STRATEGI PDAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AIR BERSIH UNTUK MENUNJANG PEMBANGUNAN DI KOTA WISATA BATU (Studi Pada Kantor PDAM Kota Batu)

Agrifa Maser, Willy Tri Hardianto, Firman Firdaus

Abstract

Abstract : The purposes of this research were to know the strategy used in improving clean water service in Batu and to know the supporting and inhibiting factors that influence the improvement of clean water service in Batu. This research used qualitative research method. The location of this research was in Regional Water Company (PDAM) of Batu located on Jl. Kartini No. 10. The strategy used by PDAM of Batu in improving the quality of clean water and clean water service for the population with minimum coverage of 80% was by developing the clean water sector institution then, PDAM of Batu could increase the income and improve the efficiency so that PDAM of Batu could benefit by increasing the quantity and quality of clean water services and maintain the carrying capacity of the surrounding environment. People of Batu were quite satisfied with the service provided by PDAM of Batu so far. On the other hand, PDAM of Batu has added more pipes to cover all Batu areas.

Keywords: PDAM Strategy, Water Quality Improvement, Batu City Development
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam peningkatan pelayanan air bersih di Kota Wisata Batu dan mengetahaui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi peningkatan pelayanan Air bersih di Kota Wisata Batu. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Perusahaan Daerah Air minum ( PDAM) Kota Batu terletak di Jl. Kartini No. 10 Kota Wisata Batu. Strategi yang digunakan oleh PDAM Kota Batu dalam meningkatkan kualitas air bersihadalah meningkatan pelayanan air bersih bagi penduduk dengan cakupan minimal 80% dengan mengembangkan kelembagaan sektor air bersih maka, PDAM Kota Batu dapat meningkatkan pendapatan dan meningkatkan efisiensi sertaPDAM Kota Batu dapat memperoleh keuntungan dengan cara meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan air bersih dan menjaga daya dukung lingkungan sekitar. bahwa masyarakat Kota Batu merasa cukup puas atas pelayanan yang diberikan oleh PDAM Kota Batu selama ini. Di lain sisi PDAm Kota Batu juga melakukan penambahan pipa-pia untuk menjangkau pelayanan hingga pelosok Kota Batu.

Kata Kunci : Strategi PDAM, Peningkatan Kualitas Air Bersih, Pembangunan Kota Batu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.