PERSEPSI MAHASISWI PADA PEREMPUAN SEBAGAI IKON IKLAN

Videntus Tenis, Herru Prasetyo Widodo, Mondry .

Abstract

Abstrak: Perkembangan media penyampaian informasi pada masa kini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai macam tayangan juga semakin menghiasi pandangan khalayak disaat menonton acara televisi. Salah satu tayangan yang tidak terlepas dari pandangan khalayak adalah iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi mahasiswi pada perempuan sebagai ikon ilan, dan persepsi mahasiswi pada iklan Pond’s Flawless White versi Bunga Citra Lestari dan Ashraf, pada mahasiswi Universitas Medrdeka dan Universitas Widyagama. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan informasi lapangan yang diperoleh melalui teknik purposif, untuk mengukur validitas keabsahan data, dan dilakukan suatu teknik pemeriksaan yang didasarkan atas sifat dan kriteria yang digunakan, yaitu mengukur derajat kepercayaan, kepastian, keteralihan, dan ketergantungan atas obyek penelitian. Dari langkah itu dilakukan analisa data dengan menggunakan model analisa data interaktif. Dari penelitian yang dilaksanakan telah diperoleh suatu kesimpulan sebagai berikut: (1) Perempuan sebagai ikon iklan tidak menimbilkan dampak yang negatif dan signifikan, dalam iklan televise karena perempuan memiliki banyak kemampuan seperti cantik, sopan, anggun dan lain sebagainya. (2) Persepsi mahasiswi pada iklan Pond’s Flawles White versi Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair dapat diketahui bahwa Bunga dan Ashraf memiliki kemampuan dalam hal berekting, dan memiliki sisi keromantisan sehingga mampu menarik perhatian khalayak (penonton).

Kata kunci: Persepsi Mahasiswi Pada Perempuan Sebagai Ikon Iklan

Abstract: Developments media delivery of information on the present experiencing very rapid development. Various kinds of impressions also increasingly adorn the view audiences in times watching a show television. One of the impressions which does not regardless of the view audiences is advertisement. Ad constitute one of the impressions televise who always present in every moment, one of one symbol which is frequently used in advertising televise are women, because women has the abilities such as gorgeous, polite, graceful and so forth. This study aims for reveal perception of coed on women as an icons ilan, and perception coed on ad Pond's Flawless White version of Bunga Citra Lestari and Ashraf, on coed University of Medrdeka and Universitas Widyagama. In this research using research methods citizens and governments with step-steps data collection is done through observation, documentation and interviews-depth with of field information who obtained through techniques purposif, for measure the validity validity of data, and performed a technique examination who are based top of the nature and criteria who used, namely measure the degrees of trust, certainty, keteralihan, and dependence above the object of research. Of the move was done analysis the data with using model of analysis interactive data.From research who implemented have been obtained a conclusion as follows: (1) Female as an icon advertisement do not menimbilkan impacts of who negative and significant, in advertisements televise because women has the many abilities such as gorgeous, polite, graceful and another so forth. (2) Perception coed on which clan Pond's Flawles White version of Bunga Citra Lestari and Ashraf can be known that the Bunga and Ashraf has the ability in terms of berekting, and has a sides y romantically so as capable attract the attention audiences (the audience).

Keywords: Perseption Of Female University Student On The Woman As An Icon Advertising

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.