PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA UNTUK PROMOSI WISATA

Akmalia Hermastuti, Dian Eka Rahmawati

Abstract

Information and communication technology is increasingly developing, making social media an important medium for DIY tourism. The research aims to analyze the use of Instagram and Tiktok as communication media for the DIY Provincial government to promote tourism as one of the leading sectors of DIY Province to increase regional income. This research uses qualitative methods with data collection techniques of documentation and interviews. The data obtained were then analyzed using three stages of activities, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that communicators in this context, namely the DIY Provincial Tourism Office and the Communication and Information Office, convey messages in the form of content on the social media used, namely Instagram and Tiktok @visitingjogja to communicants, namely the community of Instagram and Tiktok application users to arouse someone's interest in visiting a tourist destination in DIY Province. From the results obtained, researchers complement existing research. Researchers say that the use of Instagram and Tiktok @visitingjogja can complement each other in increasing tourism promotion, so this use is very effective and has a significant effect on the tourism promotion strategy used by the government in DIY Province.

Teknologi informasi dan komunikasi yang kian berkembang, menempatkan media sosial sebagai salah satu media penting untuk mempromosikan pariwisata DIY. Penelitian bertujuan untuk menganalisis penggunaan Instagram dan Tiktok sebagai media komunikasi pemerintah Provinsi DIY untuk mempromosikan pariwisata, sebagai salah satu sektor unggulan Provinsi DIY untuk meningkatkan pendapatan daerah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan tiga tahap kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikator pada konteks ini yaitu Dinas Pariwisata Provinsi DIY dan Dinas Komunikasi dan Informasi yang menyampaikan pesan berupa konten-konten pada media sosial yang digunakan yaitu Instagram dan Tiktok @visitingjogja kepada para komunikan yaitu masyarakat pengguna aplikasi Instagram dan Tiktok tersebut untuk menggugah minat seseorang untuk mengunjungi suatu destinasi wisata yang ada di Provinsi DIY. Dari hasil yang di dapat, peneliti melengkapi penelitian yang sudah ada. Peneliti menyebutkan bahwa penggunaan Instagram dan Tiktok @visitingjogja dapat saling melengkapi dalam meningkatkan promosi wisata maka penggunaan tersebut sangatlah efektif dan berpengaruh signifikan terhadap strategi promosi wisata yang digunakan oleh pemerintah di Provinsi DIY

Keywords

Komunikasi Pemerintahan, Promosi Pariwisata, Instagram, Tiktok

Full Text:

PDF

References

Pariwisata.jogjakota.go.id. (2022, Juli 19). Kampung Wisata Kembangkan Keterampilan Promosi Melalui Media Sosial. https://pariwisata.jogjakota.go.id/detail/index/970

Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15.

Andini, P. R. (2023). Pengaruh Konten Pada Official Akun TikTok Ruangguru Terhadap Prestasi Belajar Followers. Jurnal Teroka, 1(1), 15–24. https://journals.usm.ac.id/index.php/janaloka/article/view/7022

Azizah, Z. N., & Kesetyaningsih, T. W. (2022). Proceedings The 3 rd UMY Grace 2022. 2(1), 128–142. http://visitingjogja.web.id/profile

Kominfo.go.id. (n.d.) (2013, November 7). kominfo : pengguna internet di Indonesia 63 juta https://www.kominfo.go.id/content/detail/3415/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-63-juta-orang/0/berita_satker

Bramantyo, B. D., & Ismail, P. (2021). Digital Tourism Museum Nasional Indonesia Melalui Virtual Tour Di Masa Pandemi Covid-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 184–196. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1616

Dewi, D. N., & Adi, S. W. (2021). ANALISIS SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Studi Empiris Pada Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2012-2018). 702–711. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5226

Dwi Sahputri, E., Sarah, S., Ari Ananda, A., Dani Kusuma, R., Hatja Nurhayati, F., & Abdul Muthalib, S. (2023). Pengelolaan Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran Digital pada Pengembangan Pariwisata Halal di Gampong Keude Unga. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 196–206. https://doi.org/10.22373/jrpm.v3i2.2935

Hadi, I. P. dkk. (2021). Buku ajar Komunikasi Massa. https://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/17579/Buku Ajar Komunikasi Bisnis (ABKA 3208- 2 SKS).pdf?sequence=1

Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (n.d.). strategi pengembangan desa wisata di mangunan dalam meningkatkan pendapatan asli desa (Pades) Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. 1–27.

Hendra Alfani, Yenrizal, I. M. S. (2021). Perspektif dan Teori Komunikasi. Jurnal Enersia Publika No. 1 Hal 330-341, 01(1), 1–23.

Imanniatul Afitikha, A. N. F. (2023). Strategi dan Media Komunikasi Politik. 6, 612–618.

Listiyana Syafitri Daulay, Rahmanita Ginting, & Arifin Saleh. (2020). Komunikasi Pariwisata Pihak Pemerintah, Pengelola, Dan Masyarakat Dalam Mengembangkan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal di Kota Padangsidimpuan. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(1). https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.809

Mardian, M. H. P., Desy Misnawati, & Muhammad Renaldi. (2022). Efektivitas Sosial Media Sebagai Media Promosi Desa Surabaya Timur. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 86–90. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i1.225

Nurjanah, N. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Medium, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2412

Prastiyanti, D. P., & Yulianto, Y. (2019). Media Promosi Pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(2), 174–184. https://doi.org/10.17509/jithor.v2i2.20993

Radiansyah, R. R., & Sabilla, S. S. (2022). Strategi Komunikasi Hubungan Masyarakat Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Dalam Mengoptimalkan Informasi Publik Melalui Media Sosial. Jurnal JISIPOL, 6(3), 79–98.

Rimapradesi, Y., & Surwandono. (2022). Strategi Smart Tourism Pemerintah D.I. Yogyakarta di Era New Normal. Jurnal Sosial Politik, 8(1), 16–27. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v8i1.15600

Rizaty, M. (2021). Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak Indonesia Urutan Berapa @ databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa

Sagiyanto, A., & Sulfiah, A. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Produk Haus Melalui Akun @Haus.Indonesia. Jurnal AKRAB JUARA Volume 5 Nomor 2 Edisi Mei 2020 (97-114), 53(9), 1689–1699.

Setiyono, S. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Konstruksi PT. Pundikarya Sejahtera Bekasi. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 126–135. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.77

Trihayuningtyas, E., Wulandari, W., Adriani, Y., & Sarasvati, S. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Pariwisata Bagi Generasi Z Di Kabupaten Garut. Tourism Scientific Journal, 4(1), 1. https://doi.org/10.32659/tsj.v4i1.46

Ulayya, K. N., Prihasari, D., & Perdanakusuma, A. R. (2022). Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemerintahan: Bagaimana Dinas-Dinas Pemerintah Kota menggunakan Media Sosial untuk Berkomunikasi dengan Masyarakat. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 2064–2071.

Wicaksono, A. (2020). New Normal Pariwisata Yogyakarta. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 14(03), 139–150. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v14i03.59

Yasir M. P, Gerungan.,R.A., Anita, A.S., & Irawan, W., (2023). Media Sosial Untuk Menunjang Kegiatan Digital Marketing Umkm. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 2, 345–356. https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.741

Yuli, R., Al, S., & Fenn, S. (2023). The Function of Social Media as a Promotion Tool for Tourism Destinations. 1062–1072. Conference: 3rd Asia Pacific International Conference of Management and Business Science (AICMBS 2023). DOI: 10.2991/aebmr.k.200410.020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.