ANALISIS PENERAPAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) PRESPEKTIF GOOD GOVERNANCE DI LINGKUNGAN MADRASAH

Siti Erfina Septiawati, Tri Prasetijowati, Fierda Nurany

Abstract

The Smart Indonesia Program is a program created by the government by providing cash assistance to students who come from underprivileged families. This writing uses the literature review method. The results of the analysis of the implementation of the PIP program with a good governance perspective in Madrasahs are considered to have met the requirements and are considered effective in accordance with the guidelines or technical guidelines in the perspective of good governance according to UNDP namely participation, legal certainty, transparency, responsibility, agreement-oriented, fairness, effectiveness and efficiency, accountability, strategic vision. The recipients of the PIP program are right on target, namely students who come from underprivileged families. The use of funds from the PIP program disbursed through the Indonesia Smart Card (KIP) from the government is in accordance with technical guidelines, the funds are used for the needs of students while studying at Madrasah.

Program Indonesia Pintar merupakan program yang dibuat oleh pemerintah dengan memberikan bantuan berupa uang tunai kepada peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu. Penulisan ini menggunakan metode kajian pustaka. Hasil analisis penerapan program PIP dengan perspektif Good governnace di Madrasah dinilai sudah memenuhi syarat serta dinilai sudah efektif sesuai dengan buku pedoman atau juknis dalam prespektif good governance menurut UNDP yakni Partisipasi, Kepastian hukum, transparansi, tanggung jawab, berorientasi pada kesepakatan, keadilan, efektifitas dan efisiensi, akuntabilitas, visi strategik. Penerima program PIP sudah tepat sasaran yakni peserta didik yang berasal dari keluarga tidak mampu. Penggunaan dana dari program PIP yang dicairkan melalui kartu Indonesia Pintar (KIP) dari pemerintah sudah sesuai dengan ketentuan juknis, dana tersebut digunakan untuk keperluan peserta didik selama menempuh pendidikan di Madrasah.

Keywords

Good Governance; Madrasah; Smart Indonesia Program; Program Indonesia Pintar

Full Text:

PDF

References

Ahmad. (2013). Kinerja Program Indonesia Pintar Melalui Kartu Indonesia Pintar (Survei Pada 6 Provinsi di Indonesia). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Aminah, S. (2016). Angka Partisipasi Sekolah (APS) pada Masyarakat Pesisir dan Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang Tahun 2015. Jurnal Geografi Media Infromasi Pengembangan Ilmu dan Profesi Kegeografian, 44-100.

Dasar, D. I. S. (2019). JESS (Journal of Education on Social Science), trYas, 2019. 3(2), 201– 212.

Fadzlun, L. , Ni’mah, Z. , Lestari, L.A. , Huriyah, L. and Rahman, A. 2021. Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) di Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam. 5, 1 (Mar. 2021), 79-92.

Fiqih, M., Dayat, U., & Febriantin, K. (2021). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) pada Jenjang Sekolah Dasar. Kinerja, 18(4), 539–546. Retrieved from http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

Kemendikbud. (2018). Kajian Program Indonesia Pintar (PIP): Strategi Penjangkauan Anak Tidak Sekolah (ATS) untuk Mengikuti Pendidikan melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan

Maya, sri ismayanti, Yus, D., Syaefudin, & Didik, K. (2019). Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP). Jurnal Cendikiawan Ilmiah PLS, 4(1), 38–45.

Mirzaqon, A. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, (1), 1–8.

Ngiode, S., & Erwinsyah, A. (2020). Keefektifan Program Indonesia Pintar Di Madrasah Kabupaten Gorontalo. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 48–58. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.987

Retnaningsih, H. (2017). Program Indonesia Pintar: Implementasi Kebijakan Jaminan Sosial Bidang Pendidikan (Studi di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan). Jurnal Aspirasi, 8(2), 161–177.

Rijal, M. K., Fathurrahman, F., & Pranajaya, S. A. (2018). Evaluasi Program Indonesia Pintar Di Madrasah Kota Balikpapan. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 15–33. https://doi.org/10.21093/twt.v5i3.2120

Sari, M., Musdalifah, S., & Asfar, E. A. (2021). Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan di MTsN 1 Watampone. Jurnal Mappesona, 3(1), 43–53. Retrieved from https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/1772

Sedarmayanti, M.Pd,. APU. 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Penerbit Mandar Maju.

Shepardson, D. (2001). Editors. 38(1), 1–2.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung: ALFABETA.

Sumarno, S. (2020). Angka Partisipasi Sekolah Kasar Sma Rendah Dampak Dari Tingkat Kemiskinan Dan Upaya Mengatasinya Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 21(1), 28. https://doi.org/10.26623/jdsb.v21i1.1501

Suryadarma, D., & Suryahadi, A. (2011). The Contrasting Role of Ability and Poverty on Education Attainment: Evidence from Indonesia. SSRN Electronic Journal, November. https://doi.org/10.2139/ssrn.1458065

Widyananda, F. (n.d.). Model Analisis Kinerja Karyawan Dan.

Yusup, W. B., Ismanto, B., & Wasitohadi, W. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam Peningkatan Akses Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p44-53

Zamjani, I. (2019). Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Bagi Penerima Kartu Indonesia Pintar Reguler: Studi Di Empat Daerah Kunjungan Kerja Presiden Tahun 2017. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2), 64–82. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i2.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.