Efektivitas Pelayanan Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir

Siti Zubaidah

Abstract

Permenkes No. 75 of 2014 explains that the subsystem of health efforts makes Puskesmas as the vanguard of basic health care. Inithe conditionsiof theiCovid-19 pandemic,tthe program ofaactivities carried out by the Kubu Babussalam Health Center did not run well, inpatient and outpatient visits in the Covid-19 pandemic conditions were significantly reduced from the previous year. To carry out various services that have been determined, the Kubu Babussalam Health Center is expected to be as effective as possible in providing health services so that the community's desire to get good service is carried out. The purpose behind this research is to analyze the effectiveness of health services during the Covid-19 pandemic and the factor that affect the effectiveness of health services at the Kubu Babussalam Puskesmas. Thee theory used in this study is service effectiveness (Siagian in Nashar, 2020:10) namely timeliness, accuracy, and service delivery style. The research method is a qualitative methoddthrough interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that the effectiveness of health services at the Kubu Babussalam Health Center based on these indicators has been running well, but in its implementation it has not been effective because there are factors that affect health services, namely health resources, public awareness, facilities and infrastructure.

Keywords: Effectiveness; Health services

Abstrack: Permenkes No. 75 Tahun 2014 menjelaskan bahwa subsistem upaya kesehatan menjadikan Puskesmas sebagai garda depan penyelenggaraan kesehatan dasar. Dalam kondisi pandemi Covid-19, program kegiatan yang telah dilakukan oleh Puskesmas Kubu Babussalam tidak berjalan dengan baik, kunjungan rawat inap dan rawat jalan dalam kondisi pandemi Covid-19 berkurang cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Untuk melakukan berbagai pelayanan yang telah ditetapkan, maka Puskesmas Kubu Babussalam diharuskan bisa seefektif mungkin dalam memberikan pelayanan kesehatan sehingga keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang baik terlaksanakan. Tujuan di balik penelitian ini adalah untuk menganalisa efektivitas pelayanan kesehatan pada masa pandemi Covid-19 dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kubu Babussalam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah efektivitas pelayanan (Siagian dalam Nashar, 2020:10) yakni ketepatan waktu, kecermatan, dan gaya pemberian pelayanan. Metode penelitian yaitu metode kualitatif melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kubu Babussalam berdasarkan indikator tersebut telah berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya belum efektif karena ada faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan kesehatan yaitu sumber daya kesehatan, kesadaran masyarakat, sarana dan prasarana.

Kata kunci: Efektivitas; Pelayanan Kesehatan

Keywords

Effectiveness; Health services

Full Text:

PDF

References

Anggraeni, Ratih. 2019. Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas. 1st ed. edited by Titis Yulianti. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Arifin, Syamsul, Fauzie Rahman, Anggun Wulandari, and Vina Yulia Anhar. 2016. “BUKU AJAR Dasar-Dasar Manajemen Kesehatan.” Pustaka Banua (June).

Budhi Prakoso, Sigit. 2017. “Efektivitas Pelayanan Kesehatan Bpjs Di Puskesmas Kecamatan Batang.” Economics Development Analysis Journal 4(1):73–81.

Creswell, J. W. 2016. Researh Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dwiyanto, Agus. 2018. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Madha University Press.

Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Pertama. edited by Turi. Yogyakarta: Gava Media.Hariadi, Selamet. 2019. “Efektivitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Teluk Bayur Kabupaten Berau Kalimantan Timur”. Universitas Terbuka

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. kedua. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Khilya Isna Shofia, Aina, Muchsin Slamet, and Suyeno. 2020. “Efektivitas Pelayanan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Pada Puskesmas Tanjunganom Kabupaten Ngajuk).” Jurnal Respon Publik 14(2):24–34.

Nashar. 2020. “Kualitas Pelayanan Akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat - Google Books.” Duta Media Publishing 8. Retrieved (https://books.google.co.id/books?id=UVQlEAAAQBAJ&pg=PA8&dq=Efektivitas+menunjukkan+keberhasilan+dari+segi+tercapai+tidaknya+sasaran+yang+ditetapkan.&hl=ban&sa=X&ved=2ahUKEwjg2ZnwrrvzAhXXT30KHU2UAZsQ6AF6BAgIEAI#v=onepage&q&f=false).

Ristyawati, Aprista. 2020. “Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 Oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945.” Administrative Law and Governance Journal 3(2):240–49. doi: 10.14710/alj.v3i2.240-249.

Riswandi, Agus, Wina Erwina, and Yulianti. 2018. Bibliografi Pelayanan Kesehatan Primer. edited by R. Kustiani. Bandung: PT Lontar Digital Asia.

Sari, Nur Habiba Febriantika, Slamet Muchsin, and Sunariyanto. 2019. “Efektivitas Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Di Puskesmas (Studi Kasus Di Puskesmas Dinoyo Kota Malang).” Respon Publik 13(3):113–21.

Zahwa, Aina. 2017. “Efektivitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas ) Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal.”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.