ball" system or direct system which allowed people directly got
the service without going to the office. They also went around the villages and high schools with a
specific schedule, free of charge, and easy service. The Mobile car service really help to facilitate
services both from the agency and the community. However, the obstacles occurred were the lack of
provider network and public awareness about the importance of population documents.

Keywords: Administrative Services, Population Administration, Mobile service

Abstrak: Pelayanan administrasi kependudukan merupakan fungsi utama pemerintah sebagai upaya
pemenuhan kebutuhan masyarakat. Dengan adanya inovasi pelayanan mobil keliling memudahkan
masyarakat dalam mengurus pelayanan administrasi, dan terkait segala dokumen-dokumen
kependudukan. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya peningkatan pelayanan administrasi
kependudukan dengan adanya mobil keliling di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu
ditinjau dari standar pelayanan yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk
layanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pemberi layanan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini metode kualitatif dengan sumber data utama, data primer dan data sekunder. Pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik penentuan sampel
purposive sampling. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi proses. Hasil penelitian
menunjukkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu berupaya meningkatkan pelayanan
administrasi kependudukan dengan menggunakan “mobil keliling” dengan sistem “jemput bola”, dimana
masyarakat tidak lagi datang ke instansi, melalui mobil keliling masyarakat cukup datang ke
Desa/kelurahan dan sekolah-sekolah menengah atas Se-Kota Batu dengan jadwal yang pasti, tanpa biaya,
dan pelayanannya yang mudah. Mobil keliling sangat membantu memudahkan pelayanan baik dari pihak
instansi maupun masyarakat. Akan tetapi kendala sering terjadi pada jaringan dan kurangnya kesadaran
masyarakat akan pentingnya dokumen-dokumen kependudukan.

Kata Kunci: Pelayanan Administrasi, Administrasi Kependudukan, Mobil Keliling

Keywords

Pelayanan Administrasi, Administrasi Kependudukan, Mobil Keliling

Full Text:

PDF

References

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen

YKPN.

Moleong. Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Undang-Undang 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Peraturan Mentri No 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan UU No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan

Publik.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.