ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA DI DESA GADINGKULON, KECAMATAN DAU, KABUPATEN MALANG

Arman Baiku Maramba Milla, Agung Suprojo

Abstract

Abstract: People participation analysis in human resource development in Gadingkulon village is an important thing in order to improve human resource skills by involving people participation actively in each development process.The research use qualitative approach with data collection technique via interview, observation, and documentation, while informer in this research is village government and society by taking samples using snowball sampling. To test data validity, researcher uses technique triangulation. Data analysis is done by data reduction, data serve, and conclusion taking. Research result are: 1) people participation in human resource development in Gadingkulon village, whether in human resource development planning or human resource development application is huge, but in supervising level, it needs optimization; 2) method in improving people participation in developing human resource through education or health are: cooperating with outside party, whether government or private institution to facilitate people in giving training and education, also educated people participation to actualize each skill and knowledge possessed.

Keywords: Participation, Development, Human Resource

Abstrak: Analisis partisipasi masyarakat dalam Pembangunan sumber daya manusia di Desa Gadingkulon merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dijalankan guna meningkatkan kemampuan sumber daya manusia masyarakat Desa Gadingkulon dengan cara melibatkan partispasi masyarakat secara aktif dalam setiap proses pembangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Pemerintah Desa dan masyarakat dengan penarikan sampel secara Snowbal sampling. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Partisipasi masyarakat dalam pembangunan sumber daya manusia di Desa Gadingkulon, baik pada saat perencanaan pembangunan sumber daya manusia maupun pada pelaksanaan pembangunan sumber daya manusia sudah besar, namun pada tataran pengawasan perlu dioptimalkan. 2) metode dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam peningkatan kemampuan sumber daya manusia baik melalui pendidikan maupun melalui kesehatan yaitu: membuka peluang kerja sama dengan pihak luar, baik pemerintah maupun swasta untuk memfasilitasi masyarakat dalam memberikan pelatihan dan penyuluhan dan adanya peran serta dari masyarakat yang sudah berpendidikan untuk mengaktualisasikan setiap keahlian dan pengetahuan yang dimilikinya.

Kata Kunci: Partisipasi, Pembangunan, Sumber Daya Manusia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.