PERUBAHAN MINAT BACA MAHASISWA DARI MEDIA KONVENSIONAL KE MEDIA DIGITAL

Viranda Andri Milavandia, Didik Hariyanto

Abstract

Pada era perkembangan teknologi saat ini menjadikan adanya penurunan kebiasaan membaca buku yang terjadi. Kurangnya kebiasaan minat baca tersebut menjadikan Indonesia menjadi negara dengan peringkat ke-60 dengan tingkat literasi yang rendah. Perubahan tersebut terlihat pada generasi masa kini yang disebut dengan generasi Z atau generasi jaringan, generasi tersebut merupakan generasi yang biasa dengan adanya teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis perubahan minat baca media digital pada generasi Z yang terjadi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Adapun teori yang dilakukan dalam melakukan penelitian ini yaitu menggunakan teori Use and Gratification yang mana teori tersebut menjelaskan bagaimana penggunaan media memberikan peran yang aktif terhadap penggunaan sebuah media. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatf, metode tersebut menggunakan wawancara mendalam serta observasi sebagai penelitiannya. Hasil penelitian disimpulkan minat baca mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo saat ini tidaklah berkurang atau menurun melainkan mengalami perubahan yang semula menggunakan media konvensional seperti buku, majalah dan koran kini berubah menggunakan media digital yang dianggap lebih cepat dan mudah dalam mencari sebuah informasi yang diinginkan. Adanya kemudahan dalam mengakses media digital yang membuat merubah kebiasaan minat baca masyarakat khususnya pada generasi Z dikalangan mahasiswa pada media digital.

Keywords

Mahasiswa, Minat Baca, Media Digital

Full Text:

PDF PDF

References

Azizah, N. (2021). Minat Baca Mahasiswa Terhadap Berita Media Online dan Media Cetak. 1.

Dalman. (2014). KETERAMPILAN MEMBACA. Jakarta: Rajawali Pers.

Ester, V. R. (2022). Minat Baca Mahasiswa Pada Perpustakaan Digital di masa pandemi covid-2019. 2.

Ghofur, A. (2019). Pemanfaatan Media Digital Terhdap Indeks Minat Baca Masyarakat Kabupaten Lamongan.

Hariyanto, D. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Dalam D. Hariyanto, Pengantar Ilmu Komunikasi (hal. 17). Sidoarjo: UMSIDA Press.

Hastini, L. Y. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia.

Hoefel, T. F. (2018). ‘True Gen’: Generation Z and its implications for companies. McKinsey & Company.

Khoirun Nisak, D. H. (2017). Food Photography dan Eating Out di Media Sosial Instagram.

Meliawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish.

mulyana, d. (2002). metodologi penelitian kualitatif. bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Prawesti, D. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Bacaan Digital terhadap tingkat minat baca di kalangan mahasiswa universitas airlangga. 5-6.

Ramadhani, S. (2022). Minat Baca Mahasiswa Ilmu Komunikasi Humas 1 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Terhadap Surat Kabar.

Rastati, R. (2018). Media Literasi bagi digital natives: perspektif generasi Z di Jakarta, 6.

Rohmah, N. N. (2020). Media sosial sebagai media alternatif manfaat dan pemuas kebutuhan informasi masa pandemik global covid 19 (kajian Analisis Teori Uses and Gratification.

Setiowati, D. (2021). Pengaruh perkembangan digitalisasi media pada portal berita kompas terhadap minat baca masyarakat (studi kasus pada mahasiswa program studi ilmu komunikasi universitas negeri jakarta).

Shahrani, N. D. (2019). PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL SEBAGAI SARANA UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BACA PADA IBU RUMAH TANGGA (Studi Kasus Grup Fcebook Ibu-ibu Doyan Nulis Semarang).

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. bandung: alfabeta.

Zis, S. F. (2021). Perubahan Komunikasi Generasi Milenial dan generasi Z di Era Digital.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.