EFISIENSI EFEKTIFITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA (STUDI DI KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG)

Agustinus Ghunu, Annisa Purwatiningsih, Noora Fithriana

Abstract

This qualitative research focused on the timeliness and correctness of the public services of Birth Certificates and Unmarried Letters in the Tlogomas Sub-district to describe the reality of the efficiency of its service effectiveness in providing excellent service. In conducting it, the research gathered primary and secondary data and concluded that the sub-district provided its public services timely and accurately by guiding to Standard Operational Procedures. This research result meant that the Sub-district of Tlogomas providing its public services and effectively reaching its service aims was successful. The effectiveness of those public services brought the sub-district to excellent service in terms of both attitude and attention that were efficient as the officers would be able to be kind and mindful. Therefore, it was viable that the effectiveness of Birth Certificate and Unmarried Letter services in the Sub-district of Tlogomas has already been efficient in delivering public services excellently.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berfokus pada ketepatan waktu dan akurasi proses pelayanan Akta Kelahiran dan Surat Keterangan Belum Menikah agar dapat memberikan gambaran yang sesungguhnya tentang efisiensi efektivitas pelayanan publik dalam mewujudkan pelayanan prima di Kantor Kelurahan Tlogomas. Untuk menunjukkan hal tersebut, penelitian ini mengumpulkan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan Akta Kelahiran dan Surat Keterangan Belum Menikah pada Kelurahan Tlogomas sudah dilakukan secara tepat waktu dan akurat dengan berpedoman pada SOP. Artinya, Kelurahan Tlogomas berhasil menyelenggarakan pelayanan publik dan mencapai tujuan pelayanannya dengan efektif. Efektivitas pelayanan Akta Kelahiran dan Surat Keterangan Belum Menikah membawa Kelurahan Tlogomas pada pelayanan yang prima dari sikap dan perhatian dimana kedua segi ini efisien karena petugas bisa bersikap baik dan perhatian sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa efektivitas pelayanan Akta Kelahiran dan Surat Keterangan Belum Menikah di Kelurahan Tlogomas sudah efisien guna mewujudkan pelayanan publik yang prima

Keywords

Effectiveness, Public Service, Excellent Service

Full Text:

PDF

References

Abror, M. D., & Hidayah, L. (2022). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Kepada Masyarakat Pembuat Akte Kelahiran di UPT Dispendukcapil Kecamatan Purwosari. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 5(2), 167–180. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v5i2.4396.

Aini, N. (2019). Evaluasi Kinerja Pegawai Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Dalam Perspektif Good Governance. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 43-57. https://doi.org/10.33474/jisop.v1i1.2671.

Amalo, C. V. (2019). Soda Molek: Efektifitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Naikoten II Kecamatan Kota Raja Kota Kupang. Jurnal Inovasi Kebijakan, 4(2), 17-29. https://doi.org/10.37182/jik.v2i4.39.

Anugrah, A., Mamminanga, I., & Putri, A. F. (2023). Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Penerapan Pelayanan Online Kartu Keluarga Bagi Masyarakat Kelurahan Atakkae Pada Kantor Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 20(1), 84-105. https://doi.org/10.59050/jian.v20i1.203.

Arifani, M. A., Anita, A. F., Fauziyah, A. N., & Gunawan, A. (2022). Efektivitas Penerapan Budaya 5s (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Perwujudan Pelayanan Prima Di Kantor Kelurahan Cisurupan Kota Bandung. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 20(1), 59–69. https://doi.org/10.54783/dialektika.v20i1.34.

Barata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Cahya, D., Fauzan, A., & Zubair, M. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Sikap Disiplin Pada Siswa SMAN 1 Sekongkang. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 8(2), 81-89. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v8i2.249.

Cahyani, G. A., Cikusin, Y., & Anadza, H. (2021). Efisiensi Layanan Sambat Online Dalam Penerapan E-Government Di Kota Malang. Jurnal Respon Publik, 15(8), 1–5.

Hersanto, C. M., Adiningrum, N. T., R., & Sumarna, D. L. (2023). Analisis Penyebab Keterlambatan Pengiriman Barang Pada Pos Express Menggunakan Metode Six Sigma. LOGISTIK, 16(01), 42–53. https://doi.org/10.21009/logistik.v16i01.34614.

Daryanto, & Setyabudi, I. (2014). Konsumen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Djuka, W. R., Fithriana, N., & Larasati, D. C. (2022). Pelayanan Prima Dan Faktor-Faktornya Dalam Pemberian Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Dau Kabupaten Malang. PANOPTIKON: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 1-14.

Erniati, E., A, S., & Reni, W. O. (2020). Pelayanan Publik E-KTP Di Desa Tirongkotua Kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana. SELAMI IPS, 13(1), 54-65. https://doi.org/10.36709/selami.v13i1.13621.

Fajri, A. K., Larasati, D., & Alifkah, S. P. (2022). Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Program Keluarga Harapan. Jurnal Manajemen Dan Kebijakan Publik, 7(1), 158-170.

Faujiah, A. (2018). Service Excellence. EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syari’ah, 4(02), 67–74. https://doi.org/10.30957/ekosiana.v4i02.30.

Fazrin, N. (2015). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Segedong Kecamatan Segedong Kabupaten Mempawah. Publika, Jurnal S-1 Ilmu Administrasi Negara, 4(2), 1-12.

Firdaus, F., & Lawati, S. (2020). Keterjangkauan Informasi dalam Pelayanan Publik. Journal PPS UNISTI, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.48093/jiask.v2i1.14.

Fithriana, N., Irwanto, M., & Sugeng, R. (2020). Mewujudkan Pelayanan Prima Pajak Bumi Dan Bangunan Badan Keuangan Daerah. REFORMASI, 10(2), 142-150.

Gumilar, G. G. (2020). Pembangunan Kapasitas Birokrasi dan Penataan Organisasi dalam Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.35706/jpi.v5i1.3725.

Istikomah, I., Kushendar, D. H., Saepudin, A., & Miftahuddin, A. (2021). Pelayanan Prima Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) di Kecamatan Regol Kota Bandung. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 63-72. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.403.

Jaliyanti, D. (2018). Analisis Penerapan E-Health Sebagai Perwujudan Pelayanan Prima di Puskesmas Peneleh Kecamatan Genteng Kota Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran, 6(2), 26–34.

Jannah, M., & Meirinawati. (2016). Pelayanan Prima Pada Posyandu Lansia Di Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes), Desa Karangdinoyo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Publika Jurnal Administrasi Negara, 4(5), 1–14.

Kala, P. R., Hidayat, M., & Arifin, V. N. (2021). Penggunaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pada Ibu Hamil Penerima Dana PKH (Program Keluarga Harapan) Di Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2019. Jukema (Jurnal Kesehatan Masyarakat Aceh), 6(2), 106-114. https://doi.org/10.37598/jukema.v6i2.901.

Kartikaningdyah, E. (2012). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada BP2T kota Tanjung Pinang. Jurnal Integrasi, 4(2), 136-147.

Kurniawan, Y. T., Kanto, S., & Mardiyono, M. (2015). Strategi Optimalisasi Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional Untuk Keluarga Miskin Di Puskesmas Kedamean. Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 18(02), 80-89. https://doi.org/10.21776/ub.wacana.2015.018.02.2.

Markoni, M. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. MIMBAR : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 6(4), 1-5. https://doi.org/10.32663/jpsp.v6i4.234.

Marlinda, P., Eka, E., & Ferizko, A. (2017). Efektivitas Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Di Kelurahan Tobekgodang Kecamatan Tampan. Jurnal Niara, 10(1), 90-93. https://doi.org/10.31849/nia.v10i1.1887.

Masyi’ah, A. N., & Sembiring, Y. J. (2023). Analisis Strategi Pelayanan Prima (Service Excellence) Personel Aviation Security Bandar Udara Sentani. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.828.

Muchsin, N. H. F. S. S., & Suryanto. (2019). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ) Di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Jurnal Respon Publik, 13(3), 113–121.

Mujiati, M. (2019). Strategi Mewujudkan Layanan Prima Di Perpustakaan Iain Ponorogo. Kodifikasia, 13(2), 321-336. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v13i2.1728.

Muslim, M. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan). Jurnal Administrasi Publik Dan Pembangunan, 4(1), 31-40. https://doi.org/10.20527/jpp.v4i1.5191.

Muzayaroh, I. (2018). Pelestarian Kebudayaan Daerah Jawa Tengah. Seminar Nasional Keindonesiaan III Tahun 2018 “Penguatan SDM Di Era Disrupsi Teknologi Melalui Pendidikan,” 769–776.

Pramono, T., Susanto, D., & Widiarti, E. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Prima Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 5(2), 177-185. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v5i2.2069.

Prayugo, A. (2017). Membangun Kualitas Jasa Layanan Publik Berorientasi Pelanggan: Suatu Telaah Teoritis. Jurnal Wahana Bina Pemerintahan, 4(2), 143–174. https://doi.org/10.55745/jwbp.v4i2.80.

Purwatiningsih, A., Lestari, A. W., & Dhuhaniyati, L. (2022). Implications Of Healthcare System In Singapore And Malaysia As Interesting Lessons Towards Primary Service Innovation For Indonesia. ASKETIK, 6(1), 16-28. https://doi.org/10.30762/asketik.v6i1.185.

Radiansyah, R. R., Widiyaningrum, W. Y., & Sukaryo, Y. (2021). Efektivitas Pemekaran Desa Dalam Mewujudkan Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Resmi Tingal Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. JISIPOL: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(3), 61-76.

Rahman, F., Sobari, W., & Pohan, I. A. (2022). Membudayakan Inovasi Pelayanan Publik: Refleksi Atas Upaya Pemimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Di Pemerintah Kota Malang. PUBLISIA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 7(2), 250-268. http://dx.doi.org/10.26905/pjiap.v7i2.8447.

Rahmatiqa, C., Pardede, R., & Widuri, N. E. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pelayanan Prima pada Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di RSUD Sultan Thaha Saifuddin Kabupaten Tebo. Seminar Nasional Stikes Syedza Saintika, 540–549.

Rahmawati, L., Ati, N. U., & Suyeno. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Kelurahan Samaan Kecamatan Klojen Kota Malang). Jurnal Respon Publik, 15(9), 14–21.

Ramadhany, B. M., & Meirinawati. (2016). Pelayanan Prima Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) Kabupaten Gresik. Publika, 4(8), 1–9.

Rangan, G. A. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Kanaan Kecamatan Bontang Barat. EJournal Ilmu Pemerintahan, 8(2), 507–520.

Rendo, R. F. (2019). Kualitas Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(3), 22–28.

Rohayani, L., Inayah, I., Shoumi, A. S., & Pragholapati, A. (2020). Pelayanan Prima Perawat Berdasarkan Persepsi Pasien di Ruang Rawat Inap Talaga Bodas (Penyakit Dalam Pria Kelas 3) Rumah Sakit Tingkat II 03.05.01 Dustira Cimahi 2019. Journal Of Health Science (Jurnal Ilmu Kesehatan), 5(1), 42–46. https://doi.org/10.24929/jik.v5i1.935.

Roidah, I. (2016). Evaluasi Kebijakan Pengentasan Kemiskinan Dalam Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Jurnal AGRIBIS, 12(14), 39-47.

Romliyadi, & Oxyandi, M. (2018). Indeks Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Instalasi Rawat Jalan Tahun 2018. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 8(0), 1–13. http://jurnal.stikes-aisyiyah-palembang.ac.id/index.php/Kep/article/view/90/75

Sani, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Poliklinik Gigi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangka Tengah. Jurnal Studia Administrasi, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.47995/jian.v3i2.61.

Saputra, T., & Utami, B. C. (2017). Pelatihan Pelayanan Prima Tentang Perilaku Pemberi Layanan Di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Warta LPM, 20(2), 61-66. https://doi.org/10.23917/warta.v20i2.4054.

Saputra, T., & Utami, B. C. (2018). Pelatihan Pelayanan Prima Tentang Perilaku Pemberi Layanan Di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 6(2), 180-185. https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.2489.

Sari, I. L. (2016). Penyelenggaraan Pelayanan Pembuatan Akta Pencatatan Sipil Kota Samarinda. Administrasi Negara, 4(2), 2711–2725.

Solida, A., Noerjoedianto, D., Mekarisce, A. A., & Widiastuti, F. (2021). Pola Belanja Kesehatan Katastropik Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Jambi. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 10(04), 209-215.

Srimumpuni, A. S., Suwardi, S., & Sardjono, H. S. (2023). Pelayanan Publik Kantor Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. JI@P, 12(2), 195-209. https://doi.org/10.33061/jp.v12i2.9008.

Susanto, J., & Anggraini, Z. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Tabir Ulu Kabupaten Merangin. Jurnal Administrasi Negara, 25(2), 105–122. https://doi.org/10.33509/jan.v25i2.699.

Susetyarsi, T. H., & Harminingtyas, R. (2015). Analisis Pengaruh Prinsip Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Anggota Pada Koperasi Prima Sekar Sejahtera Di Kabupaten Batang. JURNAL STIE SEMARANG, 7(2), 51–68.

Syaebani, A., Tyasmala, D. V., Maulani, R., Utami, E. D., & Wahyuni, S. N. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat (SIRA) Berbasis Website Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Journal of Information System Management (JOISM), 3(2), 59–65. https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i2.446.

Tekto, T. P. A. L., & Retnawati, L. (2022). Jurnal Skripsi Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Berbasis Web Di Kelurahan Soho (TEKTO). Melek IT : Information Technology Journal, 8(1), 47–58. https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v8i1.204

Widaningsih, S. (2023). Pelaksanaan Pelayanan Prima Pada Kasir Di Toserba Griya Pasteur Bandung. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 9(1), 157–164. https://doi.org/10.38204/atrabis.v9i1.1325.

Yudha, R. A., & Aulia, S. S. (2023). Penguatan Karakter Kebhinekaan Global Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 596–604.

Yulianti, F., & Wahdah, R. (2018). Analisis Indeks Kepuasan Mayarakat (Ikm) Dan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada PDAM Bandarmasih Di Banjarmasin). Jurnal Ecoment Global, 3(2), 1–18. https://doi.org/10.35908/jeg.v3i2.472.

Yusnita, & Widianti, D. (2017). Gambaran Indeks Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Tegal Angus Pada Era Jaminan Kesehatan Nasional. Global Medical & Health Communication (GMHC), 5(1), 51-56. https://doi.org/10.29313/gmhc.v5i1.1990.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.