AKUNTABILITAS PEMBANGUNAN FISIK PEMERINTAH DESA DI DESA JUNREJO KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

Nanang Bagus S, Anderias Dedo Ngara

Abstract

Akuntabilitas dalam pemerintah desa, dapat melibatkan kemampuan pemerintah desa untuk mempertanggungjawabkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan yang masih ada kaitannya dengan masalah pembangunan pemerintahan desa. Jenis penelitian yang digunakan, jenis penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, pengambilan sampel secara purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan perencanaan dalam pembangunan desa di Desa Junrejo kurang efektif dimana dilakukan dengan melihat proses musrembang desa untuk membahas rencana kegiatan pembangunan desa serta bagaimana proses pengelolaan pembangunan desa, dimana dalam tahapan perencanaan ini di ukur dengan jumlah pihak yang berpartisipasi dalam proses musrembang desa. Faktor penghambat akuntabilitas pembangunan fisik desa di desa Junrejo adalah masalah kemampuan sumber daya manusia, yang mana sebagian besar aparatur desa masih berpendidikan SMA/sederajat sehingga akan mengalami kesulitan jika terjadi perubahan kebijakan, masalah berikutnya adalah keterbukaan informasi yang dirasakan masih cukup lambat serta kelembagaan dan partisipasi masyarakat yang belum dimaanfaatkan secara maksimal.

Full Text:

PDF

References

Andrianto, Nico. 2014. Good Goverment. Transparansi dan Akuntabilitas PublikMelalui e-Goverment. Bayu Media. Palangkaraya.

Arianto, Y. V., & Rohman, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) Dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(2).

Fajri, R., E. Setyowati, Siswiyanto. 2016. Akuntabilitas Pemerintah Desa Pada Pengelolaa Alokasi Dana Desa. Jurnal. Administrasi Publik (JAP) Vol. 3, No. 7: 1099-1104.

Istoqomah, Siti. 2015. Evektivitas Kinerja Badan Permusyawaratan Desa DalamMeningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal. Kebijakan dan Manajemen Publik. Vol. 3, No, 1: 1-18.

Komang, Arianti, P. 2014. Akuntabilitas Kualitas Audit Pemerintah Daerah. e-Journal Akuntansi Univeristas Pendidikan Ganesha. Vol 2, No 1 Tahun 2014.

Rahum, Abu. 2015. Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Dalam Pembangunan Fisik Desa Krayan Makmur Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. eJournal Ilmu Pemerintahan, 2015: 3 (4) 1623-1636 ISSN 00000000 ejournal.ip.fisip.unmul.ac.

Seraya, Yuddy. 2017. Akuntabilitas Pengawasa Keuangan Pemerintah Desa. e-Journal Pascasarjana Universitas Diponogoro Semarang. Vol 4 No 6 Tahun 2017.

Suherman, Toha. 2016. Pertanggung Jawaban Penyelenggaraan Pemerintahan. Penelitian Masalah Hukum. BP-HN. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.