KUALITAS PELAYANAN BERBASIS SISTIM INFORMASI AKADEMIK DI UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Adelino Do Rego Pereira

Abstract

Abstrak: Secara umum sistem informasi akademik dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan akademik yang mengingginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkannya. Sistem Informasi Akademik sangat membantu dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar (dosen) serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan bantuan software agar mampu mengefektifkan waktu dan menekan biaya operasional. Dalam kaitan penggunaan teknologi informasi terhadap pengelolaan dokumen administrasi akademik kemahasiswaan, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang telah melakukan perubahan sistem administrasi akademik dari sistem pengelolaan dokumen yang masih bersifat manual menuju sistem pengelolan administrasi kemahasiswaan berbasis.E-administration, yaitu pengelolaan administrasi dokumen perkantoran berbasis teknologi informasi melalui jaringan internet. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sampelpeneliti menggunakan Stratifite Random Sampling. Sedangkan dalam analisis data diantaranya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan Untuk mengukur validitas keabsahan data yaitu dengan menggunakan teknik pemeriksaan didasarkan atas jumlah kriteria tertentu, ada empat kriteria yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu derajat kepercayaan (credibility), kteralihan (transferability), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). pelayanan berbasis sistim informasi akademik yang ada Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang belum cukup memadai, mulai dari pengadaan kualitas fasilitas (komputer dan printer yang sering erorr) kurang efektifserta staff dari akademik cenderung lamban dalam menagani setiap kebutuhan mahasiswa. Sehingga upaya yang dilakukan adalah melalui komunikasi yang efektif dengan mahasiswa serta memberikan pengarahan kepada mahasiswa terkait penggunaan pelayanan berbasis sistim informasi akademik.

Kata Kunci : Kualias Pelayana dan Sistim Informasi Akademik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.