PENGARUH PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT: STUDI KASUS IZIN PRODUKSI PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KANTOR BADAN PENANAMAN MODAL KOTA BATU

Delly Indriani, Sugeng Rusmiwari, Agung Suprojo

Abstract

Abstrac: Basically, public service is an effort to fulfill public needs, with the main purpose for the satisfaction of society. However, the public services provided by the service providers still do not meet the public satisfaction.
This study aimed to determine how big was the influence of public service to the level of satisfaction felt by the community. This research used quantitative descriptive research and the data collection techniques used
questionnaires, documentation, observation. The population of this research was the society that became customer of Batu’s Investment Board. The sample in this study amounted to 20 people by using Purposive
Sampling. The data quality test consisted of validity and reliability test and using simple regression analysis method. Result of research indicated that service quality 67,25%. Based on the hypothesis test using SPSS 16.0,
the value of t arithmetic was 2,674 with significance value 0,015 <0,05, thus proving that Hypothesis Zero (H0) was rejected, so it could be concluded that there was a real influence of service quality variable (x) to variable satisfaction Community (y). Regression equation between independent variable to dependent variable equal to 0,284 (28,4%) containing meaning that influence of service quality variable had effective contribution was equal to 28,4%, while the rest was influenced by other variable.

Keywords: Public Service, Public Satisfaction

Abstrak: Pada dasarnya pelayanan publik merupakan upaya pemenuhan kebutuhan publik, dengan tujuan utama untuk kepuasan masyarakat. Namun pelayanan publik yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan masih belum memenuhi kepuasan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan yang dirasakan oleh masyarakat.. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Kuesioner, dokumentasi dan observasi digunakan pada teknik pengumpulan data. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah Purposive Sampling. Uji kualitas data terdiri dari uji validitas dan reliabilitas data serta menggunakan metode analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang Baik sebesar 67,25%. Uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 16.0 diperoleh nilai t hitung sebesar 2,674 dengan nilai signifikansi 0,015<0,05, sehingga membuktikan bahwa Hipotesis Nol (H0) ditolak, jadi dapat disimpulkan ada pengaruh yang nyata variabel kualitas pelayanan (x) terhadap variabel kepuasan masyarakat (y). Persamaan regresi antara variabel independent terhadap variabel dependen sebesar 0,284 (28,4%) yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel kualitas pelayanan memiliki sumbangan efektif sebesar 28,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain.

Katakunci : Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.