PENGARUH PROMOSI PENJUALAN PAKAIAN ONLINE SHOP ELEVENIA DI BBM GRUP TERHADAP MINAT BELI MAHASISWI

Anastasia Kara

Abstract

Abstract: Promotion aims to provide information and encourage consumers to buy the product. MasterCard survey results show in Indonesia as much as 15% of the population ever do online shopping. The purpose of this study was to determine the effect and the factors of sales promotion online clothing shop Elevenia in blackberry messenger (BBM) buying interest student group against WiraHusada Nusantara. Research was conducted is quantitative study. The research sample used random sampling with 50 respondents. Data collection techniques performed by researchers was the questionnaire. Data analysis method used was a simple regression using SPSS. The research proves that the promotion variables affect the variable interest to buy clothes in the online shop on the femile of Wira Husada Nusantara Malang with the variable value promotion at 9.817 and the value of the significance of test regression modest 0,000 with significance level 0,050 and factors that background student WHN purchases through the Online Shop which was the time factor and a flexible, customized price with quality product, easy transaction, choice of more goods and comfort in choosing the product. Thus the need considered in promoting the female of Wira Husada Nusantara Malang determine a strategy appropriate to the circumstances and in accordance with the promotion of ethical conduct and observe the atmosphere of the consumers.

Key words: Promotion, Online Shop Elevenia, Interests Buy, female of Wira Husada Nusantara

Abstrak: Promosi bertujuan memberi informasi dan mengajak konsumen untuk membeli produk. Hasil survei MasterCard menunjukan di Indonesia sebanyak 15% penduduk pernah melakukan belanja online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan faktor-faktor promosi penjualan pakaian onlineshop Elevenia di BBM grup terhadap minat beli mahasiswi Wira Husada Nusantara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian mengunakan random sampling dengan 50 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi sederhanamenggunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwavariabel promosi berpengaruh terhadap variabel minat beli pakaian di online shop pada mahasiswi Wira Husada Nusantara Malang dengan nilai variabel promosi sebesar 9,817 dan nilai signifikasi dari uji regeresi sederhana sebesar 0,000 dengan taraf signifikasi 0,050 dan faktor-faktor yang melatarbelakangi mahasiswi WHN melakukan pembelian melalui Online Shop yakni faktor waktu dan tempat yang fleksibel, harga disesuaikan dengan kualitas produk, mudah melakukan transaksi, pilihan jenis barang lebih banyak dan Kenyamanan dalam memilih produk. Dengan demikian yang perlu diperhatikan dalam melakukan promosi pada mahasiswi Wira Husada Nusantara Malang yakni menetukan strategi yang sesuai dengan keadaan dan melakukan promosi sesuai dengan etika serta memperhatikan suasana konsumen.

Kata kunci: Promosi, Online Shop Elevenia, Minat Beli, Mahasiswi Wira Husada Nusantara

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.