PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM HUBUNGAN PERTEMANAN

Roro Irene Ayu Cahyaning Marchellia, Chontina Siahaan

Abstract

In the digital era, social media holds essential functions for humans' social life, especially their relation to friends on social media. This study aims to explain how social media can establish a human friendship. The qualitative method was used by existing sources such as previous journals related to the research themes, doing observations, and providing questions through interviews. The results of this research show that social media can help humans to establish a friendship with some people whom they already know. It also resulted in some users using social media to find a friend or make a relationship with someone new or someone they have never known before. In addition, many features presented on social media encourage the users to be able to have closer friendships, as well as help them to find new friends in their life.

Media sosial di era digital ini memegang fungsi penting dalam kehidupan bersosialisasi. Khususnya, bagaimana manusia berhubungan dengan teman-temannya dalam media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana suatu media sosial yang digunakan, mampu untuk menjalin suatu hubungan pertemanan manusia. Metode kualitatif digunakan dengan memakai sumber-sumber yang ada, seperti jurnal-jurnal terdahulu yang berkaitan dengan tema penelitian, melakukan pengamatan, serta memberikan pertanyaan yang penulis sajikan melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial mampu membantu manusia untuk bisa menjalin hubungan pertemanan dengan orang yang sudah mereka kenal. Beberapa pengguna menggunakan media sosial untuk menemukan atau menjalin pertemanan dengan seseorang yang baru atau seseorang yang tidak mereka tahu sebelumnya. Selain itu, banyaknya fitur yang disajikan dalam media sosial tersebut, mendorong pengguna untuk dapat membuat hubungan pertemanan mereka semakin erat dan membantu mereka yang akan mencari teman baru dalam kehidupan mereka.

Keywords

Digital Era, Friendship, Relationship, Social Media, Era Digital, Hubungan, Media Sosial, Pertemanan

Full Text:

PDF

References

Abadi, T. W., Sukmawan, F., & Utari, D. A. (2013). Media Sosial dan Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja di Sidoarjo. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 96-106.

Asmarani, Y. A., & Kusuma, R. S. (2019). Media Sosial Facebook sebagai Sarana Memelihara Pertemanan. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora, 1(2), 63-74.

Darmawan, C., Silvana, H., Zaenudin, H. N., & Effendi, R. (2017). Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja dalam Penggunaan Media Sosial di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 159-169.

Devi, S. S., & Siswati, S. (2018). HUBUNGAN ANTARA PENGUNGKAPAN DIRI MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SEMESTER EMPAT SMA NEGERI 1 SALATIGA. Jurnal EMPATI, 7(3), 58-62.

Doni, F. R. (2017). Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja. Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 15-23.

Juwita, E. P., Budimansyah, D., & Nurbayani, S. (2015). PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP GAYA HIDUP SISWA. Jurnal Sosietas, 5(1).

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 59-68.

Kosasih, I. (2016). Peran Media Sosial Facebook dan Twitter dalam Membangun Komunikasi. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 2(1), 29-42.

Lai, G., & Fung, K. Y. (2019). From Online Strangers to Offline Friends: A Qualitative Study of Video Game Players in Hong Kong. Media, Culture & Society, 42(4), 483-501.

Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (sebuah perspektif komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151-160.

Manampiring, R. A. (2015). Peranan Media Sosial Instagram dalam Interaksi Sosial Antar Siswa SMA Negeri I Manado (studi pada jurusan IPA angkatan 2012). Acta Diurna Komunikasi, 4(4).

Mansyur, U. (2016). BAHASA INDONESIA DALAM BELITAN MEDIA SOSIAL: DARI CABE-CEBEAN HINGGA TAFSIR AL-MAIDAH 51. Research Gate, 145-155.

Maulinda, R., & Suyatno, S. (2016). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial (Instagram). Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muharman, N., & Wahyuni, R. (2019). Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tantan Dalam Menjalin Relasi Pertemanan (Studi Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh). Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 2(2), 16-27.

Mulyono, F. (2021). Dampak Media Sosial bagi Remaja. Jurnal Simki Economic,, 4(1), 57-65.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sositeknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pertiwi, A. (2012, February 12). Jejaring Sosial Menggantikan Komunikasi Face to Face. Diambil kembali dari kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/arfikapertiwi/550de4c2a33311be2dba7e6a/jejaring-sosial-menggantikan-komunikasi-face-to-face

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51-65.

Purbohastuti, A. W. (2017). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Tirtayasa EKONOMIKA, 12(2), 212-231.

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 47-51.

RAMADHANI, C. M., & Kusumaningtyas, R. (2021). Pembentukan Pertemanan Online Remaja Akhir Dari Media Sosial Yang Berlanjut Ke Offline. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ruppel, E. K., Gross, C., Stoll, A., Peck, B. S., Allen, M., & Kim, S. Y. (2016). Reflecting on Connecting: Meta‐Analysis of Differences Between Computer‐Mediated and Face‐to‐Face Self‐Disclosure. Journal of Computer‐Mediated Communication, 22(1), 18-34.

Salsabila, S. M., & Maryatmi, A. S. (2019). HUBUNGAN KUALITAS PERTEMANAN DAN SELF DISCLOSURE DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA REMAJA PUTRI KELAS XII DI SMA NEGERI ‘X’KOTA BEKASI. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(3), 71-83.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). KOMUNIKASI DAN MEDIA SOSIAL. Research Gate. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/profile/Astari-Clara-Sari/publication/329998890_KOMUNIKASI_DAN_MEDIA_SOSIAL/links/5c2836d9458515a4c700b5b6/KOMUNIKASI-DAN-MEDIA-SOSIAL.pdf

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).

Soedarsono, D. K., & Wulan, R. R. (2017). Model Komunikasi Teman Sebaya Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja Global Melalui Media Internet. Jurnal ASPIKOM, Hal. 447-456.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sultan, I. S. (2020). Efektifitas Penggunaan Fitur Instagram Dalam Meningkatkan Pertemanan Remaja SMA Negeri 1 Maros di Era Digital. Avant Garde, 8(2), 178-190.

Trisnani, T. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 6(3), 1-12.

Watie, E. D. (2011). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(1), 69-74.

Watie, E. D. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74.

Widiantari, K. S., & Herdiyanto, Y. K. (2013). Perbedaan intensitas komunikasi melalui jejaring sosial antara tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 106-115.

Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi Interpersonal dan Iklim Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 115-126.

Zakirman, Z., & Rahayu, C. (2018). Popularitas WhatsApp Sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi Akademik Mahasiswa. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 27-38.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.