UPAYA PEMERINTAH KELURAHAN DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN PELAYANAN MASYARAKAT

Defri ., Achmad Bardjan Saleh, Ignatius Adiwidjaja

Abstract


Abstrak: Kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat saat ini telah mengalami penurunan dan perlu diadakan perbaikan, bila dilihat dari sisi efisiensi dan efektivitas kesamaan perlakuan (tidak diskriminatif) maka pelayanan yang diberikan masih jauh dari yang diharapkan oleh masyarakat dan masih memiliki berbagai kelemahan. Pemberian pelayanan kepada masyarakat diharapkan menjadi lebih responsif terhadap kepentingan masyarakat itu sendiri, pelayanan yang lebih memberikan fokus pada pengelolaan yang berorientasi kepuasan masyarakat. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, fokus penelitian yaitu pemberdayaan pelayanan bidang pendidikan, kesehatan ekonmi, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pemberdayaan pelayanan Bidang Pendidikan yaitu dengan memberikan pembangunan dari tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi, memberikan rekomendasi kepada masyarakat kurang mampu; Bidang Kesehatan yaitu menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai, merealisasikan Program Kesehatan yakni Jamkesmas, KB dan JKN; Bidang Ekonomi yaitu melakukan pendataan usaha kecil, menengah, membentuk kelompok usaha dan menfasilitasi pengajuan kredit, dan memberikan rekomendasi izin usaha; Wujud Dari Pemberdayaan Pelayanan Bidang Pendidikan adalah seluruh masyarakat memperoleh pendidikan yang sama, dan berkualitas; Bidang Kesehatan yaitu masyarakat memiliki hak yang sama dalam memperoleh kesehatan, masyarakat memahami pola hidup sehat; Bidang Ekonomi yaitu masyarakat memiliki daya saing yang tinggi untuk mendirikan usaha, dan hasil usaha masyarakat semakin meningkat.

Kata Kunci: Pemberdayaan Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.