Strategi Komunikasi Krisis Sebagai Bentuk Penguatan Hubungan Mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Rosalia Nurdiarti, Kristina Andryani

Abstract

The role of public relations of universities is required to be able to foster synergistic communication between educational institutions and the community. One of the dynamics experienced when students as stakeholders experience dissatisfaction over the policies delivered by the University so as to cause potential conflict even extending to the crisis. The case to be raised in this study is a demonstration conducted by students of Universitas Gadjah Mada Yogyakarta because of the single tuition fee that rose. The purpose of this research is to understand and map the crisis communication strategy carried out by UGM in order to strengthen relations with students. The method used is with a qualitative approach, by observing information systems and public aspirations on ugm website, and collecting data through semistructured interviews in the public relations and protocol sections. This research concept uses situational theory of the public that explains the perceptions, attitudes and behaviors of public communication. The result of this study is, student behavior tends to be actively involved in seeking information related to tuition increases. Second, students' perception of the situation is realizing that something is wrong in the policy, they have involvement in the issue of tuition increases and the form of their attitude to protests. Third, UGM as an institution opened access for students to express their aspirations and disappointments through demonstrations.

Keywords : Demonstration; higher education public relations; Student; Crisis management; Single tuition

Peran Humas perguruan tinggi dituntut mampu menumbuhkan komunikasi yang sinergis antara lembaga pendidikan dan masyarakat. Salah satu dinamika yang dialami ketika mahasiswa sebagai stakeholder mengalami rasa tidak puas atas kebijakan yang disampaikan Univeritas sehingga menimbulkan potensi konflik bahkan meluas hingga krisis. Kasus yang hendak diangkat dalam penelitian ini adalah demonstrasi yang dilakukan mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta karena Uang Kuliah Tunggal yang naik. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami dan memetakan strategi komunikasi krisis yang dilakukan oleh UGM dalam rangka untuk menguatkan kembali relasi dengan para mahasiswa. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif, dengan melakukan observasi pada sistem informasi dan aspirasi publik di website UGM, serta mengumpulkan data-data melalui wawancara semiterstruktur pada bagian Humas dan protokol. Secara konsep penelitian ini menggunakan teori situational of the public yang menjelaskan terkait persepsi, sikap dan perilaku komunikasi publik. Hasil dari penelitian ini adalah, perilaku mahasiswa cenderung terlibat aktif mencari informasi terkait kenaikan uang kuliah. Kedua, persepsi mahasiswa terhadap situasi tersebut yaitu menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dalam kebijakan, mereka memiliki keterlibatan dalam isu kenaikan uang kuliah dan bentuk sikap mereka melakukan aksi demontrasi. Ketiga, UGM sebagai institusi membuka akses pada mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi dan kekecewaan mereka melalui aksi demo.

Kata kunci : Demonstrasi; Humas pendidikan tinggi; Mahasiswa; Manajemen krisis; Uang kuliah tunggal

Keywords

higher education public relations, crisis management, students, demonstrations, single tuition

Full Text:

PDF

References

Flick, U. (2017). Desain dan Proses dalam Penelitian Kualitatif. In Flick, Steinke & Kardoff (Ed), Buku Induk Penelitian Kualitatif : Paradigma, Teori, Metode, Prosedur dan Praktik (terj.). Yogyakarta: Penerbit Cantrik Pustaka

Gasssing, S. & Suryanto. (2016). Public Relations. Yogyakarta. CV Andi Offset

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi, Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, R. (2012). Public Relations & Crisis Managementl : Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Moleong, L. (2005), Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mr. Satria Ardhi Nugraha, S.S.,M.A as a Kepala Sub Bagian Pemberitaan UGM, March, 2, 2018. 2 pm. At Humas dan Protokol Office, UGM, Yogyakarta.

Ms. Iva Ariani, S.S., M.Hum as a Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, February, 20, 2018. 3.30 pm. At Humas dan Protokol Office, UGM, Yogyakarta

Prastya, M.N. (April 2018). Analisis Aktivitas Hubungan Media dalam Manajemen Krisis di Perguruan Tinggi. Profetik Jurnal Komunikasi, 11(1), 1-14

Prastya, M.N. (April 2018). Arti Penting Sense of Crisis Bagi Humas dan Pimpinan Perguruan Tinggi. Jurnal Komunikasi, 12(2), 114-126

Sarwanto, A. (2016). Rayakan Hardiknas, Ribuan Mahasiswa UGM “Kuasai” Rektorat.

Media : www.cnnindonesia.com, tanggal Publikasi 2 Mei 2016. URL : http://www.cnnindonesia.com/nasional/20160502123621-20-128062/rayakan-hardiknas-ribuan-mahasiswa-ugm-kuasai-rektorat/ akses 10 November 2018

Setyanto, Y dan Anggarina, T.P (2015). Humas Pada Perguruan Tinggi (Hubungan dengan Media pada Institusi Pendidikan https://www.researchgate.net/publication/303454770_Humas_pada_Perguruan_Tinggi_Hubungan_dengan_Media_pada_Institusi_Pendidikan diakses 1 Desember 2018

Soemirat, S & Ardianto, E. (2015). Dasar – Dasar Public Relations. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

UGM official Sistem Informasi dan Aspirasi Publik, https://aspirasi.ugm.ac.id/ diakses 1 Desember 2018

UGM Official web, https://www.ugm.ac.id/ diakses 1 Desember 2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.