STRATEGI MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN EKONOMI MELALUI BUMDES PROGRAM PASAR DESA

Aprianus Jepri

Abstract

Abstrak: BUMDes merupakan salah satu program yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan perekonomian di pedesaan sesuai dengan potensi yang dimiliki. Hal ini membuat banyak desa yang membangun dan mengembangkan BUMDes dengan program yang beragam. Tujuannya adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa, namun pada pelaksanaannya masih bayak BUMDes yang belum berkembang dengan baik, penyebab utamanya adalah belum dikelolanya BUMDes secara profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi BUMDes dalam mengelola pasar desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik Snowball Sampling. Analisis data dilakukan melalui metode pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa trategi yang dilakukan dalam pengelolaan pasar desa Landungsari dilakukan dengan cara pengelolaan pasar desa diarahkan pada sistem pasar tradisional yang menjadi pusat perekonomian di desa. Langkah-langkah yang dilakukan adalah penyediaan fasilitas dipasar bagi masyarakat untuk berjualan. Bagi masyarakat desa Landungsari yang akan menggunakan fasilitas di pasa untuk berjualan harus menandatangani surat perjanjian yang telah di buat dan membayar sewa dengan persyaratan berupa KTP dan KK. Kendala-kendala dalam pelaksanaannya yaitu dalam hal kepengurusannya yang masih kurang lengkap sesuai dengan kebutuhan kerja.

 

Kata Kunci: Strategi,Kesejahteraan, Kemandirian Ekonomi, Pasar Desa

 

Abstract: BUMDes is one of the programs issued by the Government in the effort to develop and improve the economy in the countryside according to the potential owned.This makes many villages build and develop BUMDes with diverse programs.The goal is to develop and improve the economy of the village community, but the implementation of BUMDes is still not well developed, the main cause is not yet managed by BUMDes professionally.This research aims to know the strategy of BUMDes in managing the market village Landungsari Dau District Malang and supporting and inhibiting factors.The study used qualitative research with methods of data collection using the Snowball Sampling technique.Data analysis is done through data collection methods, data presentation, and withdrawal of conclusions.The results of this study indicated that the strategy conducted in the management of Landungsari Village Market is carried out by the management of the village market directed at the traditional market system that became the economic center in the village.The steps are the provision of the market facilities for the community to sell.For people of Landungsari who will use facilities in Pasa to sell must sign a letter of agreement that has been made and pay the lease with the terms of the form of KTP and KK.The obstacles in the implementation are in terms of its lack of complete treatment according to the needs of work.

 

Keywords: Strategy, welfare, economic independence, Village market

Keywords

Strategy, welfare, economic independence, Village market

Full Text:

PDF

References

Fitriska, Kateria. 2017. “Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa di Desa Lancang Kuning Kecamatan Bintan Utara”. (Online)http//:webcache.Googleusercontent.com/search?q=cache: X5HpsFyn5DoJ:Jurnal.Umrah.ac.id/wpcontent/uploads/ravityforms1c61c9cb232a03a96d09478e525e/2017/08/jurnalkateriafitriska.docx+&cd=9&hl=id&ct=clnk&gl=id. Diakses Pada 30/05/2018. Pukul 22:20 Wib

Haboddin, Muhtar. 2015. “Pengantar Ilmu Pemerintahan”. UB Perss: Malang.

Moleong, Lexy J. 2014. “Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi”. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Sari, Andriani. 2017. “Pengaruh BUMDes Terhadap Pengembangan Ekonomi Desa di Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai”. (Online)http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/2264/130501032.pdf?sequence1&isAlowed=y. Diakses Pada 28/05/2018. Pukul 14:30 Wib.

Solekhan. 2014. “Penyelenggaraan Pemerintah Desa Berbasi Masyarakat”. Setara Perss: Malang

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Alfabeta: Bandung.

Tama, Era. 2013. “Dampak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bagi Kesejahteraan Masyarakkat di Desa Karangrejek Kecamatan Perbaungan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul”. (Online)http://eprints.uny.ac.id/21714/6/6.BAB%20IV.pdf. Diakses Pada 28/05/2018. Pukul 16:46 Wib.

Yunus, Eddy. 2016. “Manajemen Strategis”. CV Adi Offset: Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.