MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS FAVEHOTEL MALANG UNTUK MENINGKATKAN CITRA PUBLIK MELALUI MEDIA MASSA

Monica Novaranty, Fathul Qorib

Abstract

Fave Hotel Tlogomas, Malang is a company engaged in the service sector that has good facilities and capabilities in providing services to its customers. The purpose of this study is to understand PR activities at Favehotel Malang. This study uses qualitative research methods with data collection methods through in-depth interviews with Human Resource Development sources at Favehotel Tlogomas, Rivi Maria Alfons, Sales & Marketing Manager, Hendry Seli, and Sales Executive Uswatun Khasanah. The results showed that the PR strategy used by Favehotel was to increase Favehotel's marketing with joint events and become a sponsor in a media activity in the form of barter vouchers in the form of room vouchers or food and drink vouchers at Lime Resto. By carrying out activities that involve establishing relationships with the mass media, namely, media relations, media visits, and media gatherings. The evaluation stage is done by reading and seeing how much influence the news displayed in the mass media has. After the evaluation is done, Favehotel will also store the news in the form of hotel archives, including: media monitoring, file distribution, magazines, newspapers and web coverage

Fave Hotel Tlogomas, Malang adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang memiliki fasilitas-fasilitas dan kemampuan yang baik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggannya. Tujuan penelitian ini untuk memahami aktivitas PR yang ada di Favehotel Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan narasumber Human Resource Development Favehotel Tlogomas, Rivi Maria Alfons, Sales & Marketing Manager, Hendry Seli, dan Sales Executive Uswatun Khasanah. Hasil penelitian menunjukkan, strategi PR yang digunakan Favehotel adalah meningkatkan pemasaran Favehotel dengan joint event dan menjadi sponsor dalam sebuah kegiatan media dalam bentuk barter voucher berupa voucher kamar atau voucher makan dan minum di Lime Resto. Dengan menjalankan kegiatan yang terlibat menjalin hubungan dengan media massa yaitu, media relations, media visit, dan media gathering. Tahap evaluasi dilakukan dengan membaca dan melihat seberapa besar pengaruh berita yang ditampilkan di media massa. Setelah evaluasi dilakukan, Favehotel juga akan menyimpan pemberitaan tersebut dalam bentuk arsip hotel, meliputi: media monitoring, distribusi file, majalah, surat kabar dan coverage web.

Keywords

Favehotel, Public relations, Media relations, Favehotel, Public relations, Relasi media

Full Text:

PDF

References

Adn, Gie. 2019. Walikota Resmikan Favehotel Tlogomas. https://pemerintahan. memontum.com/17441-walikota-resmikan-favehotel-tlogomas.Diakses pada 08 Februari 2020

Ardianto, Elvinaro. 2011. Public Relations. Bandung : Widya Padjadjaran. Hlm 8

Arifian, Fery. 2019. Resmi Diluncurkan Favehotel Tlogomas Siap Menyambut Para Wisatawan.https://dailyhotels.id/2019/03/resmi-diluncurkan-favehotel-tlogomas-malang-siap-menyambut-para-wisatawan/.

Biagi, Shirley. 2010. Media / Impact Pengantar Media Massa: Media / Impact An Introduction to Mass Media. Jakarta : Salemba Humanika. Hlm 10

Datuela, Agnes (2013). Strategi Public Relations PT.Telkomsel Branch Manado Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Journal “Acta Diurna”.

favehotels.com.2019.“Kampanye Eco Green”. https://www.favehotels.com/id/ hotel/detailnews/145/266/eco-green-campaign. Diakses 09 februari 2020

Gassing, Syariffudin S. & Suryanto. 2016. Public Relation. Yogyakarta : CV. ANDI OOFSET

Ide. 2019. Favehotel Hadirkan Angkringan Fun, Fresh and Friendly. http://tabloidjawatimur.com/favehotel-hadirkan-angkringan-fun-fresh-friendly/. Diakses 09 Februari 2020

Iriantara, Yosal. 2007. Community Relations, Konsep dan Aplikasinya . Bandung : Simbiosa Rekatama Media. Hlm 8

Lupiyoadi & Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Jakarta : Salemba Empat. Hlm 192

Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations : Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra dan Reputasi Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Rumanti, Maria Assumpta. 2002. Dasar - Dasar Public Relations. Jakarta : Grasindo. Hlm 39-42

Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Hlm 15-16

Ruslan, Rosady. 2006. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hlm 13

Vivian John. 2008. Teori Komunikasi edisi kedelapan. Jakarta: Prenanda Media Grup

Refbacks

  • There are currently no refbacks.