EFEKTIVITAS PROGRAM PEMASANGAN LISTRIK BARU MENGGUNAKAN APLIKASI PLN MOBILE DI WILAYAH KERJA UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) SURABAYA SELATAN

Muhammad Reza Ifaldiansyah, Diana Hertati

Abstract

PT PLN (Persero) made a breakthrough by significantly upgrading the PLN Mobile application by adding a submission feature so customers can access services through the application. One of the features added to the application is 'Pemasangan Baru Listrik,’' which is specifically for customers who want to apply for a new installation of electricity; the feature was first tested in the Java-Bali region. This research aims to determine and analyze the effectiveness of the new electricity installation program using the PLN Mobile application. This qualitative research uses data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The results showed that the new electricity installation program using PLN Mobile was effective because there was an increase in the number of users of the PLN Mobile application and the number of applications that were realized. However, there is still a need for socialization activities to less tech-savvy customers, especially the elderly so that they get complete information about using the PLN Mobile application in meeting needs around electricity, especially when accessing new electricity installation services.

PT. PLN (Persero) membuat trobosan dengan memberi upgrade cukup signifikan pada aplikasi PLN Mobile dengan menambahkan fitur pengajuan sehingga pelanggan bisa mengakses layanan melalui aplikasi. Salah satu fitur yang ditambahkan pada aplikasi tersebut adalah ‘Pemasangan Baru Listrik’ yang dikhususkan untuk pelanggan apabila ingin melakukan pengajuan pemasangan baru listrik, fitur tersebut pertama kali diuji coba di wilayah Jawa-Bali. Tujuan penelitian kali ini adalah mengetahui dan menganalisis efektivitas program pemasangan baru listrik menggunakan aplikasi PLN Mobile. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program pemasangan baru listrik dengan menggunakan PLN Mobile berjalan efektif karena terdapat kenaikan jumlah pengguna aplikasi PLN Mobile dan jumlah pengajuan yang direalisasikan, akan tetapi masih diperlukan kegiatan sosialisasi kepada pelanggan yang kurang paham teknologi terutama lansia supaya mendapatkan informasi secara lengkap mengenai penggunaan aplikasi PLN Mobile dalam memenuhi kebutuhan seputar kelistrikan terutama ketika mengakses layanan pemasangan baru listrik

Keywords

Effectiveness; Public Service; PLN Mobile

Full Text:

PDF

References

Afifah, N. S. H., & Hertati, D. (2022). Efektivitas Program Undercover 112 Covid-19 the Effectiveness of the Undercover 112 Covid-19 Program. Kebijakan Publik, 13(3), 238–245.

Auliyaa, P., Hidayat, R., & Nababan, R. (2022). Implementasi pelayanan publik berbasis e-government melalui ogan lopian. Kinerja, 18(4), 502–512. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.9804

Enitasari, R., & Hertati, D. (2019). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe Di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal of Research, 1(2), 137–150. https://doi.org/10.33005/paj.v1i2.16

Haerana & Burhanuddin. (2022). MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK KONSEPTUAL, TEORETIS DAN FAKTUAL (Malik Ihyani (ed.); p. 11). Widina Bhakti Persada. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Kushartiningsih, R. dan Riharjo, I. B. (2021). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 10(3), 1–18.

Larasati, D. C. (2019). Analisis Elemen Sukses E-Government Dalam Implementasi Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (Sampade) Kota Malang. Conference on Innovation and Application of Science and Technology, Ciastech, 93–100. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1091

Larasati, D. C. (2020). Inovasi Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (Sampade) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(1), 9–15. https://doi.org/10.33366/jisip.v9i1.2210

Mahmudi. (2019). Manajemen kinerja sektor publik. UPP STIM YKPN.

Meijer, A., & Bekkers, V. (2015). A metatheory of e-government: Creating some order in a fragmented research field. Government Information Quarterly. https://doi.org/10.1016/j.giq.2015.04.006

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.

Napitupulu, D., Ridwan, M. L., Revida, E., Putra, S. H., Saputra, S., Jamaludin, Negara, E. S., & Simarmata, J. (2020). E-Government: Implementasi, Strategi dan Inovasi. Yayasan Kita Menulis.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Pramono, B. (2019). E-Government Implementation Evaluation in Local Government Agency in Pontianak Regency. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan …, XI, 48–60. https://ejournal-new.ipdn.ac.id/JAPD/article/view/726/450

Sellfia, N. R., Dayat, U., & Aryani, L. (2022). Inovasi pelayanan publik berbasis e-government dalam aplikasi sampurasun Purwakarta. Kinerja, 18(4), 590–598. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10363

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Syafri, W., & Alwi. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik. Institut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN) Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.