REPRESENTASI FEMINISME DALAM FILM ENOLA HOLMES 2 (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE)

Aulia Kamil, Ainur Rochmaniah

Abstract

Film berperan sebagai alat komunikasi massa yang berfungsi mempengaruhi penonton berdasarkan isi pesan yang terkandung didalamnya. Banyak media bermunculan dengan subjek perempuan, membahas isu dan orientasi seksual dalam berbagai divisi. Tak terkecuali dunia perfilman, isu feminisme menjadi salah satu genre dalam “Enola Holmes 2”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi feminisme yang ditampilkan dalam film Enola Holmes 2. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik dari John Fiske berdasarkan kode-kode televisi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai-nilai feminisme pada tataran realitas melalui tata cara berpenampilan, tata rias dan kepribadian. Pada level representasi, nilai-nilai feminis ditunjukkan melalui kode kamera, adegan, dan dialog. Pada tataran ideologis, nilai-nilai feminisme direpresentasikan mewakili aliran liberal yang mendiskriminasi perempuan yang diperlakukan tidak adil di toko Enola Holmes.

Keywords

Representasi, Feminisme, Film, Semiotika, John Fiske

Full Text:

PDF

References

Ayu, Retna. 2019. Nilai-Nilai Moral Dalam Film Alif Lam Mim Berdasar Analisis Semiotika John Fiske. Skripsi. Fakultas Dakwah. Institut Agama Islam Negri: Purwokerto.

Biasini, N., & Wijayanti, S. (2021). Representasi Feminisme Dalam Karakter Pahlawan Perempuan Captain Marvel. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 8, 17. https://doi.org/10.36262/widyakala.v8i0.393

Biasini, N. (2019). Pergeseran Representasi Feminitas dalam Film Animasi Disney Princess. Widyakala Journal, 5(2), 111. https://doi.org/10.36262/widyakala.v5i2.113

Egziabher, T. B. G., & Edwards, S. (2013). Nyimak Journal of Communication. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.

Edgar Genedy. 2016. Konstruksi Realitas Dalam Sekuel Film Divergent (Analisis Codes of Television John Fiske Terhadap Realitas Dalam Film Divergent dan Insurgent). Skripsi. Kekhususan Broadcasting. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan: Surabaya

Eriyanto. (2001). Analisis wacana: pengantar analisis teks media. LKis.

Fiske, John. (2001). Television Culture (e-book version). Taylor & Francis eLibrary

Hakim, L. (2013). Arus Baru Feminisme Islam Indonesia dalam Film Religi. Jurnal Komunikasi Islam, 3(2), 250–267. http://jki.uinsby.ac.id/index.php/jki/article/view/25

Hidayatullah, S. (2010). Teologi Feminisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pusat Kajian Wanita dan Gender Universitas Indonesia. (2004). Hak Azasi Perempuan: Instrumen untuk Mewujudkan Keadilan Gender. Jakarta: Yayasan Obor Indoneasia.

Khomsani, K. T. (2020). REPRESENTASI ISLAMPHOBIA DALAM FILM BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA ( Analisis Semiotika John Fiske ). 153

Mudjiono, Y. (2011). Kajian Semiotika Dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 125–138. https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.125-138

Mansour, F. (2015). Analisis Gender & Transformasi Sosial. Pustaka Pelajar.

Pinontoan, N. A. (2020). Representasi Patriotisme Pada Film Soegija (Analisis Semiotika John Fiske). Avant Garde, 8(2), 191. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1226

Rizky Firmansyah, D., Kusumaningrum, H., & Sri Andika, D. R. (2022). Representasi Feminisme Eksistensialis dalam Film “The Great Indian Kitchen.” Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01), 368–372. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snhs/article/view/862

Surahman, S., & Rizqa, D. (2019). Representasi terkait penampilan feminis pada tokoh Alice dalam film Alice in wonderland 2010. Jurnal Komunikasi, 1(1), 31–49.

Seto, I. (2013). Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis Untuk Penelitian dan Skripsi Komunikasi (semiotik,komunikasi,penelitian kualitatif) (2nd ed.). Mitra Wacana Media.

Suharto, Sugihastuti. (2013). Kritik Sastra Feminis: Teori & Aplikasinya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Televisi, M. K., Fiske, J., Orwela, C., & Petra, K. (2017). BRANDING PEMIMPIN NASIONALIS BASUKI TJAHAYA PURNAMA DALAM DEBAT PILKADA DKI JAKARTA 2017 Political Branding Jokowi selama Masa 2012 di Media Sosial Twitter oleh Lidya programstudi Ilmu Komunikasi Universitas Pemenangan Partai NasDem ) oleh Inco. 2017, 157–171.

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi (cetakan pertama). Bogor: Ghalia Indonesia.

Zoonen, L. V. (1992). Gender and Film, Femmes Fatales; Feminism, Film Theory and

Psychoanalysis. Amsterdam : University of Amsterdam.

Zaini, N. (2014). Representasi Feminisme Liberal Dalam Sinetron: Analisis Semiotika Terhadap Sinetron Kita Nikah Yuk. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 18(3), 123874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.