PENERAPAN KEBEBASAN BERPENDAPAT SEBAGAI BENTUK AKTUALISASI NILAI DEMOKRASI DALAM KARANG TARUNA SEKAR DWIPA

Wahyu Putri Hasanah, Toni Harsan, Ika Murtiningsih

Abstract

Indonesia is a country that adheres to a democratic system which is a solution to resolve disputes. Currently the value of democracy is fading, especially in the younger generation as agents of change for the country who are active in youth organizations. Democratic values are neglected, such as leaving the principle of deliberation to reach a consensus, not participating fully in meetings, and prioritizing personal interests. The purpose of this study was to find out how the application of freedom of opinion in the activities of the sekar dwipa youth organization in Purbayan Village, Baki District, Sukoharjo Regency. To measure the application of this freedom, Henry B Mayo's theory is used. The results of the study show that the implementation of freedom of expression has been well implemented and most of the members of karang taruna sekar dwipa have sufficiently understood the value of democracy, although in practice there are still some members who lack confidence in expressing opinions, put forward personal assumptions, and are less active. Then some of these obstacles can be overcome by building familiarity among its members and creating a family atmosphere so that self-confidence grows, understanding well when discussing, and respecting every opinion.

Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi yang menjadi solusi untuk menyelesaikan perselisihan. Saat ini, nilai demokrasi semakin memudar, terutama pada generasi muda sebagai agent of change negara yang aktif dalam organisasi karang taruna. Nilai-nilai demokrasi terabaikan, seperti meninggalkan prinsip musyawarah untuk mufakat, tidak ikut rapat secara penuh, dan mengutamakan kepentingan pribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kebebasan berpendapat dalam kegiatan karang taruna sekar dwipa di Desa Purbayan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Untuk mengukur penerapan kebebasan ini digunakan teori Henry B Mayo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebebasan berekspresi telah dilaksanakan dengan baik dan sebagian besar anggota karang taruna sekar dwipa sudah cukup memahami nilai demokrasi, meskipun dalam pelaksanaannya masih ada beberapa anggota yang kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat. mengedepankan asumsi pribadi, dan kurang aktif. Maka beberapa kendala tersebut dapat diatasi dengan membangun keakraban antaranggotanya dan terjalin suasana kekeluargaan agar tumbuh rasa percaya diri, memahami dengan baik saat pembahasan, dan menghargai setiap pendapat.


Keywords

democratic value, feedom of opinion, youth organizations

Full Text:

PDF

References

Abdi, H. (2021). Asumsi adalah Dugaan Sementara yang Dianggap Benar, Kenali Perbedaannya dengan Opini. Liputan 6. https://www.liputan6.com/hot/read/4714431/asumsi-adalah-dugaan-sementara-yang-dianggap-benar-kenali-perbedaannya-dengan-opini

AD.Huri, C.H.Shafa, D.P.Sopyan, D.Andriansyah, D.A.Zahra, B. N. P. (2022). Kegiatan Sosialisasi dan Musyawarah di Berbagai Desa Sebagai Bentuk Aktualisasi Nilai Pancasila SilaKe 4. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6275–6282.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–8. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/download/3394/1177/

Budiardjo, M. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Politik (cetakan ke). CV Prima Grafika.

Haifarashin, R., & Anggraeni Dewi, D. (2022). Pengimplementasian Sistem Demokrasi Pancasila dalam Organisasi Kepemudaan Karang Taruna. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3974–3980.

Hamdi, I., Soestrisnaadisendjaja, D., & Lestari, R. Y. (2019). Pembentukan Nilai-Nilai Demokrasi melalui Kegiatan Organisasi di Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 4(1), 100–120.

Hutabarat, D. T. H., Sari, S. N., Kamil, T., Ramadhan, W. S., Ambarwati, E. A., Alfathni, T. N., Fadhila, N., Septiningrum, S., Aflita, R., Ltubing, J. M. S., Hidayat, A., Setiawan, D., & Pangestu, I. (2021). Makna Demokrasi Pancasila. Journal of Humanities, Social Sciences and Business (Jhssb), 1(1), 59–64. https://doi.org/10.55047/jhssb.v1i1.61

Marwandianto, & Nasution, H. A. (2020). Hak Atas Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi dalam Koridor Penerapan Pasal 310 dan 311 KUHP. Jurnal HAM, 11(1), 1–25. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.1-25

PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2019 TENTANG KARANG TARUNA, 1 (2019).

Murtiningsih, I., Suyahman, Singgih, V., & Hasanah, P. W. (2022). Pemberdayaan Pemuda Dalam Pelaksanaan Ppkm Mandiri Di Desa Wirogunan Pada Masa Pandemi Covid. Jurnal Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial , 16(1). https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/issue/view/55

Ningsih, C. S., Amelia, C., Aisyah, P., Zahera, R., & Prasetya, W. I. (2021). Hak Kebebasan Berpendapat yang Semakin Menyempit dan Memburuk. Jurnal Nasional Indonesia, 1(2), 25–39.

Nofriandi, P. (2017). Korupsi Bagai Melawan Badai. Mahkamah Agung Republik Indonesia. https://www.mahkamahagung.go.id/id/artikel/2789/korupsi-bagai-melawan-badai

Nuna, M., & Moonti, R. M. (2019). Kebebasan Hak Sosial-Politik Dan Partisipasi Warga Negara Dalam Sistem Demokrasi Di Indonesia. Jurnal Ius Constituendum, 4(2), 110. https://doi.org/10.26623/jic.v4i2.1652

Octavia, E., & Rube’i, A. (2019). IMPLEMENTASI SILA KE EMPAT BERLANDASKAN PANCASILA PADA MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 149–164.

Octavia, I., Harsan, T., & Fatimah, S. (2022). Peran Pemerintah Desa dalam Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Desa Singodutan Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Jurnal Prgdi PPKn, FKI Univet Bantara Sukoharjo Bekerja Sama Dengan Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Jawa Tengah , 4(2), 95–105.

Purnama, F., & Ananda, A. (2020). Proses internalisasi nilai-nilai Pancasila terhadap generasi muda Karang Taruna Balai Tongah Koto. Jurnal Pembangunan Dan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(2), 126–133. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.38775

Rowasis, M., & Firdausi, F. (2017). Kesejahteraan Sosial Masyarakat Di Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu – Kota Batu. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(3), 97–103. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/index

Selian, D. L., & Melina, C. (2018). Kebebasan Berekspresi Di Era Demokrasi: Catatan Penegakan Hak Asasi Manusia. Lex Scientia Law Review, 2(2), 189–198. https://doi.org/10.15294/lesrev.v2i2.27589

Setiawan, R., Farida, I. N., & Kasih, P. (2018). Pemodelan E-Voting dalam Pemilihan Ketua Pemuda. Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 161–166.

Suhartono. (2019). METODE DISKUSI KELAS DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS IX DI SMP NEGERI 3 KRIAN SIDOARJO Suhartono Bentuk-bentuk Negara secara Negara Indonesia adalah negara yang juga memiliki identitas dengan Masyarakat Indonesia sangat banyak memiliki perbedaan ( heterogen. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Vol.19, 19(3), 263–269.

Tristanto, A., & Yunilisiah. (2022). Studi kasus karang taruna “Tunas Kahuripan” Desa Ciela, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Journal of Community Services, 3(1), 14–17. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i1.19356

Widodo, A. (2017). PROGRAM PEMBERDAYAAN ‘SEDEKAH POHON PISANG’: Peran Karang Taruna di Desa Gandri, Lampung Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 1. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.011-01

Yasak, E. M. (2014). Penerapan Prinsip Keadilan Pancasila dalam Perda Nomor 8 Tahun 2009 Tentang Pendirian Lppl Atv Kota Batu. Reformasi, 4(2), 70–76. https//jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/article/viewFile/52/49

Zahid, A., Hidayatullah, M. B. R., Amealinda, A. A., & Rokhmah, A. N. (2020). Upaya Pemberdayaan Peran Pemuda Karang Taruna Tunas Bakti Dalam Membentuk Serta Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Penelitian Ipteks, 5(2), 172–179.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.