GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

Eko Susilo

Abstract

Abstract: Leadership style is a guideline in determining the success of an organization, to improve public services, there must be a leader motivation to its employees in order to produce a good performance. The purpose of this study was to determine and describe the leadership style, employee motivation, the factors inhibiting and supporting applied to the Director of PLN Dinoyo.This research is qualitative. The research sample using purposive sampling, informants in this study is the Director of PLN Dinoyo, SPV techniques and SPV Administration PLN Dinoyo. Researchers used data collection techniques by interview, observation and documentation and using descriptive data analysis method, which describe the results data. Results of this research is the leadership style of the Director PLN Dinoyo is leadership style democracy. Motivation provision by the Director PLN Dinoyo in improving public services is the career path that will be obtained by employees, if it has a good performance in improving public services and a limiting factor in the application of leadership style in PLN Dinoyo is a lack of provision of information to employees about the issue of working equipment. Thus, a leader in providing good service to the public there should be awareness of each employee.
Keyword: Leasership, Motivation, Publick Service
Abstrak: Gaya kepemimpinan merupakan tolak ukur dalam menentukan keberhasilan sebuah organisasi, untuk meningkatkan pelayanan publik maka peru adanya motivasi yang diberikan pimpinan kepada pegawai agar mendukung terwujudnya kinerja yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan faktor-faktor penghambat serta pendukung yang diterapkan Direktur PLN Dinoyo. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Sampel penelitian mengunakan purposive sampling dengan informan yaitu Direktur PLN Dinoyo, SPV Adminitrasi dan SPV teknik PLN Dinoyo. Teknik pengumpulan data yang lakukan oleh peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan dengan metode deskriptif, dimana mendeskripsikan hasil data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Direktur PLN Dinoyo yaitu gaya kepemimpinan Demokrasi. Motivasi kerja yang diberikan Direktur PLN Dinoyo dalam meningkatkan pelayanan publik yaitu adanya jenjang karir yang akan diperoleh pegawai apabila mempunyai kinerja yang baik dalam meningkatkan pelayanan publik dan faktor penghambat dalam penerapan gaya kepemimpinan di PLN Dinoyo yaitu: kurang adanya pemberian informasi terlebih dahulu dari pegawai tentang masalah yang barkaitan dengan peralatan kerja. Dengan demikian dalam memberikan pelayanan yang baik bagi publik harus ada kesadaran masing-masing dari pegawai.
Kata kunci : Kepemimpinan, Motivasi, Pelayanan Publik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.