ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN PRABOWO SUBIANTO PADA PARTAI GERINDRA DALAM PEMELIHAN LEGISLATIF 2009

Cardoso S. Julio, Herru Prasetya Widodo, Carmia Diahloka

Abstract

Abstrak: Kompetisi politik dalam pemilu Legislatif tahun 2009 mengharuskan seluruh peserta pemilu bekerja keras dengan harapan meraih kemenangan/ mendapat dukungan rakyat untuk dikonversikan menjadi jumlah kursi Legislatif di DPPR. Salah satu cara yang ditempuh oleh peserta adalah dengan menayangkan iklan politik pada stasiun televisi. Partai Gerindra merupakan salah satu partai politik pada pemilu 2009, dan Prabowo Subianto sebagai tokoh utamanya. Iklan yang ditayangkan partai tersebut bertemakan mensejahterakan petani dan nelayan serta membeli produk dalam negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Semiotika Iklan Prabowo Subianto pada partai Gerindra dalam Pemilu Legislatif 2009. Penelitiam ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, yang pengumpulannya dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif .
Hasil penelitian yaitu Prabowo adalah tokoh yang dekat dengan rakyat, mau berbaur dan melihat kondisi rakyat, seorang pemimpin dan pengayom yang bijaksana, mengakui berbagai perbedaan dalam masyarakat Indonesia, tidak memihak pada golongan tertentu, peduli dengan kondisi pendidikan di Indonesia. Sedang konotasi dari gambaran rakyat Indonesia diperoleh makna bahwa Indonesia yang merupakan negara agraris, namun petaninya memiliki lahan garapan yang sangat terbatas, yang disebabkan oleh kurangnya perhatian pemerintah. Kurangnya perhatian pemerintah berdampak terhadap tingginya tingkat pengangguran bagi sebagian besar rakyat Indonesia.

Kata Kunci : Analisis Semiotika, Iklan Politik, Probowo Subianto, Partai Gerindra

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.