FENOMENA SELFIE (BERFOTO SENDIRI) DI AKUN MEDIA SOSIAL PATH SEBAGAI BENTUK EKSPRESI DIRI (PADA REMAJA SMK PGRI 3 MALANG)

Rio Ramadhan, Akhirul Aminulloh, Ellen Meianzi Yasak

Abstract

Abstract: The phenomenon of selfie in teenagers is now growing rapidly because it is supported by a variety of social media such as a social media Path. The phenomenon of selfie shows the human tendency to create a good impression on others through self-portraits uploaded to social media. This study uses qualitative research designwhich is intended to capture and describes the information in a real condition of the original source on the subject study and the current conditions of the phenomenon of selfieon social media accounts Path. The researchers have had a clear definition of the subject study and use the questionnaire to get the information needed. The result of this study proves that the phenomenon of selfie on social media Path in teenagers of SMK PGRI 3 Malang was dominated by the teenage girls. This is because the teenage girls are more interest than the teenage boys to do the selfie. In general, teenage girls who have a high curiosity, exploring and trying everything they had never experienced.

Keywords: The Phenomenon of Selfie, Social Media, Path, Case Study

Abstrak : Fenomena selfie pada kalangan remaja saat ini berkembang dengan pesat karena didukung oleh berbagai media sosial seperti akun media sosial Path. Fenomena selfie menunjukkan kecenderungan manusia untuk menciptakan kesan baik pada orang lain melalui potret diri yang diunggah ke media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dimaksudkan untuk menjaring dan mendeskripsikan informasi pada kondisi asli sesuai bersumber pada subjek yang diteliti dan kondisi terkini tentang fenomena selfie di akun media sosial Path. Peneliti initelah memiliki definisi jelas tentang subjek penelitian dan akan menggunakan pertanyaandalam menggali informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian membuktikan bahwa fenomena selfie di akun media sosial Path pada remaja SMK PGRI 3 Malanglebih banyak di gemari oleh remaja putri. Halinidikarenakan minat remaja putri lebih dominan untuk melakukan selfie dibandingkan remaja putra. Pada umumnya, remaja putri yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan menjelajah segala sesuatu, dan mencoba segala sesuatu yang belum pernah dialaminya.

Kata kunci: Fenomena Selfie, Media sosial, Path, Case Study

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.