PERAN ETIKA DALAM PELAYANAN PUBLIK SESUAI PEMBANGUNAN DAERAH

Maria Yohana Nau, Agung Suprojo, Dody Setyawan

Abstract

Abstract: Social life in state to international levels needs a system that governs how people should get along. The system setting makes people socially respectful and known as manners and etiquette. The implementation of ethical principle can also be applied in the implementation of public service including language, attitudes, and behavior of service providers. This study used qualitative research method. The location researched in this study was Dau District Office, Malang Regency focusing on the role of ethics in Public Service in Dau District Office, Malang, and how suitable the role of ethics and the development. To meet the objectives of this study, it used data analysis technique that involves three phases namely data reduction, data presentation, and conclusion. From the research results, it is showed that the role of ethics in public service in the Dau District Office of Malang is maximum; the officers are friendly, the services dos not that take a long time, and this office has also been awarded several times as the best service category. Furthermore, the role of ethics in accordance with the development has a good cooperation between the government and the society of Dau District, ranging from the early stages to the completion process, the community also participate in the implementation of the control and supervision of the construction by the existence of a good cooperation between the government and the society existing in Dau district, so that the development would change faster.

Keywords: Ethics, Public Services, Development

Abstrak: Hidup bermasyarakat, bernegara hingga pergaulan hidup tingkat internasional diperlukan suatu sistem yang mengatur bagaimana seharusnya manusia bergaul. Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadikan manusia saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun dan tata krama. Prinsip pelaksanaan etika dapat juga diterapkan dalam pelaksanaan pelayanan publik yang didalamnya termasuk, tutur kata, sikap, dan perilaku para pemberi pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah kantor Kecamatan Dau kabupaten Malang dengan focus penelitian yakni Peran Etika Dalam Pelayanan Publik di kecamatan Dau Malang, bagaimana Peran Etika sesuai pembangunan. Untuk memenuhi tujuan penelitian ini maka digunakan teknik analisa data yang meliputi tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Peran Etika dalam Pelayanan Publik yang ada di kecamatan Dau Malang dikatakan sudah maksimal, petugasnya ramah- ramah, pelayanannya tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama, dan juga telah beberapa kali mendapat penghargaan kategori pelayanan terbaik. Selanjutnya Peran etika sesuai pembangunan adanya kerja sama yang baik antara pemerintah kecamatan Dau dengan masyarakat, mulai dari tahap awal, prosesa pelaksanaan sampai dengan selesainya, masyarakat juga ikut kontrol dalam pelaksanaan dan pengawasan pembangunan dengan adanya kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat pembangunan yang ada di kecamatan Dau mengalami perubahan yang lebih cepat.

Kata Kunci : Etika,Pelayanan Publik, Pembangunan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.