ANALISIS PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA BATU DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT (STUDI PADA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2019 DI KPU KOTA BATU)

Willy Tri Hardianto, Aditya Peten Sili, Firman Firdausi

Abstract

Indonesia is a country that uses a democratic system, since using the Pancasila democracy system in this reform era, one of the most prominent changes is a more democratic general election. The purpose of the study was to determine the role of the KPU in Batu City in Increasing Political Participation in the Community and the factors that could influence this participation. The research method was carried out with qualitative methods. The research findings show the role of the Batu City KPU in Improving Community Political Participation in the 2019 Presidential Election is to conduct socialization about elections, establish election smart houses, collaborate with the government through Kesbangpol, and collaborate with several community organizations in order to socialize simultaneous elections so that they run well. in accordance with applicable laws and achieve nationally determined goals. The supporting factor for the role of the Batu City Election Commission in Increasing Community Political Participation in the 2019 Presidential Election is the collaboration between Batu City Election Commission and the City Government through the Kesbangpol in socializing the general election to make the 2019 general election in Batu City successful, and assistance from the Batu City community, such as community communities, community organizations. The inhibiting factors for the role of the Batu City KPU in Improving Community Political Participation in the 2019 Presidential Election are the lack of budget, lack of human resources, delays in regulations given by the Central KPU.

Keywords: KPU, General Elections, Society.

Indonesia adalah negara yang mengunakan sistem demokrasi, sejak menggunakan sistem demokrasi pancasila di era reformasi ini salah satu perubahan yang paling menonjol adalah pemilihan umum yan lebih demomokratis. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran KPU Kota Batu dalam Meningkatkan Partisipasi Politik di Masyarakat dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi partisipasi ini. Metode penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Hasil temuan penelitian menunjukan Peran Kpu Kota Batu Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pilpres 2019 adalah dengan melakukan sosialisai tentang pemilu, mendirikan rumah pintar pemilu, menjalin kerjasama dengan pemerintah melalui kesbangpol, dan menjalin kerjasama dengan beberapa organisasi masyarakat agar mensosialisasikan pemilu serentak agar berjalan dengan baik sesuai dengan aturan Undang-Undang yang berlaku dan mencapai tujuan yang sudah ditentukan secara nasional. Faktor pendukung Peran Kpu Kota Batu Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pilpres 2019 adalah Kerjasama antara Kpu Kota Batu dengan Pemerintah Kota melalui Kesbangpol dalam mensosialisasikan pemiluh untuk mensukseskan pemiluh 2019 di Kota Batu, dan bantuan dari masyarakat Kota Batu, seperti komunitas masyarakat, organisasi masyarakat. Faktor penghambat Peran Kpu Kota Batu Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pilpres 2019 adalah Kurangnya anggaran, kurangnya Sumber Daya Manusia, terlambatnya regulasi yang diberikan oleh KPU Pusat.

Kata Kunci: KPU, Partisipasi Politik, Masyarakat.

Keywords

KPU, General Elections, Society

Full Text:

PDF

References

Agustino Leo, 2009. Pilkada Dan Dinamika Politik Lokal. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Almond, 1956. Studi Perbandingan sistem politik. Yogyakarta, University Gajamada Pres.

Amir Hamzah, 2020. Penelitian Kepustakaan. Malang, Literasi Nusantara Abadi

Giddens, 2010. Dasar – Dasar Pembentukan Struktur Sosial Masyarakat. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Huntington & Nelson, 1990. Partisipasi Politik Negara. Jakarta, Rinekacita

Manik, Husni K, 2015. Pedoman Pendidikan Pemilih. Jakarta: KPU RI.

Milbrath, Lester. 1965. Partisipasi Politik, Chicago: Rand McNally company

Miriam Budiharjo, 2008. Daras-Dasar Ilmu Politik Partisipasi Politik Merupakan Kegiatan Seseorang Dalam Partai Politik, Jakarta PT.Gramedia Pustaka Utama

Miriam Budiharjo, 2010. Dasar-Dasar Ilmu Politik, Jakarta PT.Gramedia Pustaka Utama.

Mohtar Masoed dan Collin Andrews, 2008. Perbandingan Sistem Politik. Yogyakarta University Gajamada Press

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, Tentang Penyelenggaraan (Pemilihan Umum Menyebutkan Bahwa Untuk Meningkatkan Kualitas Pemilihan Umum Yang Dapat Menjamin Pelaksanaan Hak Politik Masyarakat)

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, Tentang Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah Di Pilih Dalam Satu Pasangan Calon Yang Dilaksanakan Secara Demokratis Berdasarkan Asas Langsung, Umum,Bebas, Rahasia, Dan Adil.

Perturan Komisi Pemilihan Umum No. 8 Tahun 2017, Peraturan Komisi Pemilihan Umum tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Bahari Samsul, 2013. Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Riau Putaran Ke Dua di Kota Pekan Baru. Universitas Riau.

Tahir, Diki Kurniawan, 2017. Strategi Komunikasi KPU dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilu Bupati Konawe Selatan tahun 2015, Sulawesi Selatan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.