SRATEGI KOMUNIKASI PENGENALAN APLIKASI CIRCLE OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SIDOARJO

Richa Dwi Ardiningsih, Nur Maghfira Aesthetika

Abstract

Strategi komunikasi dapat diartikan sebagai perencanaan dalam penyampaian pesan melalui kombinasi dari berbagai unsur komunikasi. Dalam sosialisasi pengenalan aplikasi circle maka diperlukan strategi komunikasi yang baik dengan memperhatikan berbagai unsur – unsur komunikasi. Oleh karenanya penelitian ini dilakukan untuk meneliti mengenai strategi komunikasi pengenalan aplikasi circle oleh DISPERINDAG Kabupaten Sidoarjo dengan menganalisa juga unsur – unsur strategi komunikasi menggunakan teori Harold D Laswell. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif dimana metode ini digunakan untuk mendeskripsikan mengenai strategi komunikasi pengenalan aplikasi circle. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana informan yang dipilih merupakan informan yang dianggap mengerti mengenai tema penelitian yang sedang diangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi telah dilaksanakan pada kedua pasar di Kabupaten Sidoarjo yakni pasar larangan dan pasar porong. Adapun berdasarkan pemetaan dengan menggunakan teori onong maka didapatkan bahwa dalam pelaksanaan sosialiasi ini masih belum menggunakan media komunikasi sehingga kedepan diperlukan penggunaan media komunikasi.

Keywords

Strategi Komunikasi , Teori Onong Uchjana Effendy, Teori Harold D Laswell, Retribusi

References

Ahmad, J., & Syahib, N. (2020). Model Aplikasi Pengelolaan Retribusi Pasar Berbasis Web Pada Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(1).

Amalia, R., & Anisah, N. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Kepastian Realisasi Pernikahan Melalui Kegiatan Ta’aruf Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fisip Unsyiah, 5(1). Www.Jim.Unsyiah.Ac.Id/Fisip

Anjani, D., Fadhila, M., & Primasari, W. (2019). Strategi Komunikasi Pendidik Dalam Menghadapi Temper Tantrum Anak Berkebutuhan Khusus. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya, 5(2).

Asghary, H. (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Dalam Meningkatkan Minat Wisatawan. Commicast, 1(1).

Doloksaribu, T. A., & Firdaus, R. (2021). Niat Pedagang Pasar Dalam Menggunakan Sistem E-Retribusi Pasar. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 24(1), 43–59.

Harahap, B. H. (2019). Penerapan Strategi Komunikasi Dalam Program Corporate Social Responsibility. Al-Mau’izhah Jurnal Ilmu Keislaman Dan Ilmu - Ilmu Sosial, 5(1), 54–67.

Hardiyanto, F. H. L. P. H. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Pk Imm Fisip Umsu Dalam Melaksanakan Program Kerja Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora 2021, Ke-1, 1039–1045.

Hasfi, R. I. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Boyolali Dalam Sosialisasi Program E-Government Untuk Mewujudkan Boyolali Smart City. Universitas Sebelas Maret.

Ismail, Y. (2022). Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Manfaat Pajak Bumi Dan Bangunan Daerah Di Kabupaten Bangka (Studi Pada Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah (Bp2rd) Kabupaten Bangka). Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 92–107. Https://Doi.Org/10.47995/Jik.V5i1.82

Junaidi, A., & Natarsyah, S. (2020). Model Aplikasi Pengelolaan Retribusi Pasar Berbasis Web Pada Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(1).

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana Prenada Media Group.

Liswatin, L. (2022). Inovasi Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Konawe. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(3). Https://Doi.Org/10.54443/Sibatik.V1i3.15

Moneter, B. A. H., & Susanto, E. H. (2020). Strategi Komunikasi Politik Partai Baru (Studi Kasus Perolehan Suara Partai Solidaritas Indonesia Di Dprd Dki Jakarta Pada Pemilu 2019). Koneksi, 4(1). Https://Doi.Org/10.24912/Kn.V4i1.6508

Nurlaela, I., & Hariani, D. (2017). Analisis Efektvitas Program Revitalisasi Pasar Tradisional Di Pasar Bulu Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 6(2), 515–531.

Nurul, L. H. (2020). Strategi Komunikasi Dakwah Penyuluh Agama Islam Dalam Pembinaan Keluarga Sakinah (Studi Kasus Di Kampung Sakinah Kabupaten Jember). Ijic (Indonesian Journal Of Islamic Communication), 3(1), 40–66.

Paramasari, S. N., & Nugroho, A. (2021). Strategi Komunikasi Kesehatan Dalam Upaya Membangun Partisipasi Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(1), 123–132. Https://Doi.Org/10.51544/Jlmk.V5i1.2036

Park, S. H., & Shogren, J. F. (2021). A Virtuous Circle Of Governance Contests With Externalities. Sustainability (Switzerland), 13(14). Https://Doi.Org/10.3390/Su13147766

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Membangun Awareness Wisata Halal Di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78–90.

Pratiwi, W. I. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar , Klaten , Jawa Tengah. Jp3sdm, 9(2).

Purnamayanti, D. P. O. S., Sudiana, I. G. N., & Januriawan, I. G. (2021). Strategi Komunikasi Interpersonal Sales Dan Marketing Dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Di Holiday Inn Resort Bali Benoa. Jurnal Ilmu Komunikasi Hindu, 01(01), 38–45.

Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi (Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi Kepada Mahasiswa. Tanjak: Journal Of Education And Teaching, 1(2), 127–135.

Schmelzle, C., & Stollenwerk, E. (2018). Virtuous Or Vicious Circle? Governance Effectiveness And Legitimacy In Areas Of Limited Statehood. In Journal Of Intervention And Statebuilding (Vol. 12, Issue 4). Https://Doi.Org/10.1080/17502977.2018.1531649

Situmorang, V., Pratama, Y., Sianturi, R. A., & Sinaga, A. M. (2021). Perancangan Aplikasi ”Siappara” Untuk Pelaporan Setoran E-Retribusi Pasar Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Komputer Dan Informatika, 9(2). Https://Doi.Org/10.35508/Jicon.V9i2.5256

Suherman, A. (2018). Strategi Komunikasi Bencana Pada Masyarakat Kabupaten The Communications Strategy Disaster The Society Of District. Medialog: Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 10–18.

Yuliana. (2021). Pentingnya Strategi Komunikasi Dalam Berkomunikasi. Journal: Sudut Pandang, 2(1), 1–5.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.