STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN GAJAYANA TV DALAM MENDAPATKAN PENGIKLAN KOMERSIAL

Masitah ., Dinar Primasti, Carmia Diahloka

Abstract

Abstrak: Hadirnya berbagai macam media, khususnya dalam media elektronik, telah memperkuat peta persaingan diantara media itu sendiri. Salah satu media dengan media lainnya berlomba-lomba dalam menarik para pemasang iklan, karena peranan iklan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam menjaga eksistensi dan dalam memperkuat segi keuntungan bagi media itu sendiri. Gajayana TV Merupakan media pertelevisian di Malang. Selama pada tahun 2005-2011, Gajayana TV mengalami stagnansi dalam pengiklan, namun sejak tahun 2012, secara perlahan kembali muncul. Hal ini tidak terlepas dari strategi komunikasi pemasaran di Gajayana TV dalam menarik minat pengiklan komersial. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Informan ditentukan dengan menggunakan Purposive Sampling. Adapun untuk menganalisa data menggunakan model analisa data interaktif yang dikembangkan oleh John W Creswell (2010). Alat analisis yang digunakan untuk memetakan faktor-faktor strategis menggunakan teknik analisa SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan mengenai: (1) Strategi Komunikasi Pemasaran Gajayana TV Dalam Menarik Pengiklan Komersial adalah: a). Strategi personal selling, yakni melakukan presentasi personal oleh tenaga penjualan dengan tujuan menghasilkan transaksi penjualan membangun hubungan dengan pelanggan. b). Seles Promotion. Dalam strategi ini pihak Gajayana melakukan promosi dengan dengan memberikan bonus, harga promo, atau discount pemberian harga spot iklan yang lebih murah. c). Publisitas, dalam hal ini dilaksanakan dengan cara mencari dan menawarkan kepada calon klien, dengan menawarkan konsep atau ide yang menarik, kreatif serta unik

Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Iklan Komersial Gajayana TV

Abstrac: The varietyof communication media, companies nowadays including elecronic media, has created the competition map among themThey compate reach against others to attract the advertisers because advertisement provides great contribution to the existence of business and also to the profitability of the media. Gajayana TV is one of television stations operated in Malang. From 2005 to 2011, The number of advertisement of Gajayana TV remains stagnant for, but since 2012, it has gradually increased same. It is related to the marketing communication strategies used by Gajayana TV to attract the interest of commercial advertisers. This research uses qualitative method whit. Data collection techniques are observation, interview and documentation. Informant is determined with Purposive Sampling. Data analysis method is interactive data analysis model proposed by jhon W Creswell (2010). Analysis technique is SWOT which is useful to construct a map of strategic factors. Based on research, inexplicable regarding: ( 1 ) Of marketing communications strategy in attracting advertisers gajayana tv commercial is: a ). Selling personal strategy, are doing personal presentation by salesperson for the purpose of selling transaction produce build a relationship with the customer. b ). Seles promotion. In this strategy gajayana do with the promotion by giving bonus, prices, promo or discount prices ad time providing cheaper. c ). Publicity, in this implemented in a searching manner and offers to potential clients, by offering attractive, a concept or idea creative and unique.

Keywords: Marketing Communication, Commercial Advertisement at Gajayana TV

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.