STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. VALAGRO DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK

Chandra Tribuana Murti

Abstract

Abstract: PT. Valagro is a business fertilizers and plant nutrients, especially in the food sector of organic biostimulant materials. This business is a business that has a tremendous opportunity and coupled with support by governments that have implemented the use of fertilizers and nutrients that are environmentally friendly. Efforts on the competitiveness of existing businesses that require an alternative that provide the best communications initiatives pamasaran. This study aims to determine how the marketing communication strategy PT. Valagro and to identify barriers to marketing communication strategy PT.Valagro in Malang. The experiment was conducted in December 2014 through February 2015 study conducted at the company PT. Valagro Indonesia Village Bocek Karangploso Malang. In this study used is a descriptive study using qualitative techniques, the method of data SWOT analysis to get a better understanding of the marketing communication strategy through the media used by PT. Valagro in order to obtain answers or in-depth information about the various picture in communicating the product that has been offered. From the research carried out has obtained a conclusion that Marketing Communication Strategy conducted by PT. Valagro include advertising, direct marketing, internet marketing, promotion and sales that have been planned. The purpose of the sale of these products is to determine whether the product can be marketed as expected the company to market the product. Barriers in the marketing communications strategy is often the misunderstanding to consumers because they do not understand how the application of the products offered.

Keywords: Strategy, Communications, Marketing

Abstrak: PT. Valagro adalah sebuah bisnis pupuk dan nutrisi tanaman khususnya pada sektor pangan dari bahan-bahan biostimulant organik. Bisnis ini merupakan bisnis yang memiliki peluang yang sangat besar dan ditambah dengan dukungan oleh pemerintah yang telah menerapkan pada penggunaan pupuk dan nutrisi yang ramah lingkungan. Upaya terhadap daya saing yang ada mewajibkan sebuah pelaku bisnis tersebut memberikan alternatif yang terbaik dalam usaha komunikasi pamasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT. Valagro dan untuk mengetahui hambatan-hambatan strategi komunikasi pemasaran PT.Valagro di Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2014 sampai Februari 2015 penelitian dilakukan di perusahaan PT. Valagro Indonesia Desa Bocek Karangploso Malang. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggunakan teknik kualitatif, dengan metode analisis data SWOT untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mengenai strategi komunikasi pemasaran melalui media-media yang digunakan PT. Valagro guna memperoleh jawaban atau informasi mendalam tentang berbagai gambaran dalam mengkomunikasikan produk yang telah ditawarkan. Dari penelitian yang dilaksanakan telah diperoleh suatu kesimpulan yaitu Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan PT. Valagro meliputi iklan, direct marketing, internet marketing, promosi dan penjualan yang telah direncanakan dengan baik. Tujuan dalam penjualan produk tersebut adalah untuk menentukan apakah produk tersebut dapat dipasarkan sesuai dengan yang diharapkan perusahaan dalam memasarkan produk. Hambatan dalam strategi komunikasi pemasaran adalah sering terjadinya kesalah pahaman kepada konsumen dikarenakan masih belum memahami tentang cara pengaplikasian produk yang ditawarkan.

Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, pemasaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.