STRATEGI BRANDING KOTA WISATA BATU (KWB) MELALUI MEDIA INTERNAL DAN EKSTERNAL HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) PEMERINTAH KOTA BATU

Melianus Deny Bau, Herru Prasetya Widodo

Abstract

Abstract: Batu City is one of the well known tourist cities in Indonesia. With so many tourist destinations that are so many and interesting that make Batu City want to introduce to the world about the uniqueness of its brand Batu Tourism City (KWB). The purpose of this study was to determine the use of internal and external media of the City Government Public Relations of Batu in maintaining the branding of Batu Tourism City (KWB). This research was conducted in Batu City Public Relations and the type of research used was descriptive qualitative. Sources of data in this study are primary data and secondary data. Data collection techniques used in this study were interviews, documentation, observation. Researchers analyze the data obtained in the field with three stages carried out for processing with data analysis in the form of data analysis, data presentation and drawing conclusions. Forms of Batu Tourism City branding strategy through media carried out by Batu City Government Public Relations by utilizing internal and external media in maintaining Batu City branding as Batu Tourism City, there are three points namely brand positioning where Batu City defines Agro Tourism excellence as a distinctive feature of Batu City, the Identy brand that conducted to convey brand intentions through promoting tourism, publicizing Kota Batu activities and providing online-based services, brand personality through conducting comparative studies and community participation in the form of word of mouth.

 

Keywords: Branding Strategy, Internal and External Media, Batu Tourism City.

 

Abstrak: Kota Batu merupakan salah satu kota wisata yang cukup dikenal di indonesia. Dengan banyaknya destinasi wisata yang begitu banyak dan menarik sehingga membuat Kota batu ingin memperkenalkan kepada dunia tentang keunikan yang ada dengan  brand-nya Kota Wisata Batu (KWB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media internal dan eksternal Humas Pemerintah Kota batu dan juga strategi branding Kota Wisata Batu (KWB). Penelitian ini dilakukan di Humas Pemerintah Kota Batu dan Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan juga data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi. Peneliti menganalisa data yang didapatkan dilapangan dengan tiga tahap yang dilakukan untuk diolah dengan analisis data berupa analisa data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Media Internal yang dimiliki Humas pemerintah Kota Batu seperti Majalah Panderma, Buletin Kaleodskop dan juga Televisi. Kemudia  Media eksternalnya berupa website, ATV dan juga media sosialnya. Bentuk Strategi branding Kota Wisata Batu melalui media yang dilakukan Humas Pemerintah Kota Batu dengan memanfaatkan media internal dan eksternal dalam menjaga branding Kota batu sebagai Kota Wisata Batu terdapat tiga poin yaitu brand positioning dimana Kota Batu medefinisikan keunggulan Agrowisata sebagai ciri khas Kota Batu, brand Identy yang dilakukan untuk menyampaikan maksud merek melalui mempromosikan wisata, mempublikasikan kegiatan Kota Batu dan memberkan pelayanan berbasis online, brand personality melalui mengadakan studi banding dan pertisipasi masyarakat berupa word of mouth.

 

Kata Kunci: Strategi branding, Media Internal dan Eksternal, Kota Wisata Batu.

Full Text:

PDF

References

Christin, Maylanny dan Fauzan, Siti Faridani. 2015. City Branding Kota Bandung melalui Bus Bandros. Jurnal Komunikator, Vol. 7 No. 2, hlm. 87-92.

Fajrini, Nurkhalila., Bakti, Iriana, & Novianti, Evi. 2018. City Branding Sawahlunto Kota Wisata Tambang Yang Berbudaya Melalui Event Sawahlunto International Songket Carnival (Sisca) 2016. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, Volume 2, No. 2, hlm. 169-185.

Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Jannah, Bidriatul., Arifin, Zainul., & Kusumawati, Andriani. 2014. Pengaruh City Branding dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 17 No. 1, hlm. 1-7.

Jefkins, Frank. 2004. Public relations, edisi kelima. Jakarta: Erlanggga.

Lestari, Retno Budi. 2016. Membangun Citra Sebuah Kota Dalam Persaingan Global Melalui City Branding. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan: Jurnal Ilmiah STIE MDP, Vol. 5 No. 2, hlm. 68-79.

Mursyid, Moh. 2016. Personal Branding pustakawan. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Oktaviani, Femi. 2018. Strategi Branding Public Relations “Jendela Alam” dalam Mengembangkan Produk Agrowisata. Jurnal MediaTor, Vol 11 (2), hlm. 203-213.

Qorib, Fathul. 2020. Pola Konsumsi Media pada Generasi Milenial Kota Malang. Jurnal Ultimacomm Vol 12 No 1 Hal 53-71.

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsep dan Aplikasinya (Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Widjaja, H. A. W. 2008. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuriah. 2007. Metode Penelitian Sosial & Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.