ANALISIS PENGARUH BRAND AMBASSADOR BLACKPINK TERHADAP MINAT BELI PRODUK OREO

Lola Malihah, Gusti Tasya Meilania

Abstract

Each company carries out various strategies to market its products, including companies that produce food and beverages. One of the trending food products is wafers of various types. In order to attract consumers, the company uses the services of a brand ambassador who plays a role in helping the smooth marketing activities of the products offered.  Promotion using brand ambassadors is considered to be able to attract the attention of consumers. This study aims to determine the influence of Blackpink brand ambassadors on the interest in buying Oreo products. There are two variables in this study, namely the Brand Ambassador variable (X) and the Product Buying Interest variable (Y). This study used a quantitative approach by involving 36 respondents, namely santriwati Pondok Pesantren Salafiyah Darussalam Martapura as samples collected using purposive sampling techniques, where the criteria were students who had purchased Oreo Balckpink products. The analysis methods used are validity, reliability, classical assumption tests and simple linear regression analysis. In this study, the results were obtained that the Black Pink brand ambassador had a significant and positive influence on the interest in buying Oreo products. With the value R = 0.914., so it can be said that the relationship of independent and dependent variables in this study is very strong. This shows that the ambassador brand has a big role in increasing buying interest so that sales volume will also increase.

Setiap perusahaan melakukan berbagai strategi untuk memasarkan produk-produknya, termasuk perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman. Salah satu produk makanan yang menjadi tren yaitu wafer dengan berbagai jenis. Agar menarik minat konsumen perusahaan menggunakan jasa brand ambassador yang berperan dalam membantu kelancaran aktivitas pemasaran produk yang ditawarkan.  Promosi dengan menggunakan brand ambassador dianggap mampu menarik perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador Blackpink terhadap minat beli produk Oreo. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel Brand Ambassador (X) dan variabel Minat Beli Produk (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 36 responden yaitu santriwati Pondok Pesantren Salafiyah Darussalam Martapura sebagai sampel yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling, dimana yang menjadi kriteria adalah santriwati yang telah membeli produk Oreo Balckpink.. Metode analisis yang digunakan berupa uji validitias, reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear sederhana. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa brand ambassador Black Pink memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat beli produk Oreo. Dengan nilai R = 0,914., sehingga dapat dikatakan bahwa hubungan variabel independen dan dependen dalam penelitian ini sangat kuat. Hal ini menunjukkan bahwa brand ambassador memilki peran besar dalam meningkatkan minat beli sehingga volume penjualan juga akan meningkat. 

Keywords

: Brand Ambassasdor ; Buying Interest ; Oreo

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Bambang, Pontjo; Ramadhani, Y. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Komunikasi Marketing pada Brand Image serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Sarung di Surabaya. JMK : Jurnal Manajemen Keuangan Universitas Samudra, 10(1), 72–96.

Budiman, Vionita; Loisa, Riris; Pandrianto, N. (2018). Peran Brand Ambassador Pada Iklan Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasusu Iklan Youtube LG G7 Thinq BTS). PROLOGIA, 2(2), 546–553.

Febriana, M. (2023). Oreo x Blackpink Hadirkan Biskuit Limited Edition dengan Lebih banyak Varian. Kumparan.Com. https://m.kumparan.com

Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communication. Wiley.

Hendayana, Yayan; Afifah, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Tokopedia. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).

Herawan, Muhammad Nuch Ghiffary ; Savitri, Citra; Faddila, S. P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink dan Brand Image Terhadap Minat Beli di Aplikasi Shopee pada Mahasiswa manajemen angkatan 2018 Universitas Buana Pejuangan Karawang. Buana Ilmu, 7(1), 18–32.

Iswanto, A. F. S. (2021). Pengaruh Perbedaan Karakter Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ruangguru. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Negeri Surabaya, 9(1).

Kotler, Philip; Amstrong, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Mangkunegara, A. P. (2019). Perilaku Konsumen (A. Gunarsa (ed.); 6th ed.). Refika Aditama.

Masyita, Dina Arti; Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh Brand ambassador Dian Sastrowardoyo terhadap brand image produk makeup L’oreal Paris (studi pada konsumen L’oreal Kota Bandung). JRAMB : Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana DIY, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.26486/jramb.v3i1.408

Maulida, Zenitha; Indah, D. R. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen dan Niat Membeli Ulang Vitamin Merek Holisticare Ester C Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Universitas Samudra, 9(3).

Nainggolan, Notra pitri; Sitinjak, H. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam membeli rumah di kota Batam. Journal of Accounting & Management Innovation, 2(2), 139–155.

Nurazhari, Luthfiah; Putri, Y. R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Brand Image Tokopedia Periode 2021. MEDIUM : Jurnal Ilimiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 10(1), 166–174.

Oktaviani, Nadila: Zainurossalamia, S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink terhadap purchase intention melalui brand image. INOVASI:Journal FEB Unmul, 17(3), 395–402.

Probosini, Dewi Amalia; Hidayat, Nurdin; Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Majamene, Dan Keuangan, 2(2).

Qorib, Fathul; Bhara, A. M. (2019). Pengaruh Iklan “Shopee Blackpink Sebagai Brand Ambassador” Terhadap Minat Belanja Online Mahasiswa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(4).

Rachmawati, Eva; Hurriyati, R. (2020). E-Promosi untuk Komunikasi pelanggan di Sektor Minuman : Studi Kopi Kenangan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Universitas Samudra, 9(2). https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2360

Raharjo, Lydia Angalita; Yoanita, Desi; Wahjudianata, M. (2019). Representasi Posfeminisme dalam video musik “Ddu-du Dhu-du” milik Blackpink. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya, 7(2), 1–8.

Rangkuti, F. (2018). RISET PEMASARAN (8th ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Raswen, R. N. N. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Citra Perusahaan Shoope Pada Mahasiswi di UIN Suska Riau. JOM FISIP, 6(2), 1–13.

Rusdianyah; Fajarina, F. (2022). Perilaku Komunikasi Penggemar KPOP (Studi Fenomenologi Tentang Perilaku Komunikasi Penggemar KPOP Sebagai Audiens Video Musik Girlband Blackpink di Komunitas Blinkeu. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2).

Sari, Desak Made Febri Purnama; Safitri, H. (2020). Celebrity Endorsement, Price dan Customer Behavior terhadap Social Climber pada generasi Melenial di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Universitas Samudra, 9(2). https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2488

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi UNMUL, 8(1).

Sudarti, K. (2012). Peran endorser selebriti dalam meningkatkan minat beli konsumen. Dharma Ekonomi, 19(35).

Sugiyono, S. (2016). Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sunyoto, D. (2013). Metode dan Instrumen Penelitian Ekonomi dan Bisnis. CAPS.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). ANDI.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Bambang, Pontjo; Ramadhani, Y. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Komunikasi Marketing pada Brand Image serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Sarung di Surabaya. JMK : Jurnal Manajemen Keuangan Universitas Samudra, 10(1), 72–96.

Budiman, Vionita; Loisa, Riris; Pandrianto, N. (2018). Peran Brand Ambassador Pada Iklan Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasusu Iklan Youtube LG G7 Thinq BTS). PROLOGIA, 2(2), 546–553.

Febriana, M. (2023). Oreo x Blackpink Hadirkan Biskuit Limited Edition dengan Lebih banyak Varian. Kumparan.Com. https://m.kumparan.com

Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communication. Wiley.

Hendayana, Yayan; Afifah, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Tokopedia. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).

Herawan, Muhammad Nuch Ghiffary ; Savitri, Citra; Faddila, S. P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink dan Brand Image Terhadap Minat Beli di Aplikasi Shopee pada Mahasiswa manajemen angkatan 2018 Universitas Buana Pejuangan Karawang. Buana Ilmu, 7(1), 18–32.

Iswanto, A. F. S. (2021). Pengaruh Perbedaan Karakter Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ruangguru. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Negeri Surabaya, 9(1).

Kotler, Philip; Amstrong, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Mangkunegara, A. P. (2019). Perilaku Konsumen (A. Gunarsa (ed.); 6th ed.). Refika Aditama.

Masyita, Dina Arti; Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh Brand ambassador Dian Sastrowardoyo terhadap brand image produk makeup L’oreal Paris (studi pada konsumen L’oreal Kota Bandung). JRAMB : Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana DIY, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.26486/jramb.v3i1.408

Maulida, Zenitha; Indah, D. R. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen dan Niat Membeli Ulang Vitamin Merek Holisticare Ester C Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Universitas Samudra, 9(3).

Nainggolan, Notra pitri; Sitinjak, H. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam membeli rumah di kota Batam. Journal of Accounting & Management Innovation, 2(2), 139–155.

Nurazhari, Luthfiah; Putri, Y. R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Brand Image Tokopedia Periode 2021. MEDIUM : Jurnal Ilimiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 10(1), 166–174.

Oktaviani, Nadila: Zainurossalamia, S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink terhadap purchase intention melalui brand image. INOVASI:Journal FEB Unmul, 17(3), 395–402.

Probosini, Dewi Amalia; Hidayat, Nurdin; Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Majamene, Dan Keuangan, 2(2).

Qorib, Fathul; Bhara, A. M. (2019). Pengaruh Iklan “Shopee Blackpink Sebagai Brand Ambassador” Terhadap Minat Belanja Online Mahasiswa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(4).

Rachmawati, Eva; Hurriyati, R. (2020). E-Promosi untuk Komunikasi pelanggan di Sektor Minuman : Studi Kopi Kenangan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Universitas Samudra, 9(2). https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2360

Raharjo, Lydia Angalita; Yoanita, Desi; Wahjudianata, M. (2019). Representasi Posfeminisme dalam video musik “Ddu-du Dhu-du” milik Blackpink. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya, 7(2), 1–8.

Rangkuti, F. (2018). RISET PEMASARAN (8th ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Raswen, R. N. N. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Citra Perusahaan Shoope Pada Mahasiswi di UIN Suska Riau. JOM FISIP, 6(2), 1–13.

Rusdianyah; Fajarina, F. (2022). Perilaku Komunikasi Penggemar KPOP (Studi Fenomenologi Tentang Perilaku Komunikasi Penggemar KPOP Sebagai Audiens Video Musik Girlband Blackpink di Komunitas Blinkeu. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2).

Sari, Desak Made Febri Purnama; Safitri, H. (2020). Celebrity Endorsement, Price dan Customer Behavior terhadap Social Climber pada generasi Melenial di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Universitas Samudra, 9(2). https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2488

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi UNMUL, 8(1).

Sudarti, K. (2012). Peran endorser selebriti dalam meningkatkan minat beli konsumen. Dharma Ekonomi, 19(35).

Sugiyono, S. (2016). Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sunyoto, D. (2013). Metode dan Instrumen Penelitian Ekonomi dan Bisnis. CAPS.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). ANDI.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Bambang, Pontjo; Ramadhani, Y. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Komunikasi Marketing pada Brand Image serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Sarung di Surabaya. JMK : Jurnal Manajemen Keuangan Universitas Samudra, 10(1), 72–96.

Budiman, Vionita; Loisa, Riris; Pandrianto, N. (2018). Peran Brand Ambassador Pada Iklan Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasusu Iklan Youtube LG G7 Thinq BTS). PROLOGIA, 2(2), 546–553.

Febriana, M. (2023). Oreo x Blackpink Hadirkan Biskuit Limited Edition dengan Lebih banyak Varian. Kumparan.Com. https://m.kumparan.com

Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communication. Wiley.

Hendayana, Yayan; Afifah, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Tokopedia. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).

Herawan, Muhammad Nuch Ghiffary ; Savitri, Citra; Faddila, S. P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink dan Brand Image Terhadap Minat Beli di Aplikasi Shopee pada Mahasiswa manajemen angkatan 2018 Universitas Buana Pejuangan Karawang. Buana Ilmu, 7(1), 18–32.

Iswanto, A. F. S. (2021). Pengaruh Perbedaan Karakter Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ruangguru. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Negeri Surabaya, 9(1).

Kotler, Philip; Amstrong, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Mangkunegara, A. P. (2019). Perilaku Konsumen (A. Gunarsa (ed.); 6th ed.). Refika Aditama.

Masyita, Dina Arti; Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh Brand ambassador Dian Sastrowardoyo terhadap brand image produk makeup L’oreal Paris (studi pada konsumen L’oreal Kota Bandung). JRAMB : Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana DIY, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.26486/jramb.v3i1.408

Maulida, Zenitha; Indah, D. R. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen dan Niat Membeli Ulang Vitamin Merek Holisticare Ester C Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Universitas Samudra, 9(3).

Nainggolan, Notra pitri; Sitinjak, H. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam membeli rumah di kota Batam. Journal of Accounting & Management Innovation, 2(2), 139–155.

Nurazhari, Luthfiah; Putri, Y. R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Brand Image Tokopedia Periode 2021. MEDIUM : Jurnal Ilimiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 10(1), 166–174.

Oktaviani, Nadila: Zainurossalamia, S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink terhadap purchase intention melalui brand image. INOVASI:Journal FEB Unmul, 17(3), 395–402.

Probosini, Dewi Amalia; Hidayat, Nurdin; Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Majamene, Dan Keuangan, 2(2).

Qorib, Fathul; Bhara, A. M. (2019). Pengaruh Iklan “Shopee Blackpink Sebagai Brand Ambassador” Terhadap Minat Belanja Online Mahasiswa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(4).

Rachmawati, Eva; Hurriyati, R. (2020). E-Promosi untuk Komunikasi pelanggan di Sektor Minuman : Studi Kopi Kenangan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Universitas Samudra, 9(2). https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2360

Raharjo, Lydia Angalita; Yoanita, Desi; Wahjudianata, M. (2019). Representasi Posfeminisme dalam video musik “Ddu-du Dhu-du” milik Blackpink. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya, 7(2), 1–8.

Rangkuti, F. (2018). RISET PEMASARAN (8th ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Raswen, R. N. N. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Citra Perusahaan Shoope Pada Mahasiswi di UIN Suska Riau. JOM FISIP, 6(2), 1–13.

Rusdianyah; Fajarina, F. (2022). Perilaku Komunikasi Penggemar KPOP (Studi Fenomenologi Tentang Perilaku Komunikasi Penggemar KPOP Sebagai Audiens Video Musik Girlband Blackpink di Komunitas Blinkeu. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2).

Sari, Desak Made Febri Purnama; Safitri, H. (2020). Celebrity Endorsement, Price dan Customer Behavior terhadap Social Climber pada generasi Melenial di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Universitas Samudra, 9(2). https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2488

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi UNMUL, 8(1).

Sudarti, K. (2012). Peran endorser selebriti dalam meningkatkan minat beli konsumen. Dharma Ekonomi, 19(35).

Sugiyono, S. (2016). Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sunyoto, D. (2013). Metode dan Instrumen Penelitian Ekonomi dan Bisnis. CAPS.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). ANDI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.