EFEKTIVITAS SUROBOYO BUS DALAM MENGATASI KEMACETAN KOTA SURABAYA

Annisa Damaiyanti Nurdiana, Kalvin Edo Wahyudi

Abstract

Surabaya is well-known as an industrial city where the development will not be separated from economic cultivation. There is an increase on the quality of life in urban areas caused by economic factors which cause people to migrate to Surabaya city, so that the level of urbanization and the rate of population growth in Surabaya is increasing. It will trigger a phenomenon caused by the high urbanization of the population, both the benefits and challenges that will be faced by the government. The high population rate in Surabaya is certainly followed by the high demand for modes of transportation which have also increased, causing traffic jams in Surabaya. Hence, the program regarding the Suroboyo bus is one of the solutions to reduce congestion. The aims of this study is to describe the effectiveness of the Suroboyo Bus as a public transportation in overcoming traffic jams in Surabaya. This study used descriptive qualitative method. The researcher collected the data by research subjects, namely: (1)the people who use the Suroboyo Bus and (2)the highway of Surabaya city. The results of this study focused on 3 indicators, namely (1) goal attainment: The results show that in achieving the goal of Suroboyo the bus has not met the criteria and the city of Surabaya is still experiencing traffic jams, (2) integration: quite good but needs improvement and additional media expansion in promoting the Suroboyo bus and (3) adaptation: The Suroboyo bus adaptation process has not gone well enough because people are not used to using public transportation and prefer to use private vehicles.
Kota Surabaya dikenal sebagai kota industri dimana dalam perkembangannya tidak akan terlepas dari perkembangan ekonomi. Adanya peningkatan kualitas hidup di wilayah perkotaan disebabkab oleh faktor ekonomi yang mengundang orang-orang untuk bermigrasi ke Kota Surabaya sehingga tingkat urbanisasi dan laju pertumbuhan penduduk kota Surabaya meningkat. Hal ini akan memicu adanya fenomena yang ditimbulkan oleh tingginya urbanisasi penduduk baik yang menguntungkan maupun tantangan yang akan dihadapi oleh pemerintah. Tingginya angka kependudukan di Kota Surabaya tentu diikuti dengan tingginya kebutuhan moda transportasi yang ikut meningkat sehingga menyebabkan kemacetan yang ada dikota Surabaya. Maka adanya program mengenai Suroboyo bus ini menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan. Tujuan penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang efektivitas suroboyo bus sebagai angkutan transportasi publik dalam mengatasi kemacetan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggumpulkan data adapun subjek peneliti yaitu: (1) masyarakat pengguna suroboyo bus dan (2) masyarakat pengguna jalan raya kota surabaya. Hasil penelitian ini berfokus pada 3 indikator yaitu (1) pencapaian tujuan: hasil menunjukkan bahwa dalam mencapai tujuan suroboyo bus belum memenuhi kriteria dan Kota Surabaya masih mengalami kemacetan, (2) integrasi: cukup baik tetapi perlu adanya peningkatan dan menambah media perluasan dalam mempromosikan Suroboyo bus ini dan (3) adaptasi: proses adaptasi suroboyo bus belum berjalan cukup baik karena masyarakat yang tidak terbiasa menggunakan transportasi public dan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Keywords

Efektivitas; Kemacetan; Surabaya Bus;

Full Text:

PDF

References

Anggara, S. (2014). Kebijakan Publik. CV. Pustaka Seta.

ARY KURNIAWAN, A., & PRABAWATI, I. (2018). Implementasi Suroboyo Bus Di Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Publika, 6(9).

Hany Fanida, E. (2015). Strategi Dinas Perhubungan Kota Surabaya Untuk Mengurangi Kemacetan Jalan Raya Kota Surabaya. Jurnal Mahasiswa, 7. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/download/11930/11042

Hardani. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA): Vol. Vol. 1 (Issue March).

Lesmana, R. H., & Widiyarta, A. (2022). Efektivitas Quick Response Code Indonesian Standard Sebagai Metode Pembayaran Nontunai Suroboyo Bus. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2260–2268. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1060

Nabilah, L. A., Bintari, A., & Dharmawan, I. (2022). TATA KELOLA PEMERINTAHAN DALAM MENGATASI KEMACETAN MELALUI PENYEDIAAN TRANSPORTASI PUBLIK (Studi Pada Pengelolaan Trans Metro Bandung Oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2020). 2(April), 44–54.

Nasution, M. N. (2003). Manajemen Transportasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Novriyaldi, N., Widowati, N., & Maesaroh, M. (2022). ANALISIS AKTOR IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BRT (BUS RAPID TRANSIT) SEMARANG DALAM MENGATASI KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA SEMARANG. Journal of Public Policy and Management Review, 11(1), 154–172.

Pratiwi, N. M. F., Indrayani, L., & Suwena, K. R. (2020). Persepsi Masyarakat terhadap Transportasi Publik Trans Sarbagita di Provinsi Bali. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 80. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v8i1.26008

Rembaen, B. Z., Lumolos, J., & Kumayas, N. (2018). Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud Dalam Pengembangan Transportasi Pedesaan Di Pilau Kabaruan. Eksekutif : Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1), 1–11.

Sahara, I. A. P., Hidayat, A., & Abdillah, W. S. (2022). Efektivitas Penggunaan Bus Trans Patriot Sebagai Angkutan Umum Massal Dalam Mengatasi Kemacetan Di Kota Bekasi. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 4887–4896.

Saraswati, K. . (2020). Strategi Humas Pemerintah Kota Surabaya Dalam Mensosialisasikan Program Suroboyo Bus.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d.

Tazaruwah, D. W. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Transportasi Publik di Kota Semarang.

Wahyudi, K. E., Supranoto, & Suji. (2013). Dampak Program Sertifikasi Guru terhadap Mutu Pendidikan: Riset Evaluasi pada SMPN dan SMAN di Kabupaten Jember. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa, 1(1), 1–8.

Winaryo, M. B., & Martanto, U. (2021). Peran Pemerintah Kota Surabaya Dalam Pengaturan Transportasi Publik Kota Surabaya: Studi Perkotaan Program “Suroboyo Bus.” Jurnal Politik Indonesia (Indonesian Journal of Politics), 6(1), 1. https://doi.org/10.20473/jpi.v6i1.29866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.