Penggunaan Komunikasi Media Sosial Twitter di Kalangan Remaja di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor

Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon

Abstract

The use of twitter among Cibinong teenagers has different motives from one another. The purpose of this study was to find out what teenagers around the Cibinong sub-district often accessed on twitter and how the impact they felt. The sample used is 10 teenagers who live in the area around Cibinong. This study uses a qualitative approach, namely by interviewing several teenagers. This study concludes that adolescents in Cibinong sub-district use Twitter as a source of up-to-date information that has a wide scope and can be accessed by anyone. Some teenagers also use this social media to communicate with fellow mutuals on their accounts. This causes social relationships with new people known in cyberspace. In addition, teenagers use twitter as a medium for learning English and some use twitter as a place to sell. However, on the other hand, twitter for teenagers has a bad impact, for example, teenagers must be able to fortify themselves not to access indecent content. Another bad impact, teenagers are difficult to manage time, they tend to spend time playing twitter or for them twitter can be addictive in its use.

Keywords: Motive, Teenagers, Twitter

Penggunaan twitter di kalangan remaja Cibinong memilki motif yang berbeda satu dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja yang sering diakses para remaja sekitar kecamatan Cibinong di twitter serta bagaimana dampak yang mereka rasakan. Sampel yang digunakan adalah 10 remaja yang tinggal di daerah sekitaran Cibinong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu melakukan wawancara beberapa orang remaja. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa remaja di kecamatan Cibinong menggunakan media sosial twitter sebagai sumber informasi ter up to date yang cakupannya luas dan dapat diakses siapa saja. Sebagian remaja juga menggunakan media sosial ini untuk berkomunikasi dengan sesama mutualan di akun mereka. Hal ini menyebabkan terjadinya hubungan sosial dengan orang yang baru dikenal dalam dunia maya. Selain itu remaja menggunakan twitter sebagai media belajar bahasa inggris serta ada juga yang menggunakan twitter sebagai tempat untuk berjualan. Namun, di sisi lain twitter bagi remaja memiliki dampak buruk, misalnya remaja harus mampu membentengi diri mereka untuk tidak mengakses konten-konten yang tidak senonoh. Dampak buruk lainnya, remaja sulit mengatur waktu, mereka cenderung menghabiskan waktu untuk bermain twitter atau bagi mereka twitter dampat membuat kecanduan dalam penggunaannya.

Kata kunci: Motif, Remaja, Twitter 

Keywords

adolescence social media, communication, twitter

Full Text:

PDF

References

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236.

Anggreini, N. M., Nasir, B. M. S., Noor, I. L. S. S. M., & Sos, S. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Twitter di Kalangan Pelajar SMK Negeri 5 Samarinda. eJournal Sosiatri-Sosiologi, 4(2), 239-251.

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat kecanduan media sosial pada remaja. Journal of Nursing Care, 3(1).

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena remaja menggunakan media sosial dalam membentuk identitas. Jurnal Channel, 3(2), 1-16.

Aziz, R. M., Sarwoprasodjo, S., & Wahyuni, E. S. (2020). Tingkat Literasi Media Remaja Desa dalam Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(6), 810-823.

EB, G. A., & SW, E. D. (2017). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Tingkat Kepekaan Sosial di Usia Remaja. Jurnal The Messenger, 9(1), 65-69.

Elwani, R. S., & Kurniawan, F. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Bagi Remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1), 64-80.

Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Dahesihsari, R. (2016). Pemakaian media sosial dan self concept pada remaja. Manasa-old, 5(1), 30-41.

Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Pengguna Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 171-178.

Hartanti, L. E. P. (2018). Komunikasi orang muda di sosial Media sebagai influencer. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 152-162.

Liani, D. N., & Rina, N. (2020). Motif Penggunaan Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Pengikut Akun Twitter@ EXOind). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(1), 59-67.

Maulina, G., & Darmawan, F. (2019). Peran Media Sosial Twitter dalam memenuhi Motif Mahasiswa. Prosiding Jurnalistik ISSN, 2460, 6529

Novianti, R., Santoso, Y. B., Mastiani, E., & Andini, D. W. (2018). MODEL KOMUNIKASI EFEKTIF ANTARA GURU DAN ORANG TUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBERIAN PROGRAM ADL (AKTIVITAS KESEHARIAN) DAN POLA ASUH DI SEKOLAH INKLUSIF KABUPATEN BANDUNG. INCLUSIVE: Journal of Special Education, 2(2).

Nurhadi, Z. F. (2017). Model komunikasi sosial remaja melalui media twitter. Jurnal Aspikom, 3(3), 539-549.

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2018). Kajian Tentang Efektivitas Pesan dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1), 90-95.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media komunikasi bagi remaja perempuan dalam pencarian informasi kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 15-22.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51-65.

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku pengguna dan informasi hoax di media sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 58-70.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. no. December.

Soliha, S. F. (2015). Tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1-10.

Sukrillah, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Pemanfaatan media sosial melalui whatsapp group FEI sebagai sarana komunikasi. Jurnal Komunikatio, 3(2).

Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19. Kalijaga Journal of Communication, 2(1), 14-34.

Tamaraya, A., & Ubaedullah, D. (2021). Dampak Penggunaan Twitter Terhadap Pengungkapan Diri Mahasiswa. INTERAKSI PERADABAN, 1(1).

Tambunan, N. (2018). Pengaruh komunikasi massa terhadap audiens. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 24-31.

Tegal, H. F. A. B. (2017). Perilaku penggunaan media sosial pada kalangan remaja. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 3(2).

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74.

Yunita, R. (2019). Aktivitas Pengungkapan Diri Remaja Putri Melalui Sosial Media Twitter. Jurnal Komunikasi, 10(1), 26-32.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.