STRATEGI PEMASARAN PERSONAL SELLING DAN WORD OF MOUTH TOKO KUE TRADISIONAL SIMPANG TIGA EMPANG BOGOR

Mariana Rista Ananda Siregar, Mojang Ayu Asmara, Vika Awallya, Amanda Maulidha Virsya

Abstract

The analysis of this research is the marketing strategy of the Simpang Tiga Empang Bogor Cake Shop in the digital era. This study used a qualitative research method with a descriptive approach, describing the situation thoroughly and in depth. Sources of data obtained using primary data sources. Obtained direcly from the owner of the Simpang Tiga Empang Cake Shop. The purpose of this research is to find out the marketing strategy carried out by the Simpang Tiga Empang Cake Shop in marketing its products amidst culinary business competition in the digital era. The marketing strategy carried out by the Simpang Tiga Empang Cake Shop is to focus on improving product quality, maintaining the traditional taste of products, setting prices that are affordable for all people, improving service quality, and complete product types. From the strategy carried out by the Simpang Tiga Empang Cake Shop, WOM was born. Word of Mouth is the dissemination of information from one individual to another through oral communication. Simpang Tiga Empang Cake Shop also carries out executive selling, namely personal selling activities carried out direcly by the company’s leadership.

Analisis penelitian ini adalah strategi pemasaran Toko Kue Simpang Tiga Empang Bogor di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggambarkan keadaan secara menyeluruh dan mendalam. Sumber data diperoleh dengan menggunakan sumber data primer. Didapatkan langsung dari pemilik Toko Kue Simpang Tiga Empang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Toko Kue Simpang Tiga Empang dalam memasarkan produknya di tengah persaingan bisnis kuliner di era digital. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Kue Simpang Tiga Empang adalah fokus pada peningkatan kualitas produk, menjaga cita rasa tradisional produk, menetapkan harga yang terjangkau untuk semua kalangan, meningkatkan kualitas pelayanan, dan melengkapi jenis produk. Dari strategi yang dilakukan Toko Kue Simpang Tiga Empang, lahirlah WOM. Word of Mouth adalah penyebaran informasi dari satu orang ke orang lain melalui komunikasi lisan. Toko Kue Simpang Tiga Empang juga melakukan executive selling yaitu kegiatan personal selling yang dilakukan langsung oleh pimpinan perusahaan.

Keywords

Strategi Pemasaran, Makanan Tradisional

Full Text:

PDF

References

Alvionita, V. (2017). Pengaruh Word Of Mouth, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Chatime (Vol. 06, Issue 3)

Bogdan, R. C., Biklen, & Sari Knopp. (2007). Qualitative research for education an

introduction to theory and methods (Edisi ke 5). Pearson Education.

Burhanuddin, N. H. (2018). Strategi Pemasaran Makanan Khas Tradisional Di Kecamatan

Wotu. In DINAMIS-Journal of Islamic Management and Business (Vol. 1, Issue 2).

Donni Juni Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia

Hakkul Yakin, S. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional (Studi Kasus Industri Rengginang Di Kecamatan Sakra Pusat) (Vol. 1, Issue 1).

Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut : Word of Mouth Marketing (Cet. 1). Media Pressindo.

Nissa, Q., Ratnasari (2022). Personal Selling dalam Memasarkan Jasa Angkutan. (Vol 2, Issue 2)

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. (Edisi ke 13). Erlangga.

Kotler, Philip. dan Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1). Erlangga.

Kotler Philip dkk, (2012), Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.

Kurtz, D. L. (2008). Principles of Contemporary Marketing. Educational Publishing.

Nugraha, D., & Putra, E. (2015). The Influence Of Word Of Mouth On Buying Decision In Cafe Roti Gempol Dan Kopi Anjis.

Putri, N. A., Permana, E., & Subhan, M. N. (2021). Strategi Pemasaran makanan tradisional Tiwul sebagai Destinasi wisata kuliner di Gunung Kidul Jogja. In Jurnal Pemasaran Kompetitif (Vol. 04, Issue 3).

Riadi, M. (2017, November 29). Pengertian, Manfaat dan Elemen Word of Mouth (WOM). Retrieved from kajianpustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2017/11/pengertianmanfaat-dan-elemen-word-of-mouth-wow.html

Simanihuruk, M., Tinggi, S., & Bogor, P. (2018). Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Potensi Makanan Tradisional Di Desa Sakerta Timur, Cirebon. In Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata (Vol. 5, Issue 1).

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tani’i, Herru, Y., & Widodo, P. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan

Jumlah Pembeli Kain Tenun Ikat Biboki. (Vol. 05 Issue 3)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.